Finansial

3 Tips Atur Gaji Pas-Pasan Buat Milenial

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Apr 2020

3 Tips Atur Gaji Pas-Pasan Buat Milenial

Sering mendapati gaji habis gak bersisa sebelum akhir bulan? Hal ini kerap kali dikeluhkan oleh beberapa milenial bergaji pas-pasan.

Padahal kalau dikelola dengan baik, bukan tak mungkin kamu bisa memenuhi semua kebutuhanmu per bulan atau bahkan menyisakan sedikit untuk mulai berinvestasi.

Mengatur gaji yang minim memang bukanlah hal yang mudah. Kedisiplinan menjadi kunci penting mengatur keuangan di situasi tersebut.

Beberapa tips berikut bisa kamu coba untuk mengelola gaji pas-pasan.


Baca juga: 5 Pertanda Ini Menunjukkan Investasimu Gagal, Hentikan Segera!


1. Buat Skala Prioritas

Hal pertama yang perlu dilakukan saat memiliki gaji kecil adalah membuat anggaran pengeluaran berdasarkan skala prioritas.  

Tulis semua kebutuhan secara berurutan mulai dari yang paling penting seperti kebutuhan pokok dan cicilan. Dari daftar itu tentukan kebutuhan dan cicilan yang perlu dibeli atau dilunasi lebih dulu.  


2. Buat Rencana Keuangan

Rencana keuangan membantu mengontrol pengeluaran tiap bulan. Anggara ini berguna untuk mengendalikan diri untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal di luar batas yang telah ditentukan.

Buatlah rencana anggaran tersebut setiap bulan menggunakan rumus 50: 30: 20. Gunakan 50 persen pendapatan untuk membeli kebutuhan pokok dan membayar cicilan. Sisihkan 30 persen lainnya untuk dana darurat dan sisanya untuk kebutuhan ‘hiburan’.


3.  Pembagian Rekening

Memiliki rekening lebih dari satu bisa memudahkan proses alokasi dana. Nah buat yang gajinya pas-pasan, kamu hanya perlu memiliki dua rekening, satu untuk menyimpan dan dana darurat dan rekening lainnya untuk membeli kebutuhan pokok dan membayar cicilan.

Kamu juga bisa  menggunakan dompet digital untuk menyimpan dana untuk kebutuhan entertainment seperti nonton, hangout bareng temen atau sekadar membeli sesuatu yang kamu inginkan.


Baca juga: 9 Alasan untuk Mulai Menabung

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru