Finansial

6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Kabrina Rian Ferdiani-

23 Jun 2020

6 Alasan Perlu Memiliki Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Pekerjaan atau bisnis sampingan terdengar keren, bukan? Mungkin beberapa orang yang Anda kenal, memiliki pekerjaan atau bisnis lain untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Bagi siapa pun yang belum memulai, ada banyak pertanyaan tentang apa itu pekerjaan atau bisnis sampingan, bagaimana Anda menemukannya, dan bagaimana Anda mengaturnya agar sesuai dengan jadwal Anda.

Berikut ini 6 alasan mengapa Anda perlu memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan.


Baca juga: 7 Kunci Sukses Bekerja secara Freelance


Biaya Hidup yang Terus Naik

Biaya hidup juga terus meningkat. Harga-harga meningkat lebih cepat di bidang-bidang utama seperti pendidikan, perawatan kesehatan, dan perumahan. Sementara itu, kenaikan gaji utama Anda tidak sebanding dengan pengeluaran-pengeluaran tersebut.

Karena ini sepertinya tidak akan berubah dalam waktu dekat, masuk akal untuk menemukan cara untuk meningkatkan penghasilan Anda sedapat mungkin.


Berbagai Sumber Pendapatan Menyediakan Keamanan Finansial

Pasar kerja berubah dan banyak orang menganggur pada satu waktu atau yang lain. Menemukan pekerjaan bisa sangat sulit jika keterampilan Anda sudah ketinggalan zaman.

Memiliki kesibukan sampingan berarti Anda akan memiliki lebih dari satu sumber pendapatan. Anda mungkin dapat mengandalkan pendapatan sampingan untuk membawa Anda melewati masa-masa sulit.

Atau mungkin, Anda dapat menggunakan uang yang Anda hasilkan dari kerja atau bisnis sampingan untuk mencapai beberapa tujuan keuangan.

Berhematlah untuk liburan yang selalu ingin Anda jalani, berkontribusi pada dana kuliah anak-anak Anda, atau membayar rumah Anda lebih awal. Pendapatan sampingan dapat membantu Anda mencapai tujuan dengan lebih cepat dan memberi Anda ketenangan pikiran di sepanjang jalan.


Anda dapat menggunakan uang ekstra untuk membangun kekayaan

Jika Anda tidak bekerja untuk melunasi hutang, maka Anda mungkin ingin menemukan cara untuk meluangkan waktu untuk kesibukan sampingan sehingga Anda dapat membangun kekayaan lebih cepat.

Baik itu meningkatkan tabungan Anda untuk keadaan darurat atau memaksimalkan akun investasi, menghasilkan uang tambahan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan lebih cepat daripada jika Anda hanya mengandalkan karir utama Anda.

Inilah yang dilakukan Zingraf dengan perusahaan-perusahaan sisinya. Apa yang dimulai sebagai cara untuk menghasilkan uang ekstra untuk melunasi hutang telah berubah menjadi kendaraan baginya untuk mencapai kemandirian finansial di usia 30-an, di mana ia akan memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar biaya hidupnya selama sisa hidupnya tanpa harus bekerja waktu penuh. Zingraf berada di jalur untuk mencapai tujuannya kemandirian finansial dalam enam tahun pada usia 35.


Anda akan menemukan bakat dan hasrat yang tidak Anda ketahui miliki.

Jika Anda memilih jalur karier ketika Anda berusia 18 tahun, ada kemungkinan besar Anda tidak tahu siapa Anda atau apa yang mampu Anda lakukan. Banyak orang memilih pekerjaan karena itu yang tersedia, bukan karena itu yang benar-benar ingin mereka lakukan.

Bekerja di pekerjaan yang sama selama beberapa dekade atau tetap di jalur pekerjaan yang sama untuk seluruh karier Anda dapat membuat Anda terjebak dalam kebiasaan. Setelah 20 tahun di lingkungan kantor, Anda tidak akan tiba-tiba menemukan bakat tersembunyi atau gairah yang terkubur.

Ada peluang bagus bahwa pekerjaan Anda saat ini tidak menggunakan semua sumber daya Anda sepenuhnya. Keramaian sampingan dapat membantu Anda mengetahui bahwa Anda adalah tenaga penjualan yang hebat atau bahwa Anda benar-benar ahli dalam memecahkan masalah teknologi. Tetapi Anda tidak akan tahu itu tentang diri Anda kecuali Anda melakukan sesuatu yang berbeda.


Anda akan mendapatkan tujuan hidup

Jika Anda seperti kebanyakan orang, sulit untuk menemukan makna dalam pekerjaan Anda ketika Anda bekerja untuk orang lain. Anda bekerja hanya untuk mendapatkan gaji, bukan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih dalam.

Apakah Anda menjadi seorang ahli tata rias sehingga Anda dapat membantu orang-orang merasa cantik, atau Anda menjadi seorang konsultan bisnis yang menginspirasi orang-orang untuk mencapai impian mereka? Pekerjaan atau bisnis sampingan mungkin merupakan apa yang Anda butuhkan untuk merasakan tujuan.


Diversifikasi penghasilan Anda melindungi kesejahteraan finansial Anda

Ketika Anda memiliki satu pekerjaan atau satu aliran pendapatan, keuangan Anda berada pada risiko yang lebih tinggi jika terjadi sesuatu pada pekerjaan itu.

Bagaimana jika perusahaan Anda memutuskan untuk berhemat dan pekerjaan Anda menjadi salah satu yang harus dirampingkan?

Memiliki kesibukan sampingan dapat membuat Anda bertahan saat Anda mencari pekerjaan lebih banyak. Anda tidak akan terlalu bergantung pada kartu kredit atau mencelupkan ke dalam tabungan pensiun Anda jika Anda memiliki uang tambahan.


Baca juga: Tetap menjanjikan, Inilah Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru