Bisnis

6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Generasi Z

Paskalia-

01 Oct 2019

6 Rekomendasi Bisnis yang Cocok untuk Generasi Z

Bisnis yang cocok untuk generasi Z memang tak jauh-jauh dari dunia mereka dilahirkan, yakni ketika internet sudah mulai mewabah atau lebih dikenal sebagai generasi digital saat muncul berbagai ide gagasan yang berkaitan dengan teknologi. Mereka lebih suka dengan pekerjaan yang tidak mengikat dengan jadwal kerja yang cenderung fleksibel sehingga mereka bisa mengatur rencana kerja mereka sendiri.


Baca juga: Mengapa Investasi di Usia Muda Itu Penting?


Beberapa Bisnis yang Cocok untuk Generasi Z

Banyak yang berpendapat bahwa generasi milenial atau generasi Z ini adalah generasi yang mudah bosan serta tidak menyukai pekerjaan yang memiliki banyak aturan formal. Mereka menganggap  pekerjaan dengan jam kerja yang tidak mengikat lebih membuat mereka produktif dalam bekerja. Berikut beberapa daftar bisnis UMKM yang cocok untuk generasi Z.


Bisnis Startup

Sifat penggunaan ponsel yang semakin meningkat seperti mengirim chat kepada saudara atau teman serta lebih cenderung mengoperasikan teknologi ketimbang berperan langsung di dunia nyata membuat startup sebagai bisnis yang cocok untuk generasi Z. Bisnis ini mampu mengubah kegiatan sehari-hari, di mana proses jual beli sudah banyak dilakukan lewat internet yaitu melalui media sosial. Selain bisnis jual beli masih banyak lagi bisnis lain yang juga tergabung seperti bidang pemasaran, dunia produksi, serta sosial yang juga mengandalkan media sosial. Bisnis ini memiliki peluang bisnis yang menjanjikan bila ditekuni dengan serius.


Baca juga: 11 Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol


Bisnis Afiliasi

Bisnis yang cocok untuk generasi Z berikutnya adalah bisnis afiliasi. Bisnis ini sangat menjanjikan di era digital yang semakin maju saat ini dengan pemasaran barang yang dijual online shop melalui kerjasama antara blogger dan pemilik bisnis online.

Semakin banyaknya promosi melalui media sosial bisa membuat omset penjualan semakin menanjak. Pada akhirnya penjual online shop akan menyewa jasa afiliasi. Selain itu mereka yang bergelut di dunia internet seperti YouTuber, vlogger, serta blogger juga banyak yang memanfaatkan afiliasi untuk menghasilkan uang membuat keduanya saling menguntungkan dan membutuhkan. Tak heran jika bisnis afiliasi tepat disebut bisnis yang cocok untuk generasi Z.


Kafe

Generasi milenial atau generasi Z memang banyak menciptakan ide-ide kreatif dalam berbisnis dengan memanfaatkan situasi dan kondisi lingkungan sekitar lalu muncullah ide kreatif. Generasi yang lebih banyak menggunakan handphone lebih cenderung pembosan serta lebih suka nongkrong bersama teman-teman. Hal ini membuat usaha kafe cukup menjanjikan dan bisa disebut bisnis yang cocok untuk generasi Z. Perkumpulan anak muda saat ini lebih suka nongkrong di kafe dengan suasana baru yang lain daripada yang lain, sehingga kita harus mampu menciptakan kafe yang hits yang digemari para pemuda.

Nah jika ada tertarik membuka kafe ada beberapa hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu agar mampu bersaing di pasaran. Misalnya mampu menciptakan suasana baru, unik, dilengkapi dengan fasilitas menarik, memiliki konsep yang matang sesuai dengan kebutuhan generasi Z, mampu memadukan cita rasa makanan, menghasilkan cita rasa baru yang disukai anak muda, terletak di tempat yang strategis, serta menawarkan harga yang terjangkau, dan lain-lain.  Dengan begitu kafe yang Anda buka akan meraup hasil yang maksimal.


Bisnis Fotografi

Di zaman digital saat ini semakin banyak orang yang ingin mengabadikan setiap momen secara visual yang berupa gambar. Peluang ini menarik sehingga membuat ide baru muncul untuk memanfaatkan momen ini yaitu dengan membuka bisnis fotografi. Bisnis yang cocok untuk generasi Z ini juga membutuhkan modal yang tidak banyak yaitu hanya kamera serta kemampuan fotografi serta sedikit editan yang menarik sudah mampu menghasilkan foto yang cantik. 

Untuk memajukan bisnis fotografi yang Anda geluti, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi membuat bisnis Anda akan semakin berkembang dan meraih keuntungan yang lumayan. Namun dalam menggeluti bisnis ini memiliki saingan yang tidak sedikit sehingga membutuhkan ide kreatif hingga bisnis Anda memiliki banyak peminat dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.


Bisnis Online

Satu lagi bisnis yang digemari oleh generasi milenial atau generasi Z, bahkan bisa dikatakan memiliki rating tertinggi adalah bisnis online. Banyak konsumen yang mengubah pola hidup dengan lebih menyukai belanja melalui internet serta memenuhi kebutuhan dengan cara yang lebih mudah yakni dengan mengandalkan teknologi. Hal ini membuat jumlah pemilik bisnis online dari tahun ke tahun juga semakin bertambah.

Ketika Anda ingin menggeluti bisnis online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebab persaingan di bisnis online ini sangat ketat. Aspek-aspek tersebut adalah mengamati kebutuhan pasar terlebih dahulu, tentukan tujuan pasar agar barang yang Anda jual cepat laku, mengerti persaingan pasar, serta mampu bertahan melewati masa-masa sulit. Jangan sampai bisnis Anda hanya bertahan sebulan dua bulan, sebab di awal perjuangan memang menghadapi banyak sekali kendala.


Restoran

Dengan hadirnya teknologi  yang semakin bergerak cepat yang bertujuan memudahkan pekerjaan manusia ini banyak dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang cocok untuk generasi Z. Bahkan tidak sedikit yang mampu menghasilkan keuntungan maksimal serta mampu mengembangkan bisnis yang tengah digeluti. Semua itu tergantung dari kemampuan perorangan untuk memanfaatkan keadaan.

Contoh bisnis yang cocok untuk generasi Z yang terakhir adalah restoran. Bisnis ini mampu menciptakan sesuatu yang berbeda serta bisa dikelola dalam jangka panjang yang cocok untuk investasi masa depan. Bisnis restoran saat ini juga banyak yang memanfaatkan kemajuan teknologi seperti pemasangan iklan di media sosial dan pemesanan atau order online yang memudahkan konsumen. Bisnis restoran yang Anda kelola harus memiliki konsep yang matang, pemilihan menu makanan yang istimewa, pelayanan yang baik, serta fasilitas yang memadai agar mampu bersaing di dunia kuliner.


Demikianlah pembahasan mengenai enam bisnis yang cocok bagi generasi Z yang lahir pada akhir 90-an hingga 2000-an. Ketika generasi Z lahir, internet sudah sangat maju. Beberapa bisnis tersebut ditawarkan karena memiliki tingkat kesulitan yang rendah tetapi mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru