Gaya Hidup

10 Tips Hidup Sederhana Bikin Bahagia

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Oct 2019

10 Tips Hidup Sederhana Bikin Bahagia

Hidup sederhana dan bisa merasa bahagia adalah impian semua orang.  Bagi sebagian orang kekayaan tidak selalu membawa kebahagiaan. Hidup yang penuh dengan kebahagiaan tentunya akan membawa banyak berkah serta suka cita bagi setiap orang yang mengalaminya.

Bagi yang ingin hidup sederhana dan bahagia, berikut terdapat 10 tips hidup sederhana bikin bahagia  yang bisa Anda terapkan dalam pola hidup sehari-hari Anda.


Baca juga: 5 Tips Wisata Setiap Tahun


Mensyukuri Dengan Apa Yang Telah Dimiliki

Tips hidup sederhana bikin bahagia yang pertama adalah selalu bersyukur.

Bersyukur menjadi kunci utama memiliki kehidupan yang bahagia. Ketika Anda bisa bersyukur atas apa yang dimiliki, Anda mampu menahan diri agar tidak memaksakan hal yang tidak bisa Anda peroleh. Rasa bersyukur membantu untuk merasa cukup dengan apa yang Anda dapat.

Selain itu, rasa syukur juga menjadi pondasi yang kuat agar Anda selalu memiliki hati yang tenang. Apapun masalahnya, mulai dari pekerjaan, hubungan, atau keuangan, Anda bisa menghadapi dan menyelesaikannya dengan pikiran yang lebih jernih.

Tidak salah bila bersyukur adalah cara pertama untuk memiliki hidup yang bahagia dan sederhana.


Apa Adanya

Salah satu cara hidup sederhana dan bahagia lainnya adalah harus apa adanya serta tidak melebih-lebihkan. Hal ini dapat diartikan orang yang hidup sederhana itu mau menerima apa yang terjadi dalam hidupnya, menjalankannya, menyelesaikannya dan tidak terlalu banyak mengeluh.

Setelah itu orang yang bersikap apa adanya akan menyusun kembali rencana - rencana yang akan dilakukannya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Orang yang apa adanya mau merenungkan setiap kegagalan yang terjadi dalam hidupnya, kemudian membuat perubahan yang berguna bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang lain.


Tidak Bersikap dan Bertindak Berlebihan

Setiap orang yang hidup atau menerapkan hidup sederhana tau sampai mana batasan mereka dalam melakukan sesuatu. Orang yang sederhana tidak berlebihan dalam melakukan dan memiliki sesuatu. Orang yang menerapkan hidup seperti ini lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Mereka yang tidak berlebihan dapat mengatur keuangan dengan lebih baik, sehingga mereka tau kapan harus membeli atau memiliki barang yang memang berkualitas bagi mereka.

Dalam masa menunggu untuk memiliki barang yang berkualitas, orang dengan sikap tidak berlebihan ini tidak akan segan untuk menabung terlebih dulu. Dengan menahan diri, maka dana yang dimiliki dapat dialokasikan untuk kebutuhan pokok yang paling prioritas.

Orang yang bersikap sederhana ini tidak akan cepat kehabisan uang dan mampu menahan diri untuk tidak memiliki barang yang bukan prioritasnya.


Mampu Mengendalikan Diri

Hidup sederhana yang bahagia itu harus mampu untuk bisa menguasai dan mengendalikan diri.

Setiap orang yang hidup sederhana adalah orang yang sadar. Setiap keputusan dan perbuatan yang dilakukan telah dipikiran sebaik baiknya terlebih dulu. Orang yang hidup sederhana tidak akan mengambil keputusan serta bertindak hanya menuruti emosi sesaat saja.


Selalu Bergembira dalam Setiap Situasi

Anda tidak gila bila berusaha gembira dalam setiap situasi. Justru, mereka yang hidup sederhana bisa selalu tersenyum gembira menghadapi setiap kondisi yang dialami.

Gembira dan senyum adalah bukti bahwa Anda mampu mengendalikan situasi yang sedang berlangsung. Ini karena mereka memiliki kendali yang penuh atas diri setiap hari.


Selalu Giat dalam Bekerja dan Menjalankan Rencana

Ciri - cirri orang yang hidupnya sederhana dan bahagia adalah mereka selalu rajin serta giat bekerja sesuai dengan rencana yang telah mereka tetapkan.

Orang yang sederhana selalu tau apa yang harus dilakukan sekalipun keadaannya mendesak. Hal tersebut dikarenakan orang yang sederhana biasanya telah melakukan perencanaan dan membuat detail dari setiap hal yang akan dilakukannya.

Dan orang yang sederhana juga telah memiliki panduan yang jelas dan dapat mereka terapkan dalam kehidupannya.


Membuat Perencanaan yang Matang

Hidup sederhana itu adalah hidup yang tidak terburu - buru, dan tidak bertindak gegabah. Orang yang ingin menerapkan hidup sederhana itu harus selalu merencanakan segala sesuatu dengan matang dan sebaik mungkin.

Rencana yang terburu - buru dan terkesan jelek justru akan membuat tujuan yang ingin dicapai lebih mengarah pada sebuah kegagalan.

Bahkan bila tidak membuat perencanaan sama sekali, maka akan lebih banyak muncul spekulasi serta hasil yang sudah pasti tidak jelas.

Orang yang sederhana selalu mampu untuk membuat rencana yang jelas dan matang, dengan begitu setidaknya mereka sudah mampu meraih lima puluh persen dari target yang telah mereka tentukan dan sisanya tergantung dengan situasi serta kondisi yang akan terjadi.

Dengan begitu untuk dapat hidup sederhana dan bahagia harus mampu untuk membuat sebuah rencana yang matang.

Selalu membuat langkah - langkah yang detail sebelum melakukan sesuatu serta mampu untuk meraih hasil yang diinginkan.


Selalu Terus Belajar untuk Dapat Mengembangkan Diri

Ciri hidup sederhana yang berikutnya adalah seseorang harus selalu belajar dan berusaha mengembangkan dirinya. Orang yang hidup sederhana akan selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitas diri secara terus menerus.

Orang yang hidup sederhana sadar bahwa suatu perubahan itu adalah hal yang pasti, dan tidak ada orang yang bisa terlepas dan terbebas dari sebuah perubahan.

Orang yang sederhana selalu berpikir bila mereka tidak belajar dan berusaha mengembangkan diri, maka mereka akan tergilas dan tertinggal oleh perubahan - perubahan yang akan terjadi pada diri sendiri serta lingkungan mereka.


Memiliki Tabungan

Bagi orang yang hidup sederhana mempunyai tabungan adalah suatu kewajiban. Anggarankan uangmu untuk ditabung. Dengan menabung orang-orang yang hidup sederhana selalu siap dengan perubahan ekonomi yang akan terjadi dalam kehidupan mereka.

Di samping itu, menabung bisa membantu Anda membeli barang-barang impian sehingga Anda mendapatkan kebahagaian. Memilih hidup hemat dan rajin menabung akan membuat hidupmu lebih bahagia.


Baca juga: Bagaimana Cara Menabung 1 Juta Per Bulan?


Mampu Berpikir Jernih

Tips hidup sederhana bikin bahagia yang terakhir adalah mampu untuk bisa dan selalu berpikir jernih.

Orang yang hidup sederhana mampu berpikir jernih dalam keadaan yang terdesak sekalipun. Berpikir penting amatlah penting bagi orang yang sederhana, karena pikiran yang jernih mampu untuk membuat dan menentukan rencana yang akan dilakukan dalam hidup mereka.

Untuk bisa mendapatkan kejernihan dalam berpikir memang tidak mudah. Sulit juga untuk menjalani hidup dengan pikiran yang jernih karena memang banyak masalah yang akan terjadi. Akan tetapi, buah dari kejernihan pikiran benar-benar bisa membantu Anda untuk meningkatkan kebahagian hidup.


Demikianlah tips hidup sederhana bikin bahagia. Hidup yang bahagia adalah mimpi semua orang karena sumber kebahagiaan bukanlah berasal dari harta benda yang dimiliki melainkan dari diri sendiri.


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru