Finansial

10 Istilah Penting dalam Pinjam Meminjam yang Perlu Kamu Tahu

Rizko-

14 May 2018

10 Istilah Penting dalam Pinjam Meminjam yang Perlu Kamu Tahu
Aktivitas lending atau peminjaman uang menjadi salah satu bentuk transaksi yang telah ada sejak lama. Dalam dunia perbankan biasanya digunakan istilah kredit yang berarti meminjam sejumlah uang atau membeli sebuah properti dan mengembalikan secara berjangka dalam periode yang telah ditentukan.

Kamu akan menemukan banyak istilah - istilah yang biasa digunakan pada aktivitas pinjam - meminjam. Istilah - istilah tersebut akan sangat sering digunakan sehingga perlu bagi kamu untuk paham arti dan maksud sebenarnya dibalik istilah - istilah dalam dunia pinjam - meminjam.

1. Kredit
Kredit dapat diartikan sebagai dana yang didapat dari pihak pemberi pinjaman dan kemudian dikembalikan secara berjangka beserta dengan bunga pinjaman.

2. Kreditur
Kreditur adalah Lembaga atau Bank yang berlaku sebagai pemberi pinjaman.

3. Debitur
Debitur adalah individu, perseorangan atau perusahaan yang mendapatkan hak untuk meminjam, dengan kata lain yang melakukan pinjaman.

4. Limit Kredit
Limit kredit adalah nilai maksimal atau besaran maksimal dari kredit yang diajukan ke pihak Bank atau Lembaga peminjaman. Limit kredit ini bisa disetujui Bank, ataupun ditolak oleh pihak Bank/Pemberi Pinjaman.

5. Tenor
Tenor merupakan jangka waktu kredit yang diajukan atau lamanya kredit diangsur. Tenor mengacu pada satuan bulan, dan tahun. Misalnya, tenor untuk nilai pinjaman Rp 5.000.000 adalah 1 tahun, yang artinya Anda meminjam sejumlah Rp 5.000.000 dan wajib melunasi nilai pinjaman beserta bunga bank dalam waktu 1 tahun.

6. Angsuran
Angsuran merupakan nominal besarnya pembayaran kredit yang dibayarkan setiap bulan dalam satu periode Tenor.

7. Bunga
Bunga dapat diartikan sebagai besarnya imbalan atas jasa Lembaga atau Bank dalam meminjamkan sejumlah dana kredit.

8. Bunga Flat
Ada juga istilah bunga flat yaitu perhitungan bunga dengan menghitung secara rata dari total hutang sehingga proporsi pembayaran bunga dan pokok setiap bulannya selalu tetap.

9. Bunga Efektif
Sementara untuk bunga efektif porsi bunga dihitung berdasarkan pokok utang tersisa. Maka, porsi bunga dan pokok dalam angsuran tiap bulan akan berbeda, meski besar angsuran per bulan tetap sama.

Sistem bunga efektif biasanya diterapkan pada produk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau kredit investasi. Nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan akan semakin mengecil. Karena bunganya yang dibayar mengecil, maka angsuran per bulan akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

10. Bunga Fixed
Sesuai namanya, suku bunga fixed artinya suku bunga itu bersifat tetap selama periode tertentu sesuai kesepakatan. Keuntungan sistem bunga ini bagi Anda adalah jika suku bunga pasar naik, maka Anda tidak akan terbebani bunga tambahan.

Agunan jaminan yang diberikan kepada pihak bank dari debitur untuk menjamin kelancaran pembayaran angsuran kredit dan bisa menjadi alternatif terakhir sumber pelunasan kredit bagi bank apabila terjadi gagal bayar. Agunan umumnya berupa sertifikat tanah atau BPKB kendaraan.

Akad Kredit adalah proses penandatanganan perjanjian kredit di hadapan pejabat Bank.

Jatuh Tempo merupakan tanggal angsuran kredit harus dibayarkan setiap bulannya. Usahakan tepat waktu dalam membayar tagihan kredit, karena ini akan mempengaruhi rekam aktivitas meminjam seseorang. Jika rekam aktivitasmu jelek maka akan sulit bagi kita untuk melakukan kredit kembali di masa yang akan datang.

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan penjelasan mengenai 10 istilah penting dalam pinjam meminjam yang perlu kamu tahu?! Kalau sudah, pastinya kamu bisa lebih cerdas dan bijak dalam mengajukan proses pinjaman. Yuk jadi debitur cerdas mulai saat ini!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru