Bisnis

Kewirausahaan adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Tujuannya

Pretty Angelia Wuisan-

08 Sep 2021

Kewirausahaan adalah: Pengertian, Ciri-ciri, dan Tujuannya

Kewirausahaan adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian. Anda bisa menjadi orang yang membangun kewirausahaan atau mencari kewirausahaan yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Intinya kegiatan ini sangat berdekatan dengan kita.

Siapa saja bisa menjalankan wirausaha selama ada kemauan kuat yang ada dalam dirinya. Ada keuntungan yang Anda dapatkan ketika menjalankan kewirausahaan. Di sini akan dijabarkan mengenai pengertian dari kewirausahaan, ciri-ciri, konsep, tujuan dan karakternya.

 

Baca juga: Wirausaha adalah Bisnis yang Mudah Dimulai, ini Langkahnya

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Kewirausahaan?

Menurut Ahmad Sanusi (1994), pengertian dari kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Mengacu kepada pengertian kewiraushaan tersebut, dapat dikatakan bahwa pada dasarnya kewirausahaan adalah kegiatan yang dapat dilakukan siapa saja, asalkan Anda memiliki minat yang kuat untuk membangun usaha sendiri dari nol.

Namun, diluar dari pengertian dari kewirausahaan secara teori, pada dasarnya kewirausahaan bukan kegiatan yang mudah karena banyak tantangannya. Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa menjalankan kewirausahaan. Namun, orang yang berhasil membangun usahanya sendiri dan berhasil untuk mencapai target, akan mampu meraih kesuksesan yang sudah lama didambakannya.

Anda yang ingin menjalankan wirausaha harus memiliki mental baja dan pengetahuan mumpuni. Wirausahawan adalah sosok multitalenta yang memahami banyak hal karena nanti di usaha yang didirikannya pun ia akan berhadapan dengan berbagai macam masalah.

Apalagi kewirausahaan adalah kegiatan yang dinamis. Terkadang Anda sudah merencanakan untuk meraih A, tapi hasil yang keluar adalah B. Akan ada banyak kejutan di dalamnya, sehingga orang-orang yang berhasil menjalankan wirausaha harus siap dengan berbagai perubahan yang dialaminya. Setelah mengenal apa itu pengertian dari kewirausahaan, anda perlu mengenal ciri-ciri dari orang yang menjalankan kegiatan kewirausahaan.

 

Apa Saja Ciri-Ciri Kewirausahaan?

Untuk mengenal kewirausahaan lebih jauh, anda harus mengenal lebih jauh dari sekedar definisi kewirausahaan. Inilah ciri-ciri orang yang menjalankannya.

1. Kreatif

Mereka yang berwirausaha adalah orang yang memiliki kreativitas. Sebenarnya produk atau jasa yang ada di luar sana sama saja, tapi karena branding yang unik, membuatnya jadi berbeda. Itulah yang membuat produk atau jasa lebih mudah untuk dikenali.

Kewirausahaan adalah kegiatan yang membutuhkan kreativitas supaya bisa terus berjalan. Tanpa adanya hal itu, kewirausahaan bisa saja ketinggalan dari yang lainnya dan akhirnya malah ditinggalkan oleh pelanggan.

2. Niat yang kuat

Orang yang menjalankan usaha punya niat yang kuat. Kalau dari awal menjalankan bisnis untuk iseng-iseng, hasilnya pun akan iseng-iseng.

3. Punya semangat yang tinggi

Orang yang berkecimpung di kewirausahaan memiliki semangat yang tinggi, walau orang-orang di sekitarnya sama sekali tidak bersemangat. Semangat yang ada dalam dirinya tidak mudah pudar, walaupun sudah terjatuh berkali-kali. Dari semangat inilah ia akan bangkit dari kegagalannya. Ia tidak akan lama-lama menyesali kegagalan.

4. Punya kepemimpinan yang bagus

Seorang wirausahawan juga punya jiwa pemimpin yang bagus. Mereka bukan sosok yang kerjanya memerintah, tapi bisa menginspirasi anak-anak buahnya untuk berjuang dan menjalankan hari-harinya dengan baik.

Para pemimpin ini juga harus mampu memecahkan masalah dengan baik. Mereka yang akan dicari pertama kali saat sebuah usaha membutuhkan pengambilan keputusan.

5. Komitmen tinggi

Para wirausahawan tahu untuk meraih kesuksesan sukar diperoleh dalam waktu singkat. Untuk sampai ke puncak, diperlukan waktu yang sukar diprediksi, bisa jadi lama sekali.

Uniknya, mereka adalah sosok yang sabar menanti kesuksesan itu berapapun lamanya harus menunggu. Itu karena mereka punya komitmen yang tinggi. Mereka akan terus berusaha untuk meraih apa yang diinginkannya.

 

Konsep Kewirausahaan adalah

Ada 5 konsep yang mendasari kegiatan berwirausaha ini. Begini penjelasannya.

1. Kelincahan

Merupakan kemampuan wirausahawan untuk mencari solusi tepat ketika terjadi perubahan di sekitarnya. Inilah yang membuat usahanya bertahan lebih lama. Contohnya pada pandemi kemarin, wirausahawan mengubah jualannya lewat online karena kesulitan bertatap muka dengan pembeli.

2. Tahan banting

Ada banyak bisnis yang sukses, begitu juga dengan bisnis yang gagal. Kegagalan itu hal yang lumrah, tapi tidak semua-nya siap untuk gagal. Hanya wirausahawan yang punya daya tahan tinggi atau tahan banting yang dapat berdiri kembali.

3. Kecepatan

Dalam bisnis kecepatan adalah hal yang diperhitungkan. Terutama dalam menciptakan sesuatu yang baru. Supaya tidak keduluan orang lain, inovasi perlu segera ditawarkan pada publik. Barulah nanti Anda akan tahu tanggapan pembeli seperti apa.

Jadi jangan takut dulu terhadap tanggapan pembeli.

4. Kelenturan

Para wirausahawan diwajibkan mampu beradaptasi dengan baik untuk menghadapi perubahan zaman. Banyak sekali usaha yang gagal karena tidak mengikuti perubahan zaman. Oleh sebab itu, wirausahawan perlu memiliki kelenturan dalam menjalankan bisnisnya.

5. Kekuatan

Wirausahawan juga perlu punya kekuatan yang membuatnya mampu bekerja terus-menerus. Kekuatan ini berhubungan dengan fisik dan mental.

 

Tujuan Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kegiatan yang memiliki berbagai tujuan yang menguntungkan banyak pihak. Berikut diantaranya.

1. Meraih keuntungan

Tujuan umum kewirausahaan adalah untuk meraih keuntungan. Dengan meraih keuntungan, bisnis yang Anda jalankan itu akan terus berjalan dan berekspansi menjadi lebih besar. Dengan begitu, Anda pun bisa menggunakan keuntungan itu untuk meraih keinginan-keinginan Anda yang lainnya.

2. Membuka lapangan kerja

Menjadi wirausahawan tidak hanya menguntungkan untuk diri sendiri, tapi juga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan orang lain. Karena Anda pasti akan membutuhkan bantuan, Anda perlu mempekerjakan beberapa tenaga kerja.

3. Memotivasi orang lain

Menjadi wirausahawan juga dapat memotivasi yang lainnya. Mendirikan usaha bukan hal yang mudah, pasti banyak orang yang mengalami kegagalan. Namun, ketika melihat keberhasilan Anda, orang-orang itu akan bersedia untuk mencoba sekali lagi dan pada akhirnya berhasil mengalahkan sifat pesimisnya sendiri.

 

Karakter yang Perlu Dimiliki Wirausahawan

Ada karakter yang perlu dimiliki mereka yang ingin menjadi wirausahawan. Ini penjelasannya.

1. Berani

Membangun usaha itu ada banyak risiko dan tantangan. Tidak semua orang berani mengambil risiko dan tantangan karena menganggap hidup mereka malah semakin berat. Misalnya, seperti mengalami kegagalan bisnis sampai mempunyai utang ratusan juta.

Tantangan itu sangat lah berat. Namun, wirausahawan punya keberanian untuk menghadapi hal itu. Mereka akan tetap berjalan dan mencoba mencari solusi dari kegagalan yang dialaminya.

2. Disiplin

Menjadi wirausahawan membuat Anda memiliki waktu yang fleksibel, tapi bukan berarti Anda malas-malasan. Wirausahawan justru menggunakan waktunya sangat baik. Bisa jadi ia adalah sosok yang bekerja paling lama dibandingkan anak buahnya.

Mereka juga sangat konsisten dengan jadwal kerjanya. Mereka akan beristirahat ketika memang sudah waktunya untuk beristirahat. Mereka adalah sosok yang disiplin.

3. Mandiri

Wirausahawan adalah sosok yang memiliki sifat mandiri. Mereka adalah sosok yang inisiatif, yang menjadi orang pertama yang menggerakan orang lain.

Mereka juga tahu apa yang harus dilakukan dari insting yang mereka miliki. Karena mereka adalah pemimpinnya, mereka bukan bekerja ketika mendapatkan arahan dari orang lain. Mereka lah yang membuat arahan itu.

4. Realistis

Wirausahawan harus memiliki karakter yang realistis. Maksudnya adalah tidak terlalu memaksakan sesuatu yang ada di luar kapasitasnya. Mereka juga bukan sosok yang ngotot yang semua rencananya harus berhasil.

Mereka menyadari sebagai sosok yang tidak sempurna, mereka pasti akan mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, mereka adalah sosok yang mentoleransi kegagalan. Namun, bedanya, setelah kegagalan itu mereka akan cepat untuk bangkit kembali.

Mereka juga tahu bahwa bisnis yang sukses tidak akan bisa didapatkan dalam semalam. Jadi, mereka akan sabar menunggu sampai hari itu tiba.

5. Jujur

Karakteristik lainnya yang perlu dimiliki oleh wirausahawan adalah kejujuran. Dalam berbisnis Anda perlu jujur dalam menjalankannya. Jangan merugikan orang lain dengan ketidakjujuran karena hal itu bisa berbalik pada Anda.

Kejujuran akan membuat Anda mudah membangun koneksi yang nanti bisa saja menjadi alasan bisnis Anda mengalami keberhasilan.

 

Baca juga: Simak Perbedaan Wirausaha Vs Wiraswasta Berikut ini

 

Seperti itulah penjelasan mengenai kewirausahaan. Kewirausahaan adalah aktivitas yang dapat dilakukan siapa saja, tapi tidak semua orang memiliki jiwa kewirausahaan. Hanya orang-orang dengan karakteristik dan usaha tertentu yang dapat menjalankannya. Semoga Anda menjadi salah satu wirausahawan yang berhasil nantinya.

 

Membangun Usaha dengan Meraih Pinjaman Modal di P2P Lending Modal Rakyat

Pelaku UMKM yang ingin membangun usaha, tapi terkendala modal, dapat mengajukan pinjaman di Modal Rakyat. P2P Lending Modal Rakyat akan mempertemukan Anda dengan pendana yang bersedia meminjamkan dana untuk Anda. Anda dapat mengajukan pinjaman di Rp500 ribu sampai Rp2 miliar.

Tidak perlu mencemaskan besaran bunga karena bunga yang dibebankan pada Anda akan disesuaikan dengan risiko usaha. Proses pengajuan pinjaman termasuk mudah karena bisa dilakukan secara online, oleh karena itu prosesnya cenderung cepat. Modal Rakyat juga sudah memperoleh izin dari OJK, jadi aman dan terpercaya.

Anda bisa memulai pengajuan pinjaman dengan berkunjung ke tautan ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru