Finansial

Bisnis

7 Investasi Aman yang Ada di indonesia

Paskalia-

15 Aug 2019

7 Investasi Aman yang Ada di indonesia

Investasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan terutama bagi kaum milenial yang sedang merencanakan masa depannya. di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis investasi aman dan pastinya dapat menguntungkan. Dapat kita lihat, perkembangan investasi di Indonesia sedang berada di jalan yang dinamis. 

Katanya, semakin besar risiko berinvestasi, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Dengan berinvestasi diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kebebasan finansial di masa depan. Investasi sendiri memiliki keuntungan jangka panjang dan jangka pendek yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa investasi aman di Indonesia.


Baca juga: 15 Investasi Jangka Pendek Paling Favorit



1. Investasi uang tunai

Investasi aman dengan uang tunai sangat menjanjikan karena hampir sama dengan tabungan, deposito, dan reksa dana. Dengan risiko yang kecil membuat investasi uang tunai banyak digunakan oleh masyarakat. 

Keuntungan yang diperoleh dari investasi ini tidak terlalu besar, tapi dapat memberikan keuntungan bagi para investor. Bagi Anda kaum milenial jangan khawatir dengan investasi uang tunai. Anda bisa menyisihkan uang dari pendapatan per bulan untuk berinvestasi uang tunai.

Hasilnya dapat diperoleh dalam jangka panjang dan pastinya aman untuk dilakukan setiap waktu. Selain itu, investasi dengan uang tunai juga mudah diperiksa setiap bulannya karena itu jangan takut terhadap penipuan. Anda hanya perlu memilih lembaga perbankan dan agen yang terpercaya.


2. Investasi emas

Investasi aman yang lainnya adalah investasi emas. Banyak orang yang melakukan pembelian emas sebagai investasi. Masyarakat akan senang berinvestasi dengan emas karena harganya yang mudah diukur dan diubah menjadi uang. Selain itu harga emas yang stabil membuat banyak orang yang ingin  membelinya sebagai perhiasan atau dalam bentuk emas batangan untuk disimpan.

Investasi emas cocok juga untuk jangka waktu yang panjang. Anda dapat membelinya dalam setiap kondisi. Emas sebagian besar akan disimpan sebagai investasi untuk nantinya dijual di waktu harga emas sedang naik.

Untuk kaum milenial, Anda dapat mencoba investasi emas karena sangat aman dan menguntungkan. Tidak perlu dengan biaya yang mahal, cukup investasikan gaji Anda untuk membeli emas yang harganya sesuai dengan budget Anda.


Baca juga: Tips Investasi Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan


3. Investasi saham

Investasi saham merupakan bentuk investasi yang tidak asing lagi di masyarakat. Banyak orang yang telah menanamkan saham ke perusahaan untuk berinvestasi. Saham sendiri merupakan surat bukti kepemilikan bagian modal perseroan terhadap yang memberi hak atas individu dan lainnya menurut besar kecilnya modal yang disetor.

Investasi ini memiliki risiko besar, akan tetapi saham adalah investasi aman dan dapat menguntungkan bagi investor karena memiliki peluang yang bagus dengan keuntungan cukup tinggi.

Dengan kelebihan ini diharapkan akan lebih banyak masyarakat memanfaatkannya karena investasi ini sebenarnya dapat dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Masyarakat Indonesia pun akan memiliki peran penting untuk memajukan perusahaan-perusahaan Indonesia.


4. Investasi aset

Aset yang digunakan dalam berinvestasi itu ada banyak jenisnya, mulai dari properti, emas, perak, dan lain-lain. Keuntungan yang diperoleh dari investasi ini bervariasi tergantung aset apa saja yang di investasikan.

Investasi aset ini memiliki waktu jangka panjang karena seiring waktu akan mengalami peningkatan pada nilai jualnya. Investasi aset dapat memberikan keamanan dan kemudahan bagi kaum milenial dan masyarakat. Mereka akan mudah mengatur investasi apa yang tepat sesuai zamannya.

Aset properti yang paling menjanjikan karena Anda bisa memiliki pemasukan setiap bulannya. Caranya dengan menyewakan aset properti Anda seperti rumah, kos-kosan, apartemen, atau lainnya yang berada di lokasi strategis sehingga banyak yang tertarik untuk memilihnya.


5. Investasi pendapatan

Pendapatan yang diperoleh dapat diinvestasikan pada perusahaan dalam bentuk obligasi. Investasi pendapatan dapat memberikan pendapatan tetap bagi investor untuk setiap bulan atau setiap tahunnya.

Jenis investasi ini dapat dilakukan dalam jangka panjang, selain itu akan meminimalisir risiko kerugian. Pada investasi ini, terdapat sebuah masalah jika keadaan ekonomi sedang berubah naik turun. Hal ini akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang di dapat.

Investasi pendapatan ini tentunya dipercayakan pada perusahaan yang punya fundamental bagus atau dalam kondisi baik. Apabila perusahaan sampai mengalami gulung tikar karena mengalami kerugian, hal itu juga akan merugikan investor.


Baca juga: Tips Investasi Mempersiapkan Dana Pensiun


6. Investasi reksa dana

Investasi sangat menjanjikan karena dana dari masyarakat dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah ahlinya. Tidak mengherankan reksa dana menjadi salah satu investasi aman. Keuntungan lain dari investasi ini, Anda tidak harus menyiapkan uang dengan nominal besar. Cukup dengan nominal ratusan ribu, Anda bisa memulai berinvestasi reksa dana dengan aman dan mudah.

Selain itu, investasi reksa dana bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang. Meskipun keuntungan menyesuaikan dana awal yang disetorkan, tapi risikonya sangat bisa dikontrol.

Reksa dana akan cocok untuk milenial yang suka mencoba hal baru dan menginvestasikan sebagian penghasilan untuk impian di masa depan.


7. Investasi deposito

Investasi ini aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LSM). Hasil investasi dapat diperkirakan menurut setoran yang sudah Anda setorkan sebelumnya. Investasi aman ini memiliki kelemahan karena memiliki keuntungan kecil dibandingkan investasi lain. 

Namun, investasi ini tetap layak dicoba. Investasi ini adalah investasi yang risikonya paling kecil. Dengan adanya deposito, Anda akan memiliki investasi untuk di masa mendatang. Investasi deposito sangatlah penting terutama bagi kaum milenial yang baru mencoba tentang investasi.


Demikian uraian investasi aman di Indonesia. Bagi Anda pemula yang ingin berinvestasi, pastikan memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk mendapatkan keuntungan dari hasil berinvestasi.

Investasi sebaiknya dilakukan generasi milenial sebelum menginjak tua. Melihat semua kelebihan yang ditawarkannya, investasi adalah salah satu langkah yang tepat untuk Anda yang ingin mengatur keuangan dengan baik dan sebagai persiapan penting untuk masa depan. Pastikan Anda memilih investasi aman agar keuntungan jangka panjang menyertai Anda.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru