Finansial

Bisnis

5 Instrumen Investasi Terbaik yang Cocok Untuk Milenial

Paskalia-

08 Aug 2019

5 Instrumen Investasi Terbaik yang Cocok Untuk Milenial

Sebagai milenial, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui 5 instrumen investasi yang menguntungkan. Masa muda tentu masa yang paling produktif yang harus dimanfaatkan dengan baik. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengumpulkan dana yang akan berguna di masa depan. Daripada Anda menghabiskannya untuk gaya saja.

Namun, anak muda zaman sekarang kurang memperhatikan masa depan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa saja Anda akan kesulitan ekonomi di masa tua. Untuk itu berinvestasi sedini mungkin adalah langkah yang tepat. Sudah terbukti bahwa investasi memiliki banyak keuntungan untuk masa depan yang cerah.

Ada beberapa 5 instrumen investasi terbaik yang bisa Anda pilih. Simaklah informasinya di bawah ini.


Baca juga: Investasi Reksa Dana Itu Menguntungkan, Ini Pengertian dan Jenisnya!


1. Emas 

Barang yang harganya tidak akan turun dan justru naik adalah emas. Ini adalah instrumen investasi yang terbaik dan bisa menguntungkan untuk di masa mendatang. Hal tersebut yang membuat masyarakat luas memilih berinvestasi emas. 

Saat ini terdapat juga program cicilan emas yang disediakan oleh berbagai lembaga. Anda bisa mengambil cicilan dalam jangka waktu tertentu untuk bisa mendapatkan emas yang diinginkan.

Anda juga sangat boleh berinvestasi emas berupa perhiasan. Namun, perlu diingat nilai dari perhiasan yang dipakai itu lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan. 

Ketika perhiasan dijual kembali, biasanya akan dipotong dengan biaya model dan lain sebagainya. Namun, jika berinvestasi dengan emas batangan, nilainya bisa semakin naik ketika dijual di waktu yang tepat.


2. Saham 

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang instrumen investasi bernama saham. Jenis investasi ini memiliki daya tarik tersendiri karena menawarkan keuntungan yang sangat tinggi. 

Anda hanya perlu cermat memilih emiten mana yang memiliki saham potensial dan bisa menguntungkan di masa depan. Jika Anda memilih saham yang bagus, Anda bisa mendapatkan keuntungan secara signifikan.

Sebelum membeli saham, Anda harus menguasai berbagai macam analisis yang menjadi petunjuk Anda dalam memilih saham paling oke. Membeli saham tidak harus yang harganya mahal. Jika tidak terlalu memahaminya, maka sebaiknya jangan terburu-buru, pilihlah saham yang dapat Anda jangkau dengan modal Anda. 

Jika Anda sudah terbiasa dan mulai memahami sistem kerja dari investasi saham barulah membeli lot saham dengan jumlah yang besar. Strategi sangat dibutuhkan agar Anda bisa mengelola investasi dengan baik.

Memang untuk bisa memahami saham itu membutuhkan waktu lama. Namun, jika Anda menguasai analisisnya, saham bisa menghasilkan keuntungan yang tidak terbayangkan. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi masa depan Anda.


Baca juga: 5 Tips Siapkan Dana Darurat dengan Gaji Pas-pasan


3. Properti

Anda bisa melakukan investasi berupa properti. Berbagai macam properti bisa Anda jadikan investasi mulai dari rumah hingga apartemen. Properti menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang difavoritkan masyarakat sejak lama. Untuk melakukan investasi ini sangat mudah, Anda bisa menggunakan metode cicilan agar bisa mendapatkan rumah ataupun apartemen.

Harga properti memang sangat beragam, untuk itu sebaiknya Anda memulai investasi sesuai dengan dana yang dimiliki. Sesuaikan anggaran bulanan dengan jumlah investasi yang akan diambil. 

Jangan sampai karena melakukan investasi Anda menjadi kewalahan dan justru tidak melanjutkan investasi. Anda bisa menyisihkan pendapatan sebanyak 15% untuk memulai investasi setiap bulannya.

Secara bertahap Anda bisa melakukan investasi sedikit demi sedikit yang penting adalah rutinitas. Tidak perlu menunggu kaya untuk berinvestasi.


4. Deposito 

Deposito menjadi instrumen investasi yang paling umum dipilih. Anda menyimpan sejumlah uang dan ada jangka waktunya. Anda pun tidak akan bisa mengambil uang tersebut sebelum jangka waktunya habis. Namun, uang Anda akan bertambah selama jangka waktu itu karena bank memberikan bunga pada Anda. 

Investasi ini cocok dilakukan oleh milenial yang baru belajar investasi karena memiliki risiko yang kecil. Deposito adalah investasi yang termasuk aman. Namun, keuntungan yang diberikan memang tidak begitu tinggi. Deposito juga sangat cocok untuk investasi dalam jangka pendek

Ketika Anda membutuhkan uang yang mendesak, Anda bisa mencairkan uangnya, hanya saja biasanya Anda akan terkena denda karena melanggar perjanjian. 


Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Ketika Anda Tidur


5. Reksa Dana

Reksa dana adalah jenis instrumen investasi yang menarik dan menguntungkan. Anda bisa membeli reksa dana dan akan dikelola oleh orang yang ahli. 

Segala sesuatu sudah diatur oleh pihak pengelola dan Anda hanya akan merasakan keuntungan saja. Dengan berinvestasi di reksa dana, maka Anda tidak perlu lagi ribet untuk memikirkan strateginya sendiri.

Seluruh kebutuhan akan dikelola oleh orang ahli, tapi untuk bisa menjalankan reksa dana dengan baik Anda harus memiliki Manajer Investasi yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa mempercayakan segala sesuatunya kepada pihak Manajer Investasi. Anda hanya perlu memberikan sejumlah dana kepada Manajer Investasi tanpa harus repot mengetahui cara mengelolanya

Tidak mengherankan apabila investasi reksa dana banyak dilakukan oleh investor pemula yang masih belajar atau mereka tidak bisa mengelolanya seorang diri karena sibuk.


Demikianlah 5 instrumen investasi yang terbaik untuk milenial. Untuk dapat menjalankan investasi ini, harus didasari dengan niat dan tekad yang kuat. Selain itu rutinitas juga sangat penting. Jika Anda tidak bisa berkomitmen dengan diri sendiri, pastinya akan kesulitan untuk menjalankan investasi. 

Anda juga membutuhkan strategi untuk bisa menjalankan beberapa instrumen investasi dengan baik. Paling bagus memulai investasi sejak dini sehingga potensi keuntungan yang besar akan semakin menanti Anda.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru