Finansial

3 Jenis Tabungan Wajib untuk Hari Tua Ini Wajib Kamu Miliki!

Kabrina Rian Ferdiani-

15 May 2020

3 Jenis Tabungan Wajib untuk Hari Tua Ini Wajib Kamu Miliki!

Istilah tabungan hari tua mungkin sering terdengar, bahkan terasa semakin familier dari masa ke masa. Meskipun disebut demikian, bukan berarti tabungan tersebut disiapkan di masa tua. Justru, dimulai sejak muda sebagai jaminan atau simpanan ketika tua nanti. Apakah kamu pernah terpikir untuk menyiapkan jenis tabungan seperti ini dan mengetahui manfaatnya?


Baca juga: Kumpulkan Tabungan Pendidikan Anak dengan Langkah Cerdas ini


Manfaat Tabungan untuk Masa Tua

Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa tabungan untuk masa depan – terutama saat sudah tidak masuk dalam kategori usia produktif – tidak penting. Padahal, bila ditelisik, manfaat dari jenis tabungan ini sangat banyak di hari tua nanti :

Dapat Hidup Nyaman

Memiliki tabungan yang cukup ketika sudah tua nanti akan membantumu untuk dapat hidup nyaman tanpa kekhawatiran finansial. Kamu memiliki cukup dana segar untuk memenuhi kebutuhan pribadi, menyenangkan cucu dan hal-hal lainnya. Gaya hidup semacam ini juga baik untuk kesehatan mental karena membuatmu terhindar dari stres.

Tidak Bergantung

Tabungan hari tua sangat bisa diandalkan untuk menghindarkan dirimu dari ketergantungan pada sesuatu atau orang lain. Misalnya terhadap dana pensiun atau anggota keluarga yang lebih muda untuk dapat memenuhi kebutuhanmu. Selain tidak bisa diandalkan dari segi nominal, membebani orang lain juga acap menciptakan suasana yang tidak menyenangkan.

Terhindar dari Utang

Manfaat lain dari mempunyai tabungan khusus untuk hari tua adalah terhindar dari utang. Sebab, tidak ada alasan untukmu mengajukan pinjaman karena sudah memiliki sumber dana yang cukup tanpa bantuan orang lain. Berbeda jika kamu tidak memilikinya sedangkan pemasukan berkurang hingga tak ada sama sekali.


Tips Mempersiapkan Tabungan Masa Tua 

Penting bukan menyiapkan dana untuk hari tua nanti? Sayangnya, masih banyak kesalahan yang dilakukan dalam tahap persiapan ini. Pada akhirnya, membuat tabungan yang diharapkan tidak terkumpul sesuai target atau fungsionalnya berantakan. Lantas, bagaimana cara untuk mempersiapkan simpanan masa tua yang tepat?

  • Siapkan sedari dini – selagi usiamu masih produktif dan mampu mengumpulkan penghasilan sebanyak mungkin.
  • Lakukan secara rutin dengan menyisihkan sekian persen dari pendapatan bulananmu untuk tabungan hari tua.
  • Disiplin dalam menyimpan tanpa mengambilnya kembali hanya karena situasi terdesak.
  • Pilih model tabungan yang dapat menghasilkan profit jangka panjang sehingga jumlah simpanan juga terus meningkat.


Ragam Simpanan untuk Hari Tua yang Menguntungkan

Dewasa ini, jenis tabungan untuk masa tua yang ditawarkan semakin beragam. Masyarakat bebas memilih model simpanan mana yang dirasakan paling cocok dan bermanfaat. Namun, tentu tidak semua macam tabungan tersebut tepat guna jika digunakan untuk persiapan ketika sudah lanjut usia. Lantas, apa saja macam-macam tabungan yang paling sesuai?

Deposito

Deposito merupakan salah satu opsi terbaik sebagai simpanan di hari tua bila dibandingkan dengan rekening reguler. Mengapa demikian? Sebab, deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu sehingga terhindar dari kemungkinan ditarik sebelum jangka waktu sesuai perjanjian habis. Namun di sisi lain, memberikan profit berupa bunga yang tinggi selama periode tersebut.

Properti

Opsi kedua untuk menjadi tabungan ketika sudah berusia lanjut adalah properti. Selagi kamu memiliki penghasilan melimpah, tidak ada salahnya untuk mengalokasikannya dengan membeli sebanyak mungkin aset berupa tanah dan bangunan. Nilainya terus bertambah, selain itu dapat kamu tinggali sendiri, disewakan, maupun dijual dengan harga tinggi saat tua nanti.

Emas

Tabungan hari tua lainnya adalah logam mulia emas. Merupakan pengetahuan umum bahwa objek investasi legendaris ini memiliki stabilitas terbaik di antara lainnya. Nilainya menunjukkan tren yang stabil, bahkan cenderung menanjak. Selain itu, tidak ada kata kadaluwarsa untuk penyimpanannya karena tetap laku meski sudah disimpan puluhan tahun sekalipun.


Tabungan Investasi Emas Terbaik untuk Hari Tua

Jika kamu tertarik untuk memilih tabungan masa tua dalam berbentuk investasi emas, bukan berarti setiap kali menerima gaji harus berangkat membelinya. Selain tidak praktis karena boros waktu dan tenaga, juga tidak terlalu efisien untuk keuanganmu. Sebab, membeli perhiasan emas bisa jadi menghabiskan lebih dari ¼ penghasilanmu – apalagi dalam bentuk batangan.

Jika sudah seperti ini, mungkin simpananmu di hari tua banyak, tetapi kondisi finansial saat ini menjadi tidak sehat. Sekarang, sudah hadir alternatif investasi dalam bentuk tabungan emas yang 100% mengadopsi sistem menabung uang ke bank. Tinggal menyetorkan dana pada vendor untuk membeli sejumlah emas sesuai nilai yang berlaku saat itu.

Jumlah tabungan emas yang kamu miliki akan terus bertambah dari waktu ke waktu sesuai dengan frekwensi penyetoran yang kamu lakukan. Nantinya, dapat ditarik dalam bentuk emas antam batangan berikut sertifikatnya yang dikirim langsung ke alamatmu. Konsep menabung yang unik ini ditawarkan oleh IndoGold.


Opsi Menabung untuk Masa Tua Terbaik, Tabungan Emas IndoGold

IndoGold menawarkan sistem menabung emas secara daring, yaitu semua transaksi dilakukan tanpa tatap muka antara nasabah dengan vendor. Jika kamu tertarik untuk mencoba tabungan emas untuk hari tua nanti, tinggal mendaftar saja ke situs resmi IndoGold untuk menjadi anggota. Setelah itu dapat mengunduh aplikasinya untuk bertransaksi.

Sekilas memang sistem tersebut tampak mengkhawatirkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab IndoGold memenuhi beberapa kualifikasi berikut :

  • Resmi menjalankan bisnis di bidang investasi emas antam sejak 1978 sehingga pengalamannya tidak perlu diragukan.
  • Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjamin kredibilitas dan legalitas transaksinya.
  • Memiliki SIUP yang membuktikan profesionalitasnya.

Melalui aplikasi IndoGold yang dapat kamu unduh gratis, bukan hanya menyetor dana untuk menabung emas atau melakukan penarikan saja, tetapi kamu juga dapat melakukan trading. Praktis sekali, bukan? Tanpa harus pergi ke luar rumah, investasi berupa tabungan emas sudah berada dalam genggaman.

Memilih IndoGold untuk mewujudkan tabungan hari tua dalam bentuk logam mulia emas merupakan pilihan yang bijak. Kamu bisa mendapatkan banyak profit melalui penjualan atau  dapat menjadikannya sebagai simpanan jangka panjang. Pastikan menjalani hari tua yang nyaman dengan memiliki tabungan emas sebagai simpanan. 


Baca juga: Tips Investasi di P2P Lending Modal Rakyat untuk Pemula

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru