Finansial

Gaya Hidup

10 Tanda Anda Sudah Terlalu Banyak Utang

Paskalia-

21 Feb 2020

10 Tanda Anda Sudah Terlalu Banyak Utang

Utang adalah sesuatu yang sulit dihindari oleh sebagian orang. Meski tidak selamanya utang itu adalah sesuatu yang negatif, namun memiliki tagihan yang terlalu banyak bukanlah hal yang sehat untuk keuangan Anda. Karena itu, membatasi jumlah utang yang dimiliki agar tidak melebihi kemampuan Anda untuk melunasinya adalah hal yang penting.


Jika Anda sedang bertanya-tanya apakah utang yang Anda miliki sekarang sudah terlalu banyak, ada kemungkinan kondisinya memang seperti itu. Punya utang terlalu banyak bisa membawa Anda pada masalah keuangan lain seperti kesulitan untuk menabung, sering terlambat membayar tagihan bulanan dan harus berutang lagi agar kondisi keuangan agar tetap stabil.


Ada beberapa pertanda umum Anda sudah memiliki terlalu banyak utang. Simak 10 di antaranya berikut ini!


Baca juga: Butuh Modal Usaha Cepat? Ini Tips Mendapatkannya


Anda Tidak Tahu Persis Berapa Jumlah Utang Anda


Bersembunyi dari utang tidak akan membuatnya hilang begitu saja. Faktanya, ketika Anda berusaha untuk menghindar bahkan untuk sekadar memikirkan utang yang dimiliki, ini adalah pertanda kalau utang Anda sudah kebanyakan dan melebihi batas kesanggupan Anda untuk membayarnya. Karena itu, Anda merasa takut menghadapinya. 


Jangan pernah menghindari utang. Ambil semua bill dan catatan kemudian hitung kembali berapa utang yang Anda miliki. Dengan mengetahui berapa jumlah persisnya, Anda bisa mengatur rencana dengan baik untuk menyelesaikannya.


Anda Terlambat Membayar Cicilan Karena Tidak Punya Uang Lagi


Jika jumlah uang cicilan yang harus Anda keluarkan sudah terlalu banyak, ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tagihan bulanan. Anda mungkin akan menunggak listrik, terlambat membayar cicilan mobil atau KPR yang berakibat pada naiknya bunga dan munculnya denda. Ini adalah kondisi yang bisa memperparah kondisi keuangan Anda. Jika ini terjadi, saatnya untuk menata kembali pengeluaran bulanan Anda dan mengeliminasi yang tidak terlalu penting.


Anda Takut Mengangkat Telepon Karena Khawatir Itu dari Penagih


Ketika kreditur sampai menelepon Anda berulang kali, artinya ada masalah dengan kemampuan Anda mencicilnya. Orang yang merasa tidak bisa membayar dalam waktu dekat, banyak yang berusaha menghindar dari panggilan telepon tagihan. Anda mungkin bisa menghindar untuk sementara waktu, tapi ingat kalau itu tidak akan bertahan lama. Pihak kreditur mungkin akan mengambil langkah lain yang lebih serius agar Anda mau bertanggung jawab segera pada tagihan yang mereka minta.


Gali Lubang Tutup Lubang


Istilah ini tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Kondisi ini kerap terjadi pada orang-orang yang terpaksa meminjam lagi kepada pihak lain untuk melunasi utang mereka yang sebelumnya. Hal ini kerap dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlalu banyak utang sehingga tidak memiliki sisa dana darurat lagi untuk menutupinya. Ini merupakan situasi yang sangat berbahaya yang harus Anda hindari jika tidak ingin terjebak utang berkepanjangan dengan bunga yang terus membengkak.


Anda Mulai Sulit Tidur Karena Memikirkan Kondisi Keuangan


Pernah merasakan sulit tidur karena memikirkan utang yang tak kunjung lunas? Apa Anda pernah mondar-mandir tidak jelas untuk mencari cara bagaimana bisa melunasi semua tagihan yang Anda punya? Ini adalah pertanda yang cukup jelas bahwa Anda sedang memiliki utang yang terlalu banyak. Stress karena keuangan bukan masalah sepele karena bisa mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Cobalah menyusun rencana untuk mengatasi masalah utang agar Anda tidak stress dan tentu saja bisa hidup lebih sehat.


Kondisi Keuangan Memengaruhi Kinerja Anda di Kantor


Tekanan karena utang mau tak mau akan terbawa hingga ke aktivitas harian termasuk saat Anda bekerja. Konsentrasi akan berkurang dan Anda akan mengalami penurunan kinerja. Waspadai kondisi ini. Jangan sampai gara-gara utang Anda harus kehilangan sumber penghasilan utama dan membuat kondisi keuangan Anda semakin tak keruan.


Tabungan Anda Terkuras Habis


Tidak punya tabungan memang bukan pertanda kalau Anda punya banyak utang. Tapi ketika Anda harus menguras isi rekening, menjual aset dan investasi hanya karena berusaha melunasi utang, Anda bisa tahu itulah sumber masalah yang sebenarnya.


Anda Mulai Mencari Pelarian


Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi stressnya dan Anda tahu betul apa yang biasa Anda lakukan ketika menghadapi tekanan. Banyak orang yang mencari pelarian dengan mengonsumsi minuman beralkohol dan berfoya-foya. Pastikan ini bukan cara Anda untuk menghilangkan stress finansial karena jika diteruskan malah akan memperparah keadaan keuangan Anda.


Anda Tidak Bisa Memenuhi Kebutuhan Bulanan Tanpa Kartu Kredit dan Utang


Kartu kredit memang dimiliki untuk mempermudah Anda. Tapi ketika Anda harus menggunakannya untuk membeli bahan makanan dan kebutuhan harian yang biasanya bisa Anda bayar tunai, ini adalah masalah besar. Artinya, Anda sudah tidak punya kemampuan lagi untuk membiayai hidup Anda. Bisa jadi karena penghasilan Anda yang kurang atau kesalahan dalam mengatur keuangan. Jika keadaannya seperti ini, Anda harus segera menemukan cara untuk bertahan. Salah satunya adalah dengan mengurangi pengeluaran atau menambah sumber pemasukan.


Anda Mulai Menyembunyikan Pengeluaran dari Orang Terdekat


Jika biasanya Anda selalu terbuka soal keuangan pada orang terdekat (baik itu pasangan atau orang tua) namun mendadak merasa perlu menutupi sesuatu, artinya ada yang salah dengan kondisi keuangan Anda. Jika persoalan utang membuat Anda sulit terbuka pada keluarga, artinya jumlahnya sudah terlalu banyak. Ketika Anda berusaha menutup-nutupi utang, ada kemungkinan karena Anda takut mereka akan menghentikan Anda dari berutang dan ini adalah pertanda Anda sudah ketagihan untuk berutang.


Tidak ada orang yang ingin terjebak utang. Karena itu mengatur pengeluaran dengan baik dan seimbang adalah hal yang penting. Selain menyisihkan penghasilan untuk tabungan, investasi bisa jadi penyelamat di saat-saat darurat. Bingung mau memulai investasi dari mana? Langsung saja unduh aplikasi IndoGold. Hanya di IndoGold Anda bisa menabung emas mulai 0,001 gram dengan aman dan mudah.


Baca juga: Cara Mengelola Pinjaman Modal Usaha Agar Tepat Sasaran

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru