Finansial

Inilah 3 Tips Investasi Emas Langsung di Pegadaian

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jan 2021

Inilah 3 Tips Investasi Emas Langsung di Pegadaian

Sekarang ini banyak orang mencoba melakukan investasi emas di pegadaian secara langsung karena mereka mengira dengan melakukannya bisa memberikan keuntungan.

Berinvestasi sendiri merupakan cara menaruh uang melalui instrumen tertentu agar investor mendapat keuntungan dari bisnis yang dipilihnya tersebut.

Beruntungnya sekarang ini instrumen untuk berinvestasi itu semakin banyak pilihannya. Ada yang berbentuk surat berharga dan fisik.

Baca juga: Mau Investasi Emas? Begini Tips Membelinya

Emas termasuk bentuk instrumen penanaman modal secara fisik dan memiliki kelebihan tersendiri. Umumnya beberapa orang sering memilihnya agar dananya tetap aman.

Bentuk investasi emas di pegadaian umumnya termasuk penanaman modal berbentuk fisik sehingga ada fasilitas yang ditawarkan oleh mereka saat ada yang membelinya.

Melihat hal tersebut tidak heran bila banyak orang menyukainya karena dianggap lebih aman, praktis, dan manfaatnya banyak.

Meski ada juga yang merasa bahwa penanaman modal berbentuk fisik itu cukup beresiko sekali. Resikonya bermacam-macam, misalnya saja hilang dan dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu sebaiknya simak tips di bawah ini agar lancar saat berinvestasi di pegadaian.


Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Investasi Emas Batangan


Pentingnya Mengenal Jenis Investasi Emas di Pegadaian

Sebelum berinvestasi logam mulia pada salah satu BUMN berstatus PT seperti pegadaian, sebaiknya pahami dulu macam-macam produknya. Sehingga Anda bisa berinvestasi sesuai kebutuhan. Untuk itu bila sebelumnya Anda mungkin hanya mengenal pegadaian sebagai tempat untuk kegiatan pinjam meminjam uang, maka berikut kami perkenalkan produknya!

  1. Produk investasi emas batangan (mulia). Pegadaian umumnya menawarkan logam mulia berbentuk batangan dengan berat bervariasi mulai dari 5gr sampai dengan 1 kg. Dengan adanya produk inilah investor bisa melihat fisiknya secara langsung. Lebih menariknya lagi adalah ternyata fiturnya meliputi kredit, tunai, dan kolektif sharing modal.
  2. Produk tabungan emas mulai Rp5 ribu. Untuk varian yang satu ini cukup menarik karena bila umumnya Anda mungkin hanya mengenal bentuk tabungan berupa uang tunai, maka sekarang sudah ada lagi penanaman modal berupa gram logam mulia. Anda bisa memulainya dari Rp5 ribu saja sehingga ringan.
  3. Ada juga bentuk investasi emas berupa layanan titip jual. Produk ini cocok sekali untuk mereka yang memiliki emas batangan fisik kemudian dijadikan sebagai uang tunai. Jadi emasnya nanti dititipkan ke pegadaian, selanjutnya saat ada yang ingin membelinya secara tunai, maka investor mendapat keuntungan dari situ.

Jadi bila Anda memilih produk tersebut, maka keuntungannya baru bisa dirasakan bila ada seseorang yang membelinya. Selain itu perlu diketahui juga bila dalam kegiatan konsinyasi ini umumnya dilengkapi dengan akad pada beberapa jangka waktu tertentu.


Baca juga: Alasan Investasi Emas Tidak Pernah Mati dan Terus Diminati


Keuntungan Melakukan Investasi Emas di Pegadaian

Sebenarnya apa saja bentuk investasinya, semuanya memiliki kelebihan tersendiri. Maka dari itu bila Anda ingin mencoba berinvestasi logam mulia di pegadaian namun masih ragu atau takut mengalami kerugian, jangan cemas! Karena di bawah ini akan kami sebutkan keuntungan investasi emas di pegadaian, antara lain:

  1. Seperti yang diketahui bahwa pegadaian termasuk BUMN sehingga tingkat kepercayaannya benar-benar terjamin. Setiap investor akan merasa aman bila memilihnya karena memiliki legalitas yang terjamin dari pemerintah. Itulah kenapa bila Anda mencari perusahaan yang kredibilitasnya terjamin, maka disinilah tempatnya.
  2. Melakukan investasi emas di pegadaian akan membuat investornya merasa aman dan terbebas dari tindakan penipuan yang sedang marak saat ini. Perlu diingat bila sekarang ini banyak sekali aksi penipuan yang melanggar hukum dimana-mana. Maka dari itu pegadaian hadir untuk menjamin keamanan dalam melakukan penanaman modal.
  3. Ketika seorang investor melakukan pembelian logam mulia secara kredit, maka pegadaian secara penuh akan menjamin keamanan investornya sampai batas angsurannya berakhir. Sehingga emas yang diinvestasikan bisa diterima secara resmi oleh pihak investor seperti harapan mereka.
  4. Saat investasi emas di pegadaian, maka ketika investor membutuhkan dana cepat, maka logam mulia ini dapat digadaikan kembali disini. Menariknya lagi adalah investor akan mendapatkan jumlah pinjaman senilai angsuran yang sudah dibayar oleh investornya tersebut. Jadi metodenya menggunakan win-win dan saling menguntungkan antara kedua pihak.


Baca juga: Tips Investasi Emas Antam, Pemula Harus Baca


Hal Penting sebelum Melakukan Investasi di Pegadaian

Sebelum melakukan investasi dengan logam mulia, sebaiknya pahami dulu bagaimana seluk beluk yang ada didalamnya. Anda juga harus bisa melihat dari segi kurs penjualan dan pembeliannya dulu ketika memilih produk tabungan emas yang berasal dari pegadaian. Nilai kurs sendiri juga bisa bermacam-macam, terkadang menguntungkan dan terkadang juga malah bisa merugikan.

Bila harga emas sedang murah, maka melakukan pembelian atau menabung di masa itu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi investornya. Namun bila Anda melakukan investasi emas berbentuk tabungan di saat harganya naik, otomatis nilai yang didapat menjadi kecil tidak sesuai ekspektasi.

Tidak hanya itu saja, pastikan Anda harus memahami segala bentuk biaya tambahan atau administrasi yang dibebankan oleh pihak investor pegadaian. Umumnya bila Anda ingin mencetaknya dalam bentuk fisik, maka biayanya juga besar. Sehingga investor harus memperhatikan bagian ini agar tidak merasa dirugikan.

Namun meski begitu apa saja jenis investasinya, setiap orang harus lebih jeli dalam memprediksi dan mengamati pergerakan instrumennya dengan baik. Kejelian ini perlu dilakukan karena harga logam mulia tidak selalu sama setiap waktu. Sehingga dibutuhkan waktu untuk mengamati pergerakan harganya.

Dengan melakukan pengamatan, maka pihak investor tahu kapan waktu terbaik membeli logam mulia dan menjualnya kembali di pegadaian. Karena tidak dapat dipungkiri bila ternyata masih banyak orang belum paham tentang hal ini. Padahal setidaknya dengan cara ini akan membuat mereka diuntungkan saat melakukan investasi emas.


Baca juga: Cermat Mengenal Investasi Jangka Panjang

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru