Bisnis

Gaya Hidup

6 Kunci Penting Menjadi Pebisnis yang Sukses

Paskalia-

23 Aug 2019

6 Kunci Penting Menjadi Pebisnis yang Sukses

“Siapa saja bisa menjadi seorang pebisnis”, sepertinya kalimat tersebut memang benar adanya. Lihatlah contoh–contoh  yang ada. Banyak pebisnis yang sukses dari berbagai macam latar belakang. 

Hal tersebut semakin membuat kita tahu untuk menjadi pebisnis yang sukses tidak dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan latar belakang. Para pebisnis sukses itu memegang beberapa kunci penting dalam berbisnis seperti berikut ini:


Baca juga: Contek 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Berhasil


1. Melakukan yang Anda memang suka

Pebisnis yang sukses biasanya memulai bisnis dari yang mereka sukai. Ketika mengerjakan sesuatu sesuai dengan yang Anda suka, Anda pun tidak akan bosan melakukannya. Anda akan semakin bersemangat dalam menjalankan bisnis Anda.


2. Memiliki ide bisnis yang beda

Sebenarnya Anda tidak perlu mencetuskan ide yang belum pernah dilakukan orang lain. Bisnis yang sudah Anda pun bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Contohnya adalah bisnis minuman kopi yang saat ini ada di mana-mana. Bisnis yang ada seolah sama, padahal masing-masing punya keunikan tersendiri.

Maksudnya adalah jika Anda juga membuka bisnis minuman kopi dengan ciri khas yang berbeda, bisnis Anda pun bisa meraih keuntungan. Anda bisa memulainya dari sisi pelayanan, hingga berbagai macam promo untuk memanjakan pelanggan Anda. Hal itu bisa membuat pelanggan baru berdatangan dengan sendirinya.


3. Menentukan target pasar

Setelah tahu ingin berbisnis apa, selanjutnya adalah menentukan target pasar. Target pasar adalah orang-orang yang Anda targetkan menjadi pelanggan Anda. Target pasar ini ditentukan dari gender, umur, lokasi, dan komponen lainnya. Semakin spesifik, maka Anda akan semakin mudah menemukan target pasar itu.

Dengan menentukan target pasar, Anda juga bisa melakukan promosi yang tepat sasaran. Oleh karena itu, bagian ini juga perlu dipikirkan dengan serius. Ini adalah cara ampuh untuk menjadi pebisnis yang sukses.


4. Punya jaringan luas

Pebisnis yang sukses biasanya mempunyai jaringan yang luas. Anda membutuhkan jaringan luas untuk membangun bisnis Anda jadi lebih besar lagi. Dengan jaringan yang luas, Anda bisa dengan mudah menemukan mereka yang satu visi dengan Anda dalam berbisnis. Hingga akhirnya Anda dengan orang itu pun sepakat membangun bisnis bersama.

Untuk membangun jaringan yang luas, Anda bisa melakukannya dengan sering berkumpul bersama orang-orang yang punya passion yang sama dengan Anda.


5. Memiliki rencana bisnis yang jelas

Rencana bisnis ini perlu Anda susun dengan jelas. Mulai dari produk atau jasa yang ingin Anda jual, modal yang dibutuhkan berapa, target pasar, target yang ingin Anda capai dengan bisnis itu dan hal lainnya.

Rencana bisnis ini tidak hanya ada di otak Anda, tapi harus dituliskan. Keberadaannya sangat penting, terutama untuk Anda yang sedang mencari investor yang bersedia memberikan modalnya untuk maju bersama dengan Anda. Untuk bisa meyakinkan investor bahwa Anda punya bisnis yang bagus, Anda pun harus menyusunnya dalam bentuk proposal.


Baca juga: Modal Kecil? Inilah Ide Bisnis Pinggir Jalan Paling Menguntungkan


6. Berani ambil risiko

Pebisnis yang sukses adalah mereka yang punya keberanian dalam mengambil risiko. Risiko adalah hal yang sebenarnya tidak bisa dihindari dalam bisnis. Semakin tinggi risikonya, kesempatan Anda meraih keuntungan besar pun akan semakin tinggi. 

Namun, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara mengontrol risiko agar bisa Anda hadapi dengan baik. Yang terpenting adalah Anda melakukan persiapan yang matang untuk menghadapinya.

Itulah hal penting yang perlu Anda terapkan untuk menjadi pebisnis yang sukses. 


Peluang bisnis yang bisa membuat Anda sukses

Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, carilah peluang bisnis yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan di masa depan. Berikut ini adalah peluang bisnis yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.


1. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling menjamur. Hal itu karena semua orang harus makan dan minum untuk tetap hidup. Mereka pun pastinya memilih makanan dan minuman yang berbeda sesuai dengan selera. Tidak mengherankan bisnis ini sampai sekarang tidak ada matinya karena potensinya yang besar

Bisnis kuliner yang akhir-akhir ini laku adalah kuliner yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Harganya terjangkau, tapi rasanya tidak kalah lezat. Biasanya bisnis ini ada di tempat-tempat yang ramai dan bisa dipesan secara online

Produknya pun tidak jauh dari makanan sehari-hari, tapi karena dikemas dengan menarik, berhasil mendatangkan banyak pelanggan. 


2. Bisnis jasa bersih-bersih

Saat ini orang cenderung menghabiskan waktunya bekerja di luar sehingga mereka jarang membersihkan rumah. Oleh karena itu, Anda pun bisa membuka bisnis jasa bersih-bersih rumah. Jasa bersih-bersihnya bisa apa saja, mulai dari membersihkan rumah, jasa mencuci baju dan piring, jasa membersihkan halaman rumah, dan sebagainya.

Masyarakat di kota besar biasanya ingin segala sesuatu berlangsung cepat dan praktis, jadi mereka juga banyak yang mengandalkan jasa bersih-bersih. Anda bisa memasang tarif per jam untuk bisnis potensial ini.


3. Bisnis barang antik

Bisnis barang antik sangat pas dilakukan Anda yang juga hobi mengoleksi barang antik. Barang antik menjadi pesona tersendiri bagi orang-orang yang menyukainya. Apalagi jika barang antik yang Anda miliki itu langka, Anda pun bisa memasang tarif yang tinggi.

Bisnis barang antik ini juga punya potensi yang bagus. Walaupun jarang orang yang melakukannya, tapi peminatnya sangat spesifik sehingga Anda akan sangat mudah menemukannya.


Itulah kunci penting untuk menjadi pebisnis yang sukses dan beberapa peluang usaha yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!


Baca juga: Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Menulis Rencana Bisnis Anda


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru