Finansial

5 Alasan Bisnis Bitcoin Mining Lebih Menguntungkan Ketimbang Bisnis Konvensional

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Oct 2019

5 Alasan Bisnis Bitcoin Mining Lebih Menguntungkan Ketimbang Bisnis Konvensional

Perkembangan teknologi mendorong berbagai macam inovasi yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam dunia Internet atau virtual, di mana bermunculan cryptocurrency sebagai instrumen keuangan virtual.


Bitcoin diciptakan sebagai uang virtual yang nilainya fluktuatif mengikuti perkembangan pasar dan demand akan uang virtual tersebut. Ada beberapa alasan yang menjelaskan kenapa bisnis bitcoin mining terbilang lebih menguntungkan daripada berbagai bisnis konvensional di era sekarang.


Meskipun tergolong instrumen virtual, bitcoin terbilang memiliki prospek ke depan yang baik. Ini karena faktor pendukung terbesarnya yakni perkembangan teknologi akan berjalan semakin maju. Percepatan pertumbuhan teknologi juga memaksa manusia untuk lebih menggunakan transaksi virtual daripada yang konvensional.


Sistem kartu kredit dan debit beberapa puluh tahun yang lalu tergolong suatu instrumen yang dianggap asing oleh sebagian besar masyarakat yang notabene menggunakan uang secara tunai. Perkembangan teknologi inilah yang akan menggeser berbagai kebiasaan manusia, tidak terkecuali dalam penggunaan uang virtual seperti bitcoin yang mungkin akan menjadi lebih familiar hanya dalam beberapa dekade tahun ke depan.


Baca Juga: 5 Manfaat Investasi Saham yang Bisa Kamu Dapatkan



Apa yang Dimaksud Bisnis Bitcoin Mining


Bisnis bitcoin mining atau yang disebut penambangan bitcoin merupakan cara memperoleh bitcoin, kenapa disebut mining atau penambangan? Ini karena bitcoin merupakan instrumen uang virtual yang digunakan di seluruh dunia dan secara otomatis akan merekam data transaksi dan nilai bitcoin itu sendiri dalam setiap perputaran transaksinya. Proses memperoleh bitcoin ini kemudian disebut bitcoin mining


Pengguna yang merupakan orang-orang dengan akses internet dan komputer kemudian disebut miners atau penambang. Komputer dengan data transaksi inilah yang lebih spesifiknya disebut sebagai miners.


Karena bitcoin merupakan uang virtual yang digunakan secara global, nilainya-pun akan relatif tergantung konversi yang digunakan dalam data miners. Namun, jika dikonversikan kedalam Rupiah, nilai transaksi dalam bitcoin bisa memberikan lebih banyak keuntungan dari yang sudah dispekulasikan. 


Banyak yang setuju bitcoin merupakan aset yang cukup menguntungkan meskipun bitcoin tergolong aset dengan pasokan terbatas; yakni dua puluh satu juta koin di seluruh dunia. Melalui rekam jejak yang sudah tersedia semenjak pertama dirilis, bitcoin terbukti memiliki nilai fluktuatif yang sangat tinggi daripada emas.


Harga bitcoin yang saat ini sudah sangat tinggi tidak menutup kemungkinan untuk berinvestasi di dalamnya didukung dengan berbagai kemudahan proses terlebih lagi tanpa biaya transaksi seperti halnya instrumen investasi lainnya. Selain itu, keuntungan fluktuatif besar juga pasti memiliki efek samping resiko. 


Selama permintaan bitcoin tetap tinggi di pasar, maka pertumbuhan nilai fluktuatifnya bisa dijaga untuk selalu ada di tren positif dan sebaliknya apabila permintaan dan miners mulai menurun. Sejauh ini bitcoin selalu dibandingkan dengan nilai investasi emas dan instrumen lainnya. Namun bitcoin tergolong sebagai pendatang yang cukup unggul dengan kekuatan fluktuatifnya yang mampu dengan cepat memberikan keuntungan bagi para bitcoin mining.


Perbandingan Keuntungan Bisnis Bitcoin Mining dan Bisnis Konvensional


Adapun lima alasan utama kenapa bisnis bitcoin mining lebih menguntungkan dibandingkan bisnis konvensional. Pertama, bitcoin mining merupakan cryptocurrency global yang berlaku untuk di seluruh dunia. Jejak data transaksi dalam bitcoin secara otomatis akan menguntungkan apabila dikonversikan kedalam Rupiah. Sedangkan bisnis konvensional akan membutuhkan nilai investasi yang lebih besar apabila ingin memiliki aset investasi berskala global. Untuk menjadi bitcoin mining selain mudah transaksi awal juga tidak harus besar namun keuntungan bisa dikembangkan dengan sangat pesat karena faktor history data transaksi dalam bitcoin yang bekerja secara global.


Yang kedua, bitcoin memiliki tren pasar positif yang cukup kuat. Berita dan kegiatan global yang signifikan sangat mudah mempengaruhi nilai bitcoin. Secara garis besar karena jumlah peminatnya yang banyak membantu fluktuasi nilai bitcoin yang signifikan dan bitcoin sudah membuktikan banyak tren pertumbuhan nilai aset yang positif. 


Bitcoin mining dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif aset yang terbilang sangat menguntungkan dan cukup aman jika dibandingkan dengan bentuk investasi dan aset konvensional. Meskipun instrumen virtual namun keamanan nilai transaksi bisa terjamin selama pengguna selalu berhati-hati dan teliti dalam data verifikasi.


Faktor ketiga yang mendukung  bisnis bitcoin mining lebih menguntungkan daripada bisnis konvensional apapun adalah teknologi blockchain yang sangat memudahkan aktivitas ke luar negeri. Blockchain akan sangat membantu pengguna mengatur dan menggunakan kas mereka saat sedang berpergian ke luar negeri tanpa perlu melibatkan pihak lainnya. 


Secara umum bisnis konvensional belum ada yang mendukung fitur global seperti dan semudah bitcoin. Tidak heran jika pengguna bitcoin semakin bertambah setiap tahunnya. Teknologi dalam bitcoin juga mempermudah proses pemindahan tangan, meskipun tergolong fluktuatif paling tidak bitcoin memiliki kecenderungan memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan emas atau bisnis konvensional lainnya.


Alasan keempat, bitcoin mining tergolong lebih menguntungkan telah dibuktikan dengan masuknya bitcoin ke dalam komoditas aset virtual yang ditanggung oleh Kementerian Perdagangan. Bitcoin tergolong aset yang harganya sangat fluktuatif dan mudah berubah sehingga cukup menarik minat investor untuk berdagang dan berinvestasi ke dalam bitcoin. Miners bisa membeli bitcoin dengan harga yang sekarang masih relatif turun kemudian menjualnya saat harga melambung naik. Dengan analisa fundamental investasi yang baik miners bisa meraup keuntungan bahkan dua kali lipat dari modal awal dalam satu bulan transaksi. Hal tersebut cukup menjanjikan dan tidak bisa dijamin bisnis konvensional lainnya mampu mengakumulasikan kisar keuntungan yang sama baiknya dengan aset bitcoin. 


Dan yang kelima, bitcoin memiliki tren pertumbuhan yang positif. Tercatat sejak awal dirilis, bitcoin sudah mengalami fluktuasi peningkatan nilai yang bahkan lima kali lebih besar dari fluktuasi emas. 


Meskipun merupakan aset terbatas, bitcoin diprediksi akan tetap eksis untuk beberapa dekade ke depan masih dengan trend fluktuatif mengikuti jumlah permintaan dan nilai pembelian dari investor. Kemudahan akses dan teknologinya memungkinkan eksistensi bitcoin yang lebih lama lagi karena seiring waktu manusia akan lebih memilih segala hal yang mendukung berbagai kemudahan. Untuk saat ini, bitcoin dapat dijadikan sebagai investasi alternatif yang cukup menguntungkan.


Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui dari Bisnis Bitcoin

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru