Bisnis

8 Jenis Usaha dengan Modal Usaha Minim Saat Ini

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Mar 2021

8 Jenis Usaha dengan Modal Usaha Minim Saat Ini

Saat ingin mengawali usaha, modal usaha adalah hal yang penting. Kemudian, baru Anda dapat pikirkan ide usaha yang dapat disesuaikan dengan modal yang sudah dipunyai.

Tidak susah untuk tentukan ide usaha dengan modal usaha minim, karena sekarang ini banyak kesempatan usaha bagus yang mempunyai prospect besar dalam memperoleh sejumlah keuntungan.

Ditambah lagi jika Anda mempunya modal usaha yang cukup, opsi usaha yang dapat Anda tentukan juga semakin banyak. Tetapi, dibalik itu Anda harus juga memikirkan semua alasan yang ada saat sebelum memutuskan jenis usaha tersebut.

Masalahnya beberapa alasan saat menentukan bisnis tersebut minimal harus berdasar niat, minat, passion, kapabilitas, bahkan keterampilan yang ada. Walau modal adalah instrumen penting dalam memulai sebuah bisnis, tetapi besar kecilnya modal kedepannya akan tentukan rasio usaha yang akan Anda bangun.

Pintarlah dalam menentukan usaha yang akan Anda jalani, dengan modal usaha yang ada Anda juga dituntut untuk selalu waspada terhadap resiko usaha nantinya. Nah, untuk meminimalisir kerugian yang dapat diterima. Simaklah artikel dibawah ini yang berisi beberapa jenis usaha dengan modal minim.


Baca juga: 3 Jenis Pinjaman Modal Usaha Terbaik Saat ini


1. Bisnis Kafe di Halaman Tempat Tinggal

Dengan konsep ala rumahan, Anda tidak perlu modal yang besar. Ini adalah peluang usaha yang baik karena kopi masih banyak digandrungi berbagai kalangan, terutama anak muda.

Jadikan anak muda sebagai target pasar. Jangan lupa gunakan bantuan media sosial untuk pemasaran.

Anda bisa menggunakan lahan di rumahmu untuk memulai bisnis kecil-kecilan ini. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan menambah varian menu atau menyajikan menu baru yang spesial.


2. Usaha Kuliner Ayam Geprek

Modal usaha minim selanjutnya ialah usaha kulineran ayam geprek. Di mana ayam geprek saat ini jadi salah satunya makanan yang paling disukai warga Indonesia. Ditambah lagi, jenis usaha kuliner dipandang lebih awet, bahkan juga tidak ada matinya. Tetapi, Anda harus juga pintar dalam membuat sebuah produk yang unik, dan berlainan dibanding lainnya.

Untuk membuat usaha ini, Anda dapat awali dengan mekanisme franchise, atau juga bisa mendirikan brand sendiri. Cobalah untuk memulai usaha laundry di dekat keramaian sekolah, universitas, atau perkantoran. Akan ada banyak anak kost atau keluarga muda yang membutuhkan jasa ini.


3. Membudidayakan Ternak

Nah, untuk jenis usaha yang ini mungkin sesuai untuk Anda yang memiliki hobi berternak, di mana usaha budidaya hewan ternak dapat menjadi salah satunya pilihan modal usaha minim selanjutnya. Anda dapat pilih jenis ternak yang ramai saat ini bisa seperti ayam, bebek, kambing, ikan, sampai ternak hewan peliharaan.

Supaya bisa lebih memberikan keuntungan lagi, Anda dapat bekerja bersama dengan beberapa produsen yang memerlukan hewan ternak. Misalkan, bila Anda menjalankan bisnis budidaya hewan ayam, Anda dapat bekerja bersama dengan pemilik restoran ayam geprek, atau bahkan hotel yang memerlukan suplai daging ayam yang banyak. Langkah ini, dijalankan supaya usaha bisnis tetap berjalan mulus, tanpa takut kehilangan konsumen tetap.


4. Jasa Event Organizer

Jenis usaha yang tidak kalah memberikan keuntungan besar ialah dengan membuka layanan Event Organizer. Masalahnya sekarang ini layanan event organizer benar-benar diperlukan, untuk kelancaran sebuah acara. Mulai dari pesta ulang tahun, lamaran atau pertunangan, pernikahan, hingga acara wisuda.

Tentu tidak bisa sendirian, untuk membentuk bisnis event organizer, minimal Anda memerlukan team untuk bekerja sama, membuat acara dari rencana sampai usai dan sukses. Bukan hanya mengasyikan, dengan menjadi event organizer juga memberikan keuntungan besar! Di mana Anda juga dapat berjumpa dengan beberapa client yang bermacam permintaan.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat


5. Toko Sembako Rumahan

Jenis usaha yang memerlukan modal usaha minim selanjutnya adalah berjualan sembako di rumah. Dengan menjual produk kebutuhan lengkap, Anda bisa mendapatkan keuntungan lumayan dalam berbisnis toko sembako ini. Ditambah lagi jika Anda merupakan orang berpengaruh di lingkungan tempat tinggal.

Untuk tempat usahanya, Anda bisa mulai di dalam rumah sendiri, dan memanfaatkan ruangan kosong di depan rumah untuk berdagang. Nah, setelah dikira usaha toko sembako yang Anda tekuni mulai besar dan mempunyai beberapa konsumen setia, barulah Anda dapat buka toko yang besar, Anda dapat menyewa ruko di tepi jalan.


6. Jasa MUA

Tentu menyenangkan bisa hobi Anda bisa menghasilkan uang, bukan? Dengan menjadi make-up artist atau MUA ini, termasuk juga dalam salah satunya ide usaha dengan modal usaha minim selanjutnya. Namun, untuk dapat memulai usaha ini, minimal Anda harus mempunyai hobi berias, atau keterampilan dalam kecantikan lainnya.

Untuk Anda yang tidak memiliki keterampilan tersebut, tidak usah cemas, karena sekarang ini banyak tempat les privat atau pelatihan make-up.

Nah, jika sudah memiliki jam terbang yang cukup, Anda dapat menaikan kelas make-up jadi semakin besar. Ditambah, sekarang penghasilan seorang make-up artist cukup besar, jadi tidaklah aneh bila karier ini kerap jadi mata pencarian khusus, terutamanya untuk beberapa wanita.


7. Usaha Laundry

Banyak orang memulai usaha laundry karena mereka tahu bahwa bisnis yang satu ini memberikan banyak omzet. Bahkan, Anda bisa membeli perlengkapan pembersih lengkap dengan modal usaha minim. Nah, yang paling penting dari usaha ini ialah tentukan area yang tepat.

Masalahnya sebesar apa saja usaha laundry, bila tempatnya tidak pas dengan target, bisa jadi usaha yang dijalankan dapat amburadul. Upayakan mencari tempat yang dekat dengan kos-kosan, daerah perkantoran, lokasi universitas, atau perumahan.


8. Photographer dan Videographer

Dengan membuka layanan atau jasa photographer dan videographer sangatlah mudah ditekuni. Apalagi usaha ini terhitung dalam usaha yang memberikan keuntungan. Hal itu karena, tidak seluruhnya orang mempunyai keterampilan dalam mengambil gambar yang baik, walau kamera yang dipakai mempunyai teknologi tinggi.

Sehingga, bila seorang mempunyai suatu momen yang ingin diabdikan, tentu saja layanan photographer atau videographer yang akan dicari pertama kalinya. Ditambah, Anda perlu modal membeli kamera berkualitas tinggi, notebook untuk mengedit, serta ketrampilan di dunia photographer dan seni.

Bagaimana, apakah sudah ada bayang-bayang berkaitan dengan ide usaha dengan modal usaha minim yang akan Anda tentukan? Seberapapun modal yang Anda punyai, sebaiknya usaha itu dapat diwujudkan dengan niat yang besar.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru