Finansial

“Pacar Boros, Aku Harus Gimana?” Inilah 5 Tips Menghadapinya

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Sep 2020

“Pacar Boros, Aku Harus Gimana?” Inilah 5 Tips Menghadapinya

Dibalik kelebihan atau sifat baik pasangan, tentu ada kekurangannya. Hal ini bisa termasuk dalam pengelolaan keuangan.

Memiliki pacar yang boros dan bertolak belakang dengan kebiasaanmu tentu menjadi masalah yang perlu ditangani. Perbedaan pandangan soal keuangan harus dicari jalan tengahnya sebelum kamu dan pasangan melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Lalu bagaimana jika pacar adalah orang yang boros? Bagaimana cara menghadapi pasangan yang boros? Bagaimana cara membantunya agar bebas dari kebiasaan ini?

Tidak perlu khawatir, yuk simak tips dari Modal Rakyat berikut ini.


Baca juga: Paylater Menjebak? Simak Untung Rugi Sebelum Kamu Memakainya!


01. Ajak Diskusi Soal Keuangan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak diskusi pacar soal keuangan. Mungkin ini terasa aneh bagi kamu. Jika kamu serius untuk lanjut ke tahap yang lebih serius bersamanya, pembicaraan soal keuangan ini harus dilakukan.

Cobalah untuk membuat pasangan mengerti bahwa kebiasaan boros tidak baik untuk masa depan. Beri tahu bahwa masih ada kebutuhan lain yang lebih penting untuk dipenuhi daripada memuaskan hasrat berbelanja.

Memenuhi hasrat berbelanja memang menyenangkan. Akan tetapi, kebiasaan tersebut menguras uang bulanan kita. Berilah pengertian bahwa tidak hanya kebutuhan saat ini yang harus dipenuhi, akan tetapi kebutuhan dalam jangka panjang nantinya.


02. Membantu Memberikan Literasi Keuangan 

Tidak hanya menegur pacar tapi bantu dia dengan memberikan pengetahuan soal keuangan. Pasalnya, banyak orang tidak bisa mengatur keuangan dengan baik karena kurangnya pengetahuan dan literasi tentang keuangan.

Jika kamu bisa membantu pasangan untuk belajar soal keuangan, ia akan mengerti bahwa hasrat belanja harus diredam. Ia akan paham bahwa ada banyak kebutuhan di masa depan yang harus dipenuhi dengan cara menabung dan berinvestasi.


03. Menjadi Contoh yang Nyata

Teori memang mudah untuk dipahami. Akan tetapi, merealisasikannya perlu usaha lebih. Pacar kamu mungkin sudah memahami apa yang harus ia lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan. Namun, niat dan juga praktik masih sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, kamu bisa loh memberikan contoh yang nyata untuk pasangan. Ajak dia untuk mengatur keuangan, menabung, dan juga berbelanja bersama. Dengan begitu, ia tidak merasa berjuang sendirian untuk melepas kebiasaan buruknya dan memulai kebiasaan baru yang baik.

Buatlah anggaran keuangan bersama-sama. Ini bisa menjadi latihan untuk membuat anggaran rumah tangga kelak. Catat berbagai pengeluaran dan anggaran untuk membayar setiap kebutuhan tersebut.

Bersama pasangan, cobalah untuk mengikuti anggaran tersebut bersama-sama. Dengan begitu, kamu telah membantu pacar untuk menghabiskan uang dengan cara yang lebih bijaksana.


04. Buat Financial Goals Bersama

Ini adalah salah satu cara asyik yang bisa kamu dan pacar lakukan. Kalian bisa menentukan financial goals bersama. Misalnya, kalian ingin liburan bersama di akhir tahun atau mempersiapkan dana pernikahan untuk beberapa tahun ke depan.

Dengan memiliki tujuan finansial bersama, ajak pasangan kamu belajar menyisihkan uangnya untuk ditabung atau investasi. Dengan begitu, ia akan memulai kebiasaan baik dalam mengatur keuangan.

Mewujudkan tujuan finansial bersama akan terasa lebih menyenangkan dan ringan. Tanpa disadari, kalian bisa saling belajar dan membantu untuk mencapai goals tersebut.


05. Ajak untuk Berinvestasi

Mengatur keuangan dan menabung adalah kebiasaan yang baik dalam kehidupan finansial. Akan menjadi lebih baik jika kamu mengajak pasangan untuk berinvestasi. Investasi adalah cara untuk mengembangkan uang yang kamu miliki.

Salah satu investasi yang bisa kamu coba adalah dengan mendanai di P2P Lending. Peer-to-peer Lending atau P2P Lending merupakan platform yang mempertemukan peminjam atau borrower dengan pendana atau lender.

Pendana bisa mendapatkan keuntungan dengan meminjamkan uangnya kepada peminjam. Keuntungan tersebut didapat dari bunga pinjaman yang dibayar oleh peminjam.

Salah satu P2P Lending yang legal dan bisa kamu coba adalah Modal Rakyat. P2P Lending ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga hak-hak kamu sebagai konsumen bisa terjamin. Di Modal Rakyat, kamu bisa mendapatkan keuntungan mulai 15 hingga 25 persen per tahun.


Baca juga: 4 Tips Menggunakan Kartu Kredit Bagi Pemula


Sebagai pasangan, kamu perlu menerima segala kelebihan dan membantu pacar untuk menjadi lebih baik. Kebiasaan boros bisa perlahan-lahan diubah dengan dukungan dan bantuan dari kamu.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk menghadapi dan juga membantu pasanganmu melepas kebiasaan buruk dalam finansial. Semoga berhasil, ya!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru