Finansial

Bisnis

5 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Sep 2020

5 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Menjaga keuangan bisnis Anda, apapun industri yang Anda geluti, penting dan memungkinkan untuk terus mengikuti apa yang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Ini juga membantu untuk mengaturnya sehingga Anda tidak merasa cemas ketika saatnya pengawas pajak datang untuk meninjau keadaan keuangan Anda.

Untuk membantu memulai keuangan sehingga Anda tetap berada di puncak dan dalam kondisi keuangan yang baik. Berikut kumpulan beberapa tips mengatur keuangan bisnis Anda.


Baca juga: Bagaimana Memanfaatkan Pinjaman Modal Usaha?


Siapkan pajak Anda

Pastikan semua dokumen, laporan, dan neraca Anda mutakhir dan teratur. Jika Anda telah melacak keuangan Anda sepanjang tahun, maka ini seharusnya menjadi tugas yang mudah. Jika tidak, Anda memiliki pekerjaan yang cukup besar. Mulailah sedini mungkin agar Anda tidak menerima denda yang besar jika Anda terlambat dari jadwal dan memastikan bahwa di masa mendatang, Anda tetap memantau pajak.


Lakukan review tahunan

Perhatikan dari mana datang dan pergi uang Anda selama setahun terakhir. Berapa pengeluaran terbesar Anda? Dari mana asal penghasilan terbesar Anda? Ulasan atau review akan memungkinkan Anda untuk mengetahui di mana Anda perlu memfokuskan upaya Anda di Tahun Baru dan di mana Anda mungkin perlu mengurangi.


Pahami pemasukan dan pengeluaraan Anda dan kemudian ingatlah

Apakah Anda mengerti apa yang Anda butuhkan untuk menghasilkan keuntungan? Apa yang Anda anggap sebagai gaji dan apakah Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi apa yang Anda ambil atau apakah Anda mampu untuk mengambil lebih banyak?

Pantau penjualan Anda dan apa yang masuk dan apakah Anda pernah mengalami penurunan pendapatan. 

Mungkin Anda mulai melihat tren terbentuk selama beberapa tahun sebelumnya tentang kapan Anda memiliki lebih banyak pendapatan yang masuk dan kapan ada penurunan. Ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan secara efektif saat-saat ketika pendapatan mungkin rendah.


Penganggaran adalah kuncinya

Berapa banyak yang mampu Anda belanjakan tahun ini? Apakah Anda memiliki rencana bisnis untuk memastikan bahwa Anda mencapai tujuan dan target Anda?

Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak memenuhi tujuan tersebut, mungkin Anda perlu pindah ke tempat anggaran Anda dibelanjakan atau melakukan pemotongan sehingga Anda dapat memastikan profitabilitas dalam bisnis Anda.

Pelatihan - Jika Anda mampu membelinya, mungkin ada baiknya menginvestasikan sejumlah uang untuk pelatihan untuk Anda atau tim Anda. Selalu baik untuk selalu mengikuti apa yang sedang terjadi di industri tempat Anda berada dan kiat serta trik apapun yang akan membantu Anda bekerja lebih baik sebagai bisnis.

Upaya pemasaran - Jika Anda belum benar-benar memiliki anggaran pemasaran sebelumnya, tetapi memiliki sedikit uang tambahan yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempromosikan Anda dengan lebih baik, mulailah dengan melakukan sedikit riset pasar tentang di mana audiens target Anda mencerna berita harian mereka, apakah mereka membelanjakan waktu mereka di media sosial, publikasi offline apa yang mereka baca. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat biaya iklan atau cara-cara di mana Anda dapat menargetkan pasar Anda.

Sistem internal baru - Dapatkah sistem internal baru membantu Anda bekerja lebih hemat biaya jika Anda melakukan pembelian? Terkadang, investasi dalam teknologi - meski terkadang mahal - bisa lebih bermanfaat dalam jangka panjang. Jika Anda tidak mampu membeli sistem baru, pastikan apa yang Anda miliki selalu diperbarui dengan pembaruan terkini dan dijaga dengan baik sehingga akan bertahan lama.


Lunasi semua Utang Anda

Tujuan jangka panjang Anda harus selalu untuk melunasi utang Anda. Letakkan rencana anggaran yang memperhatikan apa yang mampu Anda bayarkan setiap bulan. Jika Anda telah mendapat untung tahun lalu dan mampu - dengan proyeksi bisnis yang sukses - untuk membayar lebih banyak utang Anda, lakukanlah.

Ini diharapkan akan membuat Anda melunasi utang Anda lebih cepat, yang akan melihat bunga yang Anda bayar kembali, mudah-mudahan, menjadi lebih sedikit.


Baca juga: 6 Cara Cerdas Mengelola Pinjaman Modal Usaha

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru