Finansial

4 Jenis Investasi Yang Aman & Menguntungkan

Ari Panjaitan-

19 Sep 2018

4 Jenis Investasi Yang Aman & Menguntungkan
Bagi Anda yang sudah sadar investasi pasti mencari instrumen-instrumen investasi yang aman dan juga menguntungkan. Bagi sebagian orang kata investasi hanya diasosiasikan dengan saham namun ada banyak sekali investasi yang bisa kita lakukan selain dari saham. Berikut adalah 4 contoh investasi yang aman dan juga sangat menguntungkan:

  • Deposito
Ini adalah investasi yang paling umum dan suka ditawarkan oleh Bank-bank konvensional kepada nasabahnya. Deposito yang paling populer adalah deposito berjangka. Deposito ini mempunyai jangka waktu yang sudah ditetapkan untuk masa investasinya. Biasanya mulai dari 3, 6, 12, dan 24 bulan. Investasi di deposito lebih minim risiko namun oleh hal tersebut bunga investasi di deposito termasuk rendah. Bunga deposito biasanya berkisar dari 3% - 7%. Berikut adalah rumus menghitung bunga deposito:



Pokok Investasi: Rp10.000.000
Return: 3.10%
Tenor: 180 hari
Pajak: 20% 

Besar Bunga = (Rp10.000.000 x 3,10% x 180 hari) : 366 hari = Rp152.459
Potongan Pajak = Rp152.459 x 20% = Rp30.491
Bunga yang diterima = Rp152.459 – 30.491 = Rp121.968


  • Obligasi
Obligasi, yang juga biasa disebut surat utang, merupakan salah satu alternatif investasi yang bisa kita lakukan. Obligasi biasanya diterbitkan oleh pemerintah pusat maupun daerah atau perusahaan. Bunga pada obligasi sangat beragam namun biasanya berkisar antara 7% - 11%. Bunga ini lebih tinggi dibandingkan dengan deposito, sehingga terkadang menjadi pilihan investasi yang banyak diminati. Salah satu keuntungan lain dari obligasi adalah kita dapat menjualnya di pasar sekunder, sehingga investor tidak perlu menunggu sampai jatuh tempo terlebih dahulu untuk mendapatkan uang hasil investasinya kembali.
 
  • Reksadana
Singkatnya reksa dana adalah penghimpunan dana dari masyarakat yang diinvestasikan ke bursa efek melalui manajer investasi. Reksadana merupakan investasi yang banyak disukai karena dikelola oleh manajamen investasi yang profesional, memiliki akses yang cukup mudah, dan biaya yang sangat terjangkau. Terdapat berbagai macam jenis reksadana, yaitu reksadana pasar uang, reksadana dana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, reksadana terproteksi, reksadana indeks, dan ETF (Exchange Traded Fund).
Namun diantara keuntungan-keuntungan yang ada terdapat beberapa risiko yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
Menurunnya Nilai Aktiva Bersih
Hal ini disebabkan oleh menurunnya harga saham, surat berharga, dan obiligasi yang terdapat dalam portofolio suatu reksa dana.
Tidak Terlalu Likuid
Manajer investasi akan kesulitan dalam mencairkan dana dalam waktu singkat.

  • Peer-To-Peer Lending
Ini merukapan cara investasi baru yang sedang berkembang. Secara sederhana Peer-to-Peer Lending, adalah platform yang menghubungkan antara investor dan peminjam modal. Platform ini sangat mudah karena semua hal dilaksanakan secara online. Investasi di platform ini juga sangat menguntungkan karena bunga yang kitaa dapat akan lebih tinggi daripada bunga deposito, obligasi, dan reksadana. Biasanya bunga yang dikenakan mencapai 15%. Untuk masalah keamanan, peer-to-peer lending biasanya menggunakan jaminan dari peminjam berupa invoice, bilyet cek.giro, atau asuransi.

Modal Rakyat merupakan salah satu platform peer-to-peer lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Walaupun termasuk baru namun Modal Rakyat mempunyai sistem keamanan bagi investor yang cukup mumpuni, yaitu: terdapat jaminan yang diberikan oleh peminjam dan Modal Rakyat pun telah menjalin kerjasama dengan konsultan manajemen utang yang terpercaya yang akan membantu peminjam yang mengalami kredit macet.

Ayo segera daftar sekarang dan dapatkan cashback Rp100,000.- untuk setiap investasi pertama Anda!
Artikel Terkait
image image
Artikel Baru