Bisnis

Gaya Hidup

4 Cara Menangani dan Mengatasi Rasa Takut akan Penolakan

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Jul 2020

4 Cara Menangani dan Mengatasi Rasa Takut akan Penolakan

Secara evolusi, kita tidak dimaksudkan untuk hidup dalam keterasingan. Di dalam, masing-masing dari kita memiliki ketakutan bawaan untuk tidak diterima atau kontribusi kita dijauhi oleh komunitas kita merasakan resonansi terkuat untuk melayani.

Sebagai pemilik bisnis dan pengusaha, sengatan penolakan dapat menembus seperti belati ke hati. Mungkin sangat sulit untuk tidak menerima penolakan secara pribadi. Adalah ide kami, darah kami dan keringat serta air mata kami yang ditunjukkan di pintu keluar.

Saat Anda belajar merangkul dan mempraktikkan strategi tertentu, Anda tidak akan lagi takut atau berusaha menghindari penolakan. Anda mungkin benar-benar menantikannya.

Berikut empat cara untuk menangani dan mengatasi rasa takut akan penolakan.


Baca juga: Keuntungan Bisnis Sampingan: Lebih Mapan dan Terjamin


Akui dan siapkan untuk penolakan

Mengatasi penolakan sebenarnya terjadi karena menerima emosi yang menyertainya. Tidak apa-apa untuk merasa marah dan frustasi. Berat emosional dan mental yang Anda rasakan sama validnya dengan rasa sakit fisik apa pun. Dalam jangka panjang, lebih tepat dan sehat - secara emosional, mental, dan fisik - jika  Anda membiarkan diri Anda merasakannya.

Selalu memiliki protokol pemrosesan penolakan. Berdialoglah dengan orang-orang yang mendukung pribadi Anda dan profesional yang dapat berempati juga menghargai pengalaman Anda tanpa menghakimi atau mengkritik. Pengakuan utama atas dampak emosional dan mentalnya terhadap Anda sangat penting.

Seiring waktu, periksalah serangkaian kemungkinan reaksi yang Anda miliki ketika peluang penolakan membuka kepala yang tidak menarik. Ketahuilah hal ini tentang diri Anda. Mampu memprediksi tanggapan Anda sendiri dan juga membangun pandangan ke depan bahwa penolakan mungkin juga sangat mengurangi pukulan. Anda akan merasakan kontrol yang lebih besar mengetahui apa yang mungkin ada di depan dan mengetahui Anda memiliki proses untuk menanganinya.


Temukan berkah di setiap pengalaman penolakan

Akan selalu ada pelanggan yang tidak menyukai layanan atau produk kita. Sementara hal ini mendorong kita untuk melakukan tinjauan perbandingan sistem, proses, produk, dan kualitas layanan, sisihkan hal itu sejenak. Kita sering tidak dapat melihatnya saat itu, tetapi dalam banyak kasus, penolakan adalah berkah tersembunyi.

Dalam hal ini, pahami bahwa bisnis pesaing Anda sebenarnya melengkapi bisnis Anda. Sekalipun Anda memberikan layanan yang hampir sama persis dengan tetangga Anda, ingatlah bahwa Anda adalah mereknya dan tidak ada orang lain yang dapat menyalin Anda atau alasan Anda untuk berbisnis. Pelanggan itu cerdas. Anda mungkin juga secara tak terduga mengesankan dan mengejutkan para pelanggan yang memperlakukan Anda secara tidak profesional.


Setelah menerima penolakan, berusahalah untuk memiliki mindset yang berkembang

Steve Jobs ditolak dan dipecat dari perusahaannya sendiri, Apple, pada tahun 1985. Setelah membeli Pixar Animation Studios dari Lucasfilm pada tahun 1986, ia kemudian menghasilkan miliar dolar pertamanya. Saat ini, Pixar adalah studio animasi paling sukses dari jenisnya. Bukan comeback yang buruk, beberapa mungkin mengatakan.

Pusaran emosi yang tidak menyenangkan yang kita alami dalam penolakan sering kali merupakan katalisator yang hebat untuk meregangkan pikiran kita secara lateral ke dimensi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pada awalnya Anda mungkin meragukan diri sendiri, mempertanyakan kompetensi dan harga diri Anda, tetapi setelah melewati badai, aktifkan pola pikir pertumbuhan Anda dan mulailah mengajukan pertanyaan.

Apa yang bisa saya lakukan secara berbeda? Apa yang saya temukan tentang diri saya? Perubahan apa yang dapat saya lakukan dalam bisnis saya? Bisakah saya menangani percakapan penutup dengan lebih baik? Apa yang akan saya lakukan berbeda kali? Apalagi yang mungkin?

Jangan pernah berhenti “menjilati luka” Anda hanya untuk kembali ke status quo. Jangan pernah.

Pasca penolakan selalu dibangun dalam tinjauan strategis tidak hanya sebagai individu tetapi dengan pelatih atau konsultan bisnis yang relevan. Sama seperti Steve Jobs, Anda bisa berada di puncak penemuan yang akan mengubah bisnis dan kehidupan Anda selamanya.


Ubah definisi penolakan Anda

Kita sering menganggap penolakan adalah tanda ada sesuatu yang salah dengan kita. Para pemula dan solopreneur sangat rentan terhadap penolakan. Mereka berpikir berarti mereka tidak cukup baik. Meskipun ini mungkin beresonansi dengan Anda, itu tidak berarti pemikiran Anda akurat.

Undanglah diri Anda sendiri untuk mempertimbangkan, Apakah kesimpulan saya tentang diri saya benar atau apakah rasa sakit itu yang berbicara? Apakah itu sangat menyakitkan karena saya sangat ingin diterima dan divalidasi? Apakah layanan atau produk saya tidak di bawah standar tetapi tidak cocok untuk pelanggan itu?

Secara sadar berlatih berpikir lebih banyak tentang konsekuensi positif dari penolakan Anda. Peluang apa yang sekarang bisa Anda lihat yang bersembunyi di balik awan status quo? Penolakan bisa, sebenarnya, menjadi penyingkapan kemungkinan-kemungkinan baru.


Baca juga: Redenominasi: Apa Tujuan dan Risikonya?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru