Gaya Hidup

12 Sifat yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Nov 2019

12 Sifat yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses

Menjadi seorang pengusaha sukses merupakan keinginan dari banyak orang. Akan tetapi, perjalanan untuk sampai di titik itu memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah. Karena ini, banyak orang kemudian memutuskan untuk menyerah di tengah jalan.

Jika Anda adalah pengusaha muda yang ingin baru saja terjun di dunia bisnis, ada beberapa sifat yang perlu Anda bentuk untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Sifat-sifat ini sering ditemukan dalam kisah inspiratif pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia maupun dunia.

Ingin tahu sifat yang harus dimiliki pengusaha sukses? Yuk, kita bahasa satu per satu.

 

Baca juga: Belajar dari Momen Telkomsel dan OVO Error

 

Mempercayai Diri Sendiri

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan menjadi seorang leader. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa mempercayai diri Anda sendiri. Jika Anda tidak mempercayai diri sendiri, orang-orang yang Anda pimpin harus percaya pada siapa?

 

Mengendalikan Ego

Sebuah usaha yang berhasil tidak lepas dari kerjasama yang baik di antara pelakunya. Kerjasama yang kompak dan efektif bisa terwujud bila masih ada ego. Seorang pengusaha sukses bisa mengendalikan egonya dalam berpikir dan mengambil keputusan. Anda perlu menurunkan ego untuk memberikan yang terbaik bagi bisnis Anda.

 

Bijaksana

Dalam mengambil keputusan untuk bisnis, Anda perlu berpikir dengan bijaksana. Anda tidak bisa menjadi pebisnis yang sukses bila Anda hanya memikirkan satu aspek saja. Banyak aspek lain yang perlu Anda perhitungkan. Tidak boleh hanya memikirkan profit, tetapi Anda perlu memikirkan kesejahteraan karyawan, kualitas produk yang Anda jual, pemasaran, dan lain sebagainya.

 

Jeli Melihat Peluang

Dalam perjalanan mencapai kesuksesan dalam berbisnis, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan. Anda perlu jeli dalam melihat peluang yang bisa Anda ambil untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

 

Tidak Cepat Puas

Salah satu sifat yang wajib dimiliki pengusaha sukses adalah tidak cepat puas. Dalam perjalanan, Anda akan berhasil mencapai target-target yang Anda patok. Mungkin Anda akan mencapai target penjualan. Anda mungkin berhasil meraih profit tertinggi dalam karier Anda.

Keberhasilan-keberhasilan tersebut tidak seharusnya membuat Anda cepat puas. Ketika Anda cepat puas, Anda akan merasa aman dan nyaman. Zona aman adalah jebakan yang membuat Anda lupa bahwa Anda tidak boleh merasa cepat puas.

 

Pantang Menyerah

Dalam memulai bisnis  dan dalam perjalanan untuk mengembangkan, Anda tentu akan menghadapi banyak masalah. Di dalam momen-momen tersebut, Anda harus menjadi orang yang pantang menyerah.

Kita tidak pernah tahu pada usaha keberapa keberhasilan akan datang. Oleh karena itu, Anda perlu terus bangkit dari kegagalan. Anda harus menjadi benar-benar sabar untuk menunggu apa yang diusahakan mendapat hasil yang memuaskan.

 

Memiliki Passion

Setiap pebisnis memiliki passion dalam menjalankan bisnisnya. Orang yang baru saja terjun di dunia bisnis biasanya memulai dari sesuatu hal yang dia sukai. Ketika melakukan hal yang sesuai dengan passion-nya, seseorang tidak akan malas untuk memulai membuat bisnis. Jika mengalami masa-masa sulit, orang yang menjalani passion-nya, seseorang tidak akan mudah menyerah.

 

Terus Berinovasi

Sebagai pengusaha, Anda tidak hanya menjual barang atau jasa yang bisa Anda berikan. Namun, Anda juga perlu mendengarkan audiens. Cari tahu apa yang mereka butuhkan dan berusahalah untuk memenuhinya. Lakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan menyelesaikan problem atau masalah yang ada di pasar.

 

Mampu Beradaptasi

Setiap saat, keadaan bisa berubah. Entah dalam waktu yang lama atau dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Anda harus bisa beradaptasi. Adaptasi adalah sifat yang harus dimiliki pengusaha sukses agar ia mampu bertahan ketika keadaan berubah.

 

Memegang Teguh Nilai-Nilai

Meskipun Anda perlu menjadi orang yang mampu beradaptasi, bukan berarti Anda harus mengorbankan nilai-nilai yang Anda percayai. Anda perlu memiliki nilai-nilai yang menjadi pedoman hidup Anda. Nilai-nilai ini yang akan menjadi pijakan dalam mengambil keputusan.

 

Menjalin Relasi

Sifat yang harus dimiliki pengusaha sukses selanjutnya adalah mampu menjalin relasi. Anda perlu bisa untuk mengubah kompetitor menjadi kawan. Agar bisa terus bertahan di dalam dunia bisnis, Anda tidak hanya berpikir untuk mengungguli kompetitor. Melainkan, Anda harus merangkul dan menjalin relasi yang baik.

 

Terbuka pada Kritik

Orang sukses selalu terbuka terhadap kritik. Begitu pula dengan pengusaha seperti Anda. Sebagai orang yang tidak sempurna, Anda perlu berani terbuka dan menerima kritikan dari orang lain. Tanyakan ini kepada partner Anda atau mungkin anak buah Anda.

Kritik yang diberikan orang lain perlu Anda jadikan cermin untuk semakin memperbaiki diri. Dengan begitu, Anda akan terus berkembang menjadi orang yang lebih baik.

 

Baca juga: Lihai Memilih Investasi yang Menguntungkan


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai lender, Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru