Finansial

7 Manfaat Modal Usaha untuk Kemajuan Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Jun 2020

7 Manfaat Modal Usaha untuk Kemajuan Bisnis Anda

Modal usaha tidak hanya digunakan untuk meningkatkan skala penjualan untuk menjangkau pasar, namun juga untuk hal-hal penting lainnya di dalam keberlangsungan bisnis. Mungkin Anda sudah memiliki modal yang lumayan untuk proses perluasan bisnis. 

Namun, perlu juga diperhitungkan beragam kebutuhan operasional lainnya agar modal yang dimiliki dapat bermanfaat secara lebih optimal. Melalui pinjaman modal usaha, Anda dapat melakukan penambahan kebutuhan operasional ketika ekspansi usaha. 

Dengan penambahan kas melalui pinjaman modal, maka ekspansi bisnis dapat dilakukan lebih aman dan terarah. Anda juga dapat lebih tenang karena biaya operasional sudah diperhitungkan untuk menunjang proses ekspansi bisnis berlangsung.


Baca juga: Cara Mencari Pinjaman Modal Bagi UMKM


Modal Berguna bagi Perluasan Lahan Bisnis

Apabila usaha sudah mulai berkembang, Anda akan memerlukan lahan yang lebih luas. Lahan yang dimaksud bisa jadi gudang penyimpanan, kantor tempat karyawan bekerja, maupun tempat untuk melakukan produksi. Mau tidak mau, tentu perlu dana yang lebih untuk perluasan tempat usaha. 

Anda dapat melakukannya melalui pinjaman modal usaha. Karena lahan bisnis merupakan faktor yang penting untuk menunjang produksi, tentu kebutuhan ini tidak bisa dilewatkan. Namun Anda dapat menyiasati agar pengeluaran untuk kebutuhan tempat bisnis lebih murah. 

Tidak perlu membangun, cukup dengan menyewa gedung di tempat baru. Dengan begitu keberlangsungan usaha tetap lancar karena tempat cukup untuk barang dan karyawan bekerja. Dana yang dialokasikan untuk gedung pu  bisa ditekan untuk keperluan penting lain.


Pengelolaan Inventaris Semakin Mudah Dilakukan

Memang pendataan barang inventaris usaha perlu dilakukan secara berkala. Meskipun cukup rumit, hal ini perlu dilakukan supaya keberlangsungan bisnis tetap aman dengan adanya stok inventaris yang cukup dan masih bisa dipakai. Bila stok sudah mulai menipis tetapi permintaan sedang meningkat, tentu Anda dapat melakukan pinjaman usaha.

Dengan meminjam modal usaha, pembelian inventaris baru dapat dilakukan. Beragam inventaris yang diperlukan bisa dibeli dan produktivitas usaha tetap berjalan bahkan berkembang. Permintaan pasar pun dapat dipenuhi dengan jumlah produksi yang cukup dari usaha Anda dan tentu saja dapat meningkatkan omzet.


Sebagai Pengaman bila Terjadi Keadaan Darurat

Keadaan buruk dalam bisnis bisa saja datang tanpa diprediksi. Kas bisnis tidak hanya untuk membiayai kebutuhan operasional saja, tetapi juga perlu adanya dana lebih sebagai dana darurat. Dengan memiliki dana darurat, setidaknya dalam keadaan buruk nanti bisnis Anda tetap bisa berjalan untuk sementara waktu sambil melakukan pemulihan.

Bila bisnis saat ini belum memiliki dana darurat, pengajuan pinjaman modal usaha bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan ini. Dana darurat juga bisa digunakan untuk mengantisipasi permasalahan di masa datang. Misalnya adanya peralihan tren dan produk serta perubahan yang harus dilakukan, maka biaya bisa ditutup sementara menggunakan dana darurat.


Modal untuk Inovasi Bisnis

Kenyataannya pengembangan bisnis bisa jadi dilakukan dengan melakukan pengembangan produk. Pengembangan juga bisa dengan inovasi terbaru juga bisa menjadi tujuan bisnis Anda. Pasar saat ini semakin berkembang dan memerlukan produk baru dengan konsep yang unik. 

Dalam menemukan inovasi produk, diperlukan tambahan modal usaha untuk keperluan riset dan eksperimen. Mungkin dalam melakukan eksperimen, diperlukan beberapa kali uji produk hingga uji pasar sampai menemukan inovasi yang paling tepat. 

Dalam proses ini, tentu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga harus dipersiapkan dengan matang. Bila Anda memiliki konsep inovasi yang matang, tentu bisa dicoba dengan bantuan pembiayaan melalui pinjaman modal usaha.


Penyegaran untuk Kas Bisnis

Mengatur arus kas untuk tetap dalam jalur aman memang susah-susah gampang, apalagi dalam dunia bisnis. Mungkin dalam bisnis skala kecil, arus kas lebih mudah dilakukan karena pencatatan dan lebih mudah dipantau. 

Namun bila bisnis mulai membesar, arus kas sudah semakin menjadi perhatian yang lebih khusus lagi. Permasalahan yang besar dapat muncul karena arus kas yang kurang beres. Misalnya ketika bisnis sedang tidak berjalan dengan lancar, barang-barang masih banyak karena pasar sedang lesu.

Anda harus berpikir mengenai pembiayaan operasional yang tidak dapat ditunda. Misalnya pembayaran sewa gedung, tagihan listrik dan air pembiayaan gaji pegawai dan operasional lainnya. Pada saat begini, pinjaman modal usaha bisa menjadi solusi penyegar arus kas.


Untuk Keperluan Biaya Gaji Pegawai

Sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam keberlangsungan bisnis Anda. Melalui mereka, beragam ide dan pelaksanaan bisnis bisa berlangsung hingga menjadi kian berkembang. Memang kebutuhan untuk gaji karyawan adalah salah satu pengeluaran bisnis yang terbesar. 

Pinjaman modal usaha dapat dipakai untuk menutup beragam keperluan operasional terkait pegawai. Tentu Anda tidak bisa menyia-nyiakan potensi karyawan sebagai tiang penunjang bisnis. Apabila gaji tidak dibayarkan pada jangka waktu yang tepat tentu akan berpengaruh pada produktivitas karyawan. 

Jangan sampai ketika melakukan ekspansi bisnis, Anda terlewat memperhitungkan biaya operasional karyawan. Bila kas saat ini tidak mencukupi, Anda dapat memperolehnya dari pengajuan pinjaman modal usaha yang mudah dilakukan.


Perawatan Aset dengan Pinjaman Modal

Anda juga dapat melakukan peminjaman modal dalam usaha untuk keperluan perawatan aset usaha. Tentu dalam bisnis Anda memiliki beragam peralatan penunjang produksi maupun pemasaran yang harus dirawat secara berkala. Adakalanya biaya perawatan menjadi besar bila terjadi kerusakan dan kebutuhan aset baru dalam waktu yang bersamaan. 

Belum lagi bila biaya perbaikan alat produksi memang sudah jatuh tempo dan perlu biaya yang tidak sedikit. Dengan begitu maka biaya bisa ditutup melalui pinjaman modal usaha. Bila Anda merencanakan ekspansi bisnis, maka juga diperlukan pembelian berbagai aset baru sebagai tambahan untuk menunjang produksi yang semakin banyak. 

Kabar baiknya, sekarang tersedia pilihan untuk pengajuan peminjaman modal di lembaga yang resmi dan berizin. P2P Lending Modal Rakyat merupakan salah satu penyedia jasa layanan resmi peminjaman modal. Bila Anda memiliki UMKM yang perlu pinjaman modal usaha, Modal Rakyat siap membantu menyediakan pinjaman tersebut.


Baca juga: Ketahuilah Kapan Anda Perlu Mendapatkan Modal Usaha Tambahan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru