Bisnis

11 Tips untuk Memulai Bisnis dan Membuatnya Berhasil

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Apr 2020

11 Tips untuk Memulai Bisnis dan Membuatnya Berhasil

Apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan jawabannya.


Baca juga: Tingkatkan Bisnis Online Anda dengan 12 Trik Berikut


Kenali diri Anda

Berapa jumlah uang yang dapat Anda ambil risiko? Apa yang Anda bersedia lakukan untuk menjadi sukses?

Tentu, kita semua ingin menghasilkan ratusan juta dengan bisnis. Tetapi apa yang Anda rela rela untuk mencapai tujuan itu? Berapa jam seminggu Anda akan bekerja secara berkelanjutan?

Seberapa jauh dari zona nyaman Anda bersedia melakukan peregangan? Seberapa jauh keluarga Anda akan berkembang? Untuk menjadi sukses, pertahankan rencana bisnis Anda sejalan dengan tujuan dan sumber daya pribadi dan keluarga Anda.


Pilih bisnis yang tepat untuk Anda

Kunci kesuksesan adalah menemukan kebutuhan pasar yang dapat Anda isi, yang ingin Anda isi, dan itu akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

Pastikan benar-benar ada pasar untuk apa yang ingin Anda jual. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan startup adalah berasumsi bahwa banyak orang akan ingin membeli produk atau layanan tertentu, karena pemilik bisnis menyukai ide-ide itu atau mengetahui satu atau dua orang yang menginginkan produk atau layanan tersebut. Untuk meminimalkan risiko kerugian, jangan pernah berasumsi ada pasar.

Teliti ide itu. Bicaralah dengan calon pelanggan potensial (yang bukan keluarga dan teman) untuk mencari tahu apakah yang ingin Anda jual adalah sesuatu yang mereka ingin beli, dan jika ya, apa yang akan mereka bayar untuk produk atau layanan tersebut.


Teliti pesaing Anda

Apa pun jenis bisnis yang Anda mulai atau jalankan, Anda akan memiliki pesaing. Bahkan jika tidak ada bisnis lain yang menawarkan persis apa yang Anda rencanakan untuk dijual, sangat mungkin ada produk atau layanan lain yang digunakan pelanggan target Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk menjadi sukses, Anda perlu meneliti persaingan dan mencari sebanyak mungkin tentang apa yang mereka jual dan bagaimana mereka menjualnya. Penelitian kompetitif adalah sesuatu yang juga harus Anda rencanakan untuk dilakukan secara berkelanjutan.


Rencanakan untuk berhasil

Jika Anda tidak mencari investor atau memasukkan sejumlah besar uang ke dalam bisnis Anda, Anda mungkin tidak memerlukan rencana bisnis yang rumit, tetapi Anda masih membutuhkan rencana bisnis yang menetapkan tujuan Anda dan menjabarkan setidaknya peta jalan kerangka untuk bagaimana Anda akan sampai ke tempat yang ingin Anda tuju.

Rencananya akan berubah saat Anda maju dan belajar lebih banyak tentang pelanggan dan pesaing Anda, tetapi itu masih akan membantu Anda tetap fokus dan menuju ke arah yang benar. Gunakan lembar kerja perencanaan bisnis kami untuk membantu mengembangkan rencana dasar itu.


Ketahui Kebutuhan Operasional

Sebagian besar orang yang berpikir untuk memulai bisnis fokus pada apa yang akan mereka jual dan siapa yang akan mereka jual juga. Yang sering mereka tidak pertimbangkan adalah bagaimana bisnis akan benar-benar beroperasi.

  • Bagaimana barang akan dikirim?
  • Berapa banyak dukungan pelanggan akan dibutuhkan - baik untuk menjawab pertanyaan tentang produk, atau untuk menanggapi orang-orang yang pengirimannya belum tiba?
  • Apakah Anda perlu menerima kartu kredit?
  • Apakah Anda akan menagih pelanggan?
  • Siapa yang akan menindaklanjuti untuk memastikan Anda dibayar?
  • Siapa yang akan membangun dan memelihara keberadaan situs web dan media sosial Anda?
  • Apakah Anda dapat menggunakan asisten virtual untuk tugas-tugas seperti itu, atau apakah Anda harus mempekerjakan karyawan?

Bahkan jika Anda memulai bisnis layanan pribadi kecil, ini adalah masalah yang harus Anda pertimbangkan dan rencanakan.


Jangan menunda-nunda

Beberapa orang menyarankan calon pemilik bisnis untuk tidak melanjutkan bisnis mereka sampai mereka telah menyelidiki setiap detail terakhir dari bisnis yang ingin mereka mulai, dan benar-benar yakin itu semua akan bekerja dan menguntungkan.

Masalahnya, hal itu mengarah pada penundaan. Tidak ada yang benar-benar memiliki semua bagian di tempatnya - bahkan setelah mereka memulai bisnis mereka.

Ya, Anda perlu meneliti pasar, memiliki rencana dasar di tempat dan melakukan hal-hal seperti mendapatkan pajak jika diperlukan, mendaftar dengan pejabat lokal, jika diperlukan, dan sebagainya. Tetapi jika Anda mencoba untuk membuat semuanya sempurna sebelum Anda meluncurkan, Anda bisa tidak pernah memulai bisnis sama sekali.


Mulailah dalam skala kecil sebelum keluar semua

Beberapa orang percaya bahwa pengusaha adalah pengambil risiko. Tetapi sebagian besar, pengusaha sukses tidak suka berjalan dengan mata tertutup pada anggota tubuh. Sebaliknya, mereka mengambil risiko yang terkendali.

Mereka menguji ide dalam skala kecil, kemudian membangun apa yang bekerja dengan baik, mengubah apa yang menunjukkan janji dan membuang bencana.


Jangan terpaku pada kesalahan atau terdemoralisasi karenanya

Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang lain adalah bahwa orang-orang sukses belajar dari kesalahan mereka dan terus maju. Mereka tidak berkutat pada kegagalan, menyalahkan ekonomi, mengutuk nasib buruk mereka, atau menyalahkan orang lain atas nasib mereka.

Jika jalur ke tujuan mereka diblokir, mereka mencari jalur alternatif, atau kadang-kadang memilih tujuan lain yang lebih dapat dicapai.


Belajar dari orang lain

Temukan mentor, bergabung dengan grup dengan orang-orang yang berpikiran sama, pelajari semua yang Anda bisa tentang industri Anda dan apa yang diperlukan untuk mencapai dari tempat Anda sekarang ke tempat yang Anda inginkan.

Hadiri konferensi industri. Ikuti kursus pelatihan saat tersedia. Beli kursus yang ditawarkan oleh para ahli. Anda akan menghemat banyak trial and error dengan belajar dari orang-orang yang telah ada sebelumnya.

Pikirkan apa yang Anda lakukan sebagai pebisnis. Pantau pendapatan dan pengeluaran, pisahkan uang bisnis dari dana pribadi, cari tahu peraturan apa yang harus dipatuhi oleh bisnis Anda.


Pahami perbedaan antara bekerja untuk diri sendiri dan membangun bisnis yang berkelanjutan

Jika Anda ingin membangun bisnis, Anda perlu mengembangkan sistem dan metode yang memungkinkan Anda untuk merekrut orang lain untuk melakukan pekerjaan bisnis saat Anda merencanakannya. Anda membatasi potensi pertumbuhan jika Anda tidak mengajak orang lain bekerja untuk Anda.


Kenali investor

Jika bisnis yang Anda mulai akan membutuhkan investor untuk tumbuh, lakukan apa yang Anda bisa untuk mencari tahu apa yang dicari investor dan di mana menemukan orang-orang yang mungkin berinvestasi dalam jenis bisnis Anda.


Baca juga: Panduan Tiga Langkah untuk Menjual Produk/Jasa di YouTube

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru