Bisnis

Finansial

10 Cara Menambah Uang Jajan Untuk Mahasiswa dan Lulusan Baru

Paskalia-

09 Sep 2019

10 Cara Menambah Uang Jajan Untuk Mahasiswa dan Lulusan Baru

Dilansir dari situs Kominfo, pada tahun 2017 sudah ada sekitar 112 juta orang yang menggunakan internet di Indonesia untuk menunjang berbagai aktivitas harian mereka. Bahkan, jumlah ini dinilai mengalahkan perkembangan internet dan aktivitas penggunaannya di Jepang.  

Setelah melihat data ini, ternyata internet bisa dijadikan sebuah ladang bisnis yang dapat menghasilkan omzet cukup besar. Sama halnya seperti toko yang ramai pembeli, maka omzet dari toko itu pun akan terus meningkat. 

Namun, bagaimana caranya? Kita akan membahas informasi mengenai 10 cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru yang bisa jadi referensi Anda.


Baca juga: 4 Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga, Manfaatkan Arisan


Cara Menambah Uang Jajan untuk Mahasiswa dan Lulusan Baru

Seperti kata pepatah yang mengatakan “ada banyak jalan menuju Roma” sama halnya dengan menambah uang jajan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet. Ada banyak pilihan untuk menghasilkan uang dari online yang mudah dan bisa langsung Anda praktikkan. 

Asalkan Anda rajin berusaha, uang pasti akan mengalir deras menuju kantong Anda. Hal ini sangat mungkin dilakukan sambil sekolah atau mencari pekerjaan pertama. Inilah 10 cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru:


1. Membuka bisnis online shop

Bisnis online shop atau menjual barang secara online sudah semakin banyak kita jumpai di media sosial, situs web, maupun marketplace. Mulai dari berjualan baju, sepatu, tas, makanan, minuman, aksesoris, hingga peralatan elektronik seperti laptop dan gadget

Tak hanya memasarkan produk melalui media sosial, Anda juga bisa memasarkannya melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, dan banyak marketplace lainnya. Ini bisa menjadi cara menambah uang jajan untuk mahasiswa yang cukup efektif. 


2. Menjadi reseller atau dropshipper

Ingin mendapatkan uang dari internet, tapi belum punya modal. Lalu, harus bagaimana? Tenang, Anda tidak perlu khawatir soal itu. Menjadi reseller atau dropshipper bisa jadi cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru. 

Anda hanya perlu memasarkan produk tersebut tanpa harus repot memikirkan biaya untuk membuat, stok barang, dan mengirimkannya. Anda juga bisa menaikkan harga barang tersebut untuk keuntungan Anda sendiri.


3. Youtuber

Cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru yang lain adalah menjadi youtuber. Bahkan, youtuber sekarang menjadi salah satu profesi dengan penghasilan yang menjanjikan. 

Anda hanya perlu membagikan konten yang informatif dan menarik di kanal Youtube Anda. Semakin banyak viewers, like, serta subscriber yang Anda dapatkan, maka semakin banyak pula penghasilan Anda. 

Namun, perlu Anda ingat, konten tersebut tidak boleh mengandung isu SARA dan melanggar aturan yang ada agar kanal youtube Anda semakin banyak disukai oleh banyak orang.


4. Blogger

Cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru berikutnya adalah menjadi seorang blogger. Ini bisa dipraktikkan oleh Anda yang hobi menulis. Anda bisa memberikan beragam informasi faktual dan aktual, tips dan trik, tren masa kini, maupun cerita inspiratif melalui blog yang Anda buat. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda, maka penghasilan Anda pun akan semakin besar. 

Agar ada banyak orang yang mengunjungi blog Anda, Anda dapat memanfaatkan trafik hasil pencarian di mesin pencarian seperti Google. Dari trafik hasil pencarian ini, Anda dapat mengetahui informasi apa yang sedang menjadi tren saat ini. Dengan begitu, Anda dapat membuat keyword pada blog Anda yang sesuai dengan hasil trafik tersebut.  


Baca juga: Ide Bisnis Bareng Sahabat Tahun 2020 yang Harus Dicoba


5. Memasang iklan di media sosial atau mesin pencarian

Banyak media sosial dan mesin pencarian yang menawarkan jasa pengiklanan sebuah produk atau jasa. Misalnya, pada Facebook dan Instagram yang menawarkan layanan jasa iklan. Anda dapat menggunakannya sebagai media pemasaran produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sehingga, semakin banyak orang menemukan barang dan jasa milik Anda. Alhasil, omzet Anda akan semakin meningkat dari hari ke hari. 

Selain iklan di media sosial, ada juga iklan di mesin pencarian misalnya Google AdSense. Sistem periklanan di GoogleAdSense ini menggunakan Pay Per Click atau PPC. Jadi, setiap ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog Anda, Anda akan mendapatkan bayaran. Bayaran yang diterima juga tidak main-main bisa mencapai ratusan juta per harinya.


6. Jasa review produk atau content placement

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang, pastilah orang-orang akan melihat review dari produk tersebut. Anda, dapat menjadi salah satu reviewer produk atau content placement. Anda dapat menjadi content placement dalam berbagai produk seperti laptop, gadget, pakaian, makanan dan barang-barang kebutuhan lainnya.


7. Content writer

Selain menjadi blogger, Anda yang memiliki hobi menulis juga bisa menjadi seorang content writer. Content writer adalah penulis konten yang akan dipublikasikan melalui sebuah situs web. Ini bisa jadi solusi bagi Anda yang belum memiliki blog sendiri. 

Di sana, Anda dapat membagikan berbagai macam berita terbaru dan informasi menarik lainnya. Sekarang sudah banyak situs web yang memerlukan content writer untuk menunjang web mereka contohnya, Tirto.id, IDN Times, dan lain lain.  


8. Copywriter

Copywriter adalah orang yang membuat kalimat promosi dari sebuah produk atau jasa. Copywriter harus membuat kalimat yang menarik minat masyarakat untuk membeli barang atau menggunakan jasa dari sebuah perusahaan. Untuk menjadi seorang copywriter yang handal, Anda harus kreatif dalam menciptakan berbagai kalimat promosi yang menarik.


9. Content creator

Bagi Anda yang suka dalam bidang desain dan pembuatan video, profesi sebagai seorang content creator ini nampaknya wajib Anda pertimbangkan. Content creator bertugas untuk menghasilkan konten yang informatif dan menarik sehingga banyak orang yang tertarik melihatnya di media sosial maupun di kanal Youtube. 


10. Mengisi survei online

Cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru adalah dengan mengisi survei online. Mirip dengan mengisi survei lainnya, tapi di sini Anda akan mendapatkan point reward sebagai hadiahnya. Point-point reward itu nantinya bisa Anda tukarkan dengan uang. 

Jika Anda berminat, Anda bisa mendaftarkan diri ke beberapa situs penyedia survei online dengan bayaran tertentu seperti, SurveyOn, Nusa Search, Mobrog, YouGov Indonesia, dan masih banyak lagi.


Itulah informasi tentang 10 cara menambah uang jajan untuk mahasiswa dan lulusan baru. Internet sudah berkembang dengan pesat jadi Anda bisa memanfaatkan hal ini sebaik-baiknya. 

Anda bisa memilih mana yang cocok dengan passion dan hobi Anda dan menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan utama. Sudah tahu mana yang ingin Anda coba? Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Baca juga: Ingin Dapatkan Uang Banyak Saat Tidur? Inilah Caranya


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru