Bisnis

16 Ciri Pengusaha Sukses, Apakah Anda juga Memilikinya?

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Feb 2020

16 Ciri Pengusaha Sukses, Apakah Anda juga Memilikinya?

Pengusaha sukses memiliki ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Ciri-ciri tersebut bisa Anda lihat dan contoh agar Anda bisa mencapai kesuksesan yang sama. Lalu, apa saja ciri-ciri pengusaha yang sukses? Berikut ulasan.

 

Baca juga: Bagian-Bagian Penting dalam Menyusun Rencana Bisnis

 

 

Mencintai apa yang dikerjakan

Ini adalah karakteristik paling signifikan yang dimiliki setiap pengusaha. Mereka sukses karena mencintai apa yang mereka lakukan. Pengusaha yang sukses menempatkan semua jam ekstra yang mereka miliki dalam bisnis untuk membuat usahanya maju dan berkembang.

Sangat menyenangkan bagi mereka untuk melihat hasil kerja mereka bisa melampaui miliki orang lain. Orang-orang seperti ini selalu meneliti dan membaca hal-hal untuk menemukan strategi dalam bagaimana mereka dapat membuat bisnis mereka lebih baik.

 

Motivasi

Pemilik bisnis pekerja keras sangat termotivasi untuk berhasil. Pengusaha sukses tidak pernah sangat terpengaruh oleh kekalahan yang mereka temui.

Bagi mereka, kegagalan adalah seperti pembukaan untuk kisah sukses, dan karenanya, mereka mencoba lagi dan lagi sampai mereka mendapatkan kesuksesan yang mereka harapkan. Terlebih lagi, para wirausahawan ini tidak percaya bahwa beberapa hal tidak mungkin dan tidak dapat dilakukan.

 

Etos kerja yang kuat

Pengusaha yang sukses memastikan bahwa mereka selalu menjadi orang pertama yang ke kantor dan yang terakhir pergi.

Orang-orang ini adalah mereka yang memastikan bahwa mereka datang ke kantor selama hari libur mereka, jika perlu, hanya untuk memastikan bahwa hasilnya memenuhi harapan mereka. Pengusaha sukses adalah mereka yang selalu memiliki pikiran dalam pekerjaan mereka, bahkan jika mereka tidak berada di tempat kerja mereka.

 

Kreativitas

Salah satu aspek utama kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan hubungan antara dua situasi atau peristiwa yang tidak terkait. Mereka biasanya datang dengan solusi dari masalah-masalah ini yang merupakan kombinasi dari hal-hal lain.

Tidak peduli apa jenis industri mereka, pengusaha sukses memiliki ide-ide yang out of thebox. Mereka selalu berusaha menemukan cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu. Cara baru dapat meningkatkan alur kerja, produktivitas, dan keuntungan utama perusahaan Anda.

 

Persuasif

Persuasif dapat membuat seorang pengusaha menjadi negosiator yang lebih baik. Ada saat-saat ketika pengusaha perlu meyakinkan klien, partner, atau investor untuk mengambil tindakan tertentu. Pengusaha yang sukses biasanya dapat mempresentasikan ide-ide mereka dengan baik.

 

Memiliki visi

Pengusaha sukses selalu mengawasi gambaran besar dan kemampuan ini dapat membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih baik. Visi adalah tentang perencanaan strategis.

Ke arah mana industri ini bergerak? Apa tantangan yang dihadapi perusahaan? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang selalu ada di benak para pengusaha sukses. Mereka berusaha menemukan jawabannya.

 

Keterbukaan pikiran

Pengusaha sukses tidak pernah berasumsi bahwa mereka tahu segalanya. Mereka selalu terjun dalam sebuah situasi agar bisa belajar sesuatu dari pengalaman.

Berada di industri teknologi, banyak yang berubah dengan cepat sehingga ide dan metode terus berkembang dengan cepat dan diganti dengan sesuatu yang lebih baik. Pengusaha yang sukses juga tidak menutup diri untuk belajar dari staf, mitra bisnis, pesaing, dan sebagainya.

 

Kerendahan hati

Seorang pengusaha selalu mencari mentor yang telah mencapai hal-hal besar dan mereka benar-benar mendengarkan apa yang mentor mereka katakan. Dalam keseharian, seorang pengusaha yang sukses tidak berpura-pura memiliki semua jawaban dan menghargai pembelajaran baik dengan maupun dari orang lain.

Terakhir, pengusaha yang sukses tidak merasa terintimidasi ketika berada di antara mereka yang lebih cerdas dan sukses. Baik itu pengusaha lain atau karyawan yang mereka pekerjakan.

 

Baca juga: Hemat Saat Hari Valentine Bareng Pasangan? Ini Kiatnya

 

Keingintahuan

Keingintahuan saya telah membuat saya tinggal di Tiongkok dan mengeksplorasi pengalaman dan peluang baru. Sangat menarik untuk melihat bagaimana rasa ingin tahu untuk minat yang beragam dan tampaknya tidak terkait telah menyebabkan inspirasi dan solusi kreatif dalam pengejaran kewirausahaan. Masuki keingintahuan Anda dan jelajahi. Anda tidak pernah tahu ke mana mereka akan membawa Anda dan solusi apa yang akan mereka berikan.

 

Kemampuan untuk Menghubungkan Orang-Orang

Pengusaha yang sukses mampu menciptakan sebuah nilai dengan menghubungkan antara dua orang yang sangat berbeda. Koneksi ini dapat membuka peluang bisnis atau pertumbuhan pribadi. Pengusaha yang cerdas tidak hanya pemimpin yang cerdas, tetapi juga kolaborator yang hebat.

 

Kepercayaan

Pengusaha yang sukses tidak pernah mengajukan pertanyaan atau terus meragukan apakah mereka dapat berhasil atau bahkan layak untuk sukses. Mereka biasanya cukup percaya diri sehingga pengetahuan dan pengetahuan mereka akan membantu mereka membuat ide bisnis mereka sukses. Dan mereka memancarkan kepercayaan ini dalam segala hal yang mereka lakukan untuk bisnis.

 

Fleksibilitas

Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, Anda harus mampu beradaptasi untuk mengubah dan menyelesaikan masalah saat masalah itu muncul. Jika dalam  sebuah tim, Anda adalah pemain tim yang dapat membantu kapanpun tim membutuhkan bantuan. Dengan demikian, fleksibilitas berarti menerima kebutuhan, pendapat, atau ide dari orang lain.

 

Penerimaan

Sebagai seorang wirausahawan, Anda kan terus menghadapi hal-hal di luar kendali Anda. Tidak dapat dihindari, hal-hal yang menyakitkan dan menantang akan terjadi dan membuat pekerjaan Anda lebih sulit untuk sukses dan dicapai.

Sangat mudah untuk merasa bahwa dunia ini melawan kita. Daripada membiarkan diri Anda menjadi stres, kunci untuk melewati masalah-masalah ini adalah penerimaan bahwa itu semua adalah bagian dari perjalanan.

 

Ketegasan

Apakah Anda melakukan penilaian yang baik di bawah tekanan? Ketika Anda seorang pengusaha, Anda tidak memiliki ruang untuk menunda-nunda. Seorang pengusaha yang sukses harus dapat mengambil tindakan saat dibutuhkan. Anda harus tahu cara memprioritaskan tugas dan membuat keputusan dengan cepat.

 

Toleransi risiko

Seorang pengusaha yang sukses memiliki toleransi yang tinggi terhadap risiko. Mereka tidak takut mengambil risiko ketika mengejar klien baru atau menguji produk baru. Namun, itu bukan berarti mereka membuat keputusan dengan sembrono. Risiko yang tinggi berani diambil karena mereka telah memperhitungkan banyak hal.

 

Berdisiplin

Pengusaha sukses selalu memusatkan energi mereka untuk membuat bisnis bekerja dan untuk menghilangkan gangguan atau hambatan pada tujuan mereka. Strategi menyeluruh dibangun untuk membantu mereka untuk mencapai tujuan yang mereka miliki sementara mereka menguraikan rencana untuk mencapai hasil akhir. Selain itu, wirausahawan menjadi sukses karena mereka disiplin untuk selalu membuat langkah-langkah baru setiap hari menuju pencapaian tujuan mereka.

 

Baca juga: 7 Ide Usaha Rumahan Menguntungkan dan Mudah Dijalankan


Melalui P2P Lending Modal Rakyat, Dapatkan Modal Tambahan untuk Bisnis Anda 

Sebagai pebisnis, Anda pasti ingin mengembangkan usaha agar semakin menambah keuntungan. Untuk melakukannya Anda tentu membutuhkan modal lebih.

Anda dapat mendaftarkan diri sebagai peminjam layanan P2P lending Modal Rakyat. Dengan pelayanan yang cepat dan praktis, Anda akan memperoleh modal dalam waktu lima hari kerja. P2P lending ini juga sudah berizin OJK, sehingga keamanannya akan dijamin.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru