Gaya Hidup

5 Cara Sehat untuk Menangani Pikiran Negatif

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Apr 2020

5 Cara Sehat untuk Menangani Pikiran Negatif

Manusia memiliki antara 40.000-80.000 pikiran setiap hari. Ribuan pikiran negatif mencegah Anda untuk menikmati pengalaman hidup, menghabiskan energi, dan mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada apa yang penting dalam hidup.

Hal tersebut harus berhenti dan satu-satunya orang yang bisa melakukan ini adalah diri Anda sendiri. Simaklah uraian berikut ini untuk mengetahui faktor penyebab dan bagaimana mengatasi pikiran negatif.


Baca juga: 5 Cara Untuk Menjaga Pola Pikir Positif


Apa Penyebab Pikiran Negatif Anda?

Cari tahu apa penyebab Anda selalu memikirkan hal-hal yang negatif. Jika Anda dapat menemukan jawaban mengapa Anda terus-menerus memiliki begitu banyak pikiran negatif, maka Anda akan selangkah lebih dekat untuk mengelola dampak yang lebih baik dari pemikiran negatif terhadap hidup Anda.

Kondisi Kesehatan Mental

Berpikir negatif memiliki banyak penyebab berbeda dan penyebab ini dapat berbeda untuk setiap orang.

Terdapat beberapa gangguan mental yang bisa menyebabkan pikiran negatif. Misalnya Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), depresi, atau Anxiety Disorder.

Kontemplasi

Memiliki pikiran negatif memang normal bagi manusia. Namun, bahayanya bagi kita adalah ketika kita terus-menerus memikirkan hal-hal negatif ini dalam benak kita.

Kesehatan mental kita dapat terganggu jika terus menerus merenungkan hal-hal negatif. Kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan depresi dan memperpanjang masa kesedihan. Selalu merenung tidak baik karena bisa menghambat kemampuan manusia untuk memproses emosi yang dirasakan.

Efek Kortisol

Kortisol adalah hormon, yang terutama dilepaskan pada saat stres dan memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh kita. Memiliki keseimbangan kortisol yang tepat sangat penting untuk kesehatan manusia dan Anda dapat memiliki masalah jika kelenjar adrenalin Anda melepaskan terlalu banyak atau terlalu sedikit kortisol.

Otak kita menyukai Kortisol karena ada di sana untuk memperingatkan kita tentang bahaya yang akan terjadi dan itu bisa sangat membantu. Masalahnya adalah ketika kita terus-menerus menempatkan tubuh dan pikiran kita dalam situasi stres tinggi dan pemikiran negatif, kortisol mulai membebani. Otak kita mulai mengembangkan pola pemikiran negatif dan kita mulai menormalkan pola pikir kita.

Kita melatih otak kita untuk berpikir bahwa kita tidak lagi berada dalam bahaya - ini adalah normal baru kita tetapi kadar kortisol kita menjadi sangat tinggi. Tubuh dari waktu ke waktu akan mulai menunjukkan tanda-tanda keausan - serangan jantung, depresi, kecemasan, penyakit mental, dan daftarnya terus berlanjut.

Jika Anda tidak mengendalikan pikiran negatif, pada akhirnya Anda harus berurusan dengan masalah kesehatan yang serius.


Belum Melepas Rasa Sesal dan Takut

Martin Seligman seorang psikolog, pendidik, dan penulis buku asal Amerika. Ia merupakan motivator dan promotor komunitas ilmiah.

Seligman membagikan teori-teorinya tentang psikologi positif dan kesejahteraan. Dia mengatakan bahwa tiga penyebab utama pikiran negatif bagi kebanyakan orang:

Ketakutan akan Masa Depan - orang dapat takut akan hal yang tidak diketahui dan sebagai akibatnya, mereka mulai berpikir bahwa hal terburuk dapat terjadi - seperti kegagalan dan bencana. Masa depan belum terjadi dan orang-orang yang takut akan teralihkan perhatiannya untuk hidup di masa sekarang, di situlah mereka memiliki kendali lebih besar atas cara mereka menjalani kehidupan.

Kecemasan tentang Masa Kini - banyak dari kita, khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain tentang kita, seperti apa lalu lintas pulang atau jika kita melakukan pekerjaan dengan baik. Jika kita berada di lingkungan atau dalam hubungan yang beracun, kita lebih rentan terhadap pikiran negatif.

Menyesal tentang Masa Lalu - setiap orang melakukan hal-hal yang membuat mereka malu. Orang-orang yang cenderung berpikir negatif cenderung memikirkan kesalahan dan kegagalan masa lalu lebih dari yang lain.

Tidak peduli apa yang menyebabkan pikiran negatif Anda, Anda dapat mengelolanya dengan beberapa strategi. Mulailah berurusan dengan pemikiran negatif Anda segera setelah Anda menyadari bahwa pemikiran negatif akan menjadi masalah besar dalam hidup Anda.


5 Langkah Untuk Mengelola Pemikiran Negatif Anda

Anda perlu mempelajari strategi tentang bagaimana mengelola pemikiran negatif Anda. Dengan begitu, Anda memiliki kendali atas bagaimana Anda ingin menjalani hidup Anda dan tidak menyerahkan kendali pada pikiran negatif Anda.

1. Menangkal Pikiran Buruk

Strategi untuk menerapkan ini membutuhkan waktu dan latihan. Tentu menghilangkan pikiran negatif perlu proses yang tidak sebentar. Jadi bersiaplah dan berkomitmen untuk mempraktikkan strategi ini setiap hari.

Strategi ini adalah tentang mengajari diri sendiri bagaimana cara menangkal pikiran negatif Anda. Ada 5 pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri baik di kepala Anda:

  • Benarkah pikiran negatif dalam kepala Anda? Apakah ada dasar untuk kepercayaan negatif ini?
  • Apakah pikiran ini memberikan kekuatan Anda atau mengambil kekuatan Anda
  • Bisakah Anda memberikan putaran positif pada pemikiran ini atau belajar darinya?
  • Bagaimana jadinya jika Anda tidak memiliki pikiran negatif ini?
  • Apakah pikiran negatif ini menyembunyikan Anda dari masalah yang perlu Anda atasi?

2. Alihkan Pikiran Buruk dengan Memikirkan dan Fokus pada Hal Lain

Coba bayangkan diri Anda melakukan kegiatan yang Anda sukai - misalnya berbelanja, membaca buku, atau mendengarkan musik. Kuncinya adalah melatih otak Anda untuk memikirkan sesuatu yang sangat berbeda setidaknya selama 30 detik.

Disiplin dalam mencoba teknik ini. Seiring waktu, Anda akan melatih otak Anda untuk pergi ke arah yang berbeda setiap kali pikiran negatif Anda muncul.

3. Bersihkan Pikiran Negatif dari Pikiran

Cobalah untuk membuang pikiran negatif dengan melakukan secara simbolik. Anda bisa mencoba untuk menulis pikiran-pikiran buruk dalam kepala dalam selembar kertas. Kemudian, remaslah kertas itu dan buanglah ke tempat sampah.

Pada saat yang sama, Anda mengatakan atau berteriak keras selamat tinggal pada ketakutan, penyesalan, dan pikiran negatif Anda!

Kegiatan ini menjadi perwujudan secara fisik membuang hal-hal negatif yang bersemayam dalam kepala Anda.

4. Kelilingi Diri Anda Dengan Orang Positif

Orang-orang yang Anda habiskan bersama Anda memiliki pengaruh besar pada bagaimana Anda menjalani hidup Anda.

Jika Anda ingin mengelola pikiran negatif Anda dengan lebih baik, maka habiskan waktu dengan seorang teman yang memiliki energi positif, pandangan hidup yang positif, dan bersedia mendengarkan Anda berbagi pikiran dan perasaan Anda

5. Kekuatan Berpikir Positif

Pikiran kita memiliki kemampuan luar biasa ini untuk meyakinkan kita tentang sesuatu yang tidak benar. Pikiran yang tidak benar dan tidak akurat ini memperkuat pemikiran negatif kita.

Lain kali Anda berpikir bahwa Anda harus disalahkan atas segala sesuatu yang salah - hentikan. Apa yang Anda lakukan adalah mengasumsikan dan mempersonalisasikan pikiran Anda dan memperkuatnya dengan pemikiran negatif.

Luangkan waktu beberapa menit untuk mengakui hal-hal besar yang Anda lakukan, tulis, dan ucapkan hal-hal indah ini kepada Anda.


Baca juga: Tips Tetap Fokus WFH untuk Anda yang Memiliki Anak

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru