Finansial

8 Tips Menabung dengan Gaji Kecil

Paskalia-

10 Jun 2019

8 Tips Menabung dengan Gaji Kecil

Pada umumnya orang menyisihkan penghasilannya untuk ditabung. Tujuannya adalah mengatasi keperluan. Namun beberapa orang yang berpendapatan kecil seringkali merasa menabung adalah hal yang sulit, karena beranggapan bahwa gajinya hanya cukup untuk keperluan sehari-hari. Padahal jika menabung dengan cara yang tepat, kamu yang bergaji kecil tetap dapat menabung. Jika begitu, Anda mungkin memerlukan tips menabung dengan gaji kecil. Berikut ini adalah tips menabung dengan gaji kecil yang mungkin dapat membantu Anda.


Hindari Jajan Makanan Mahal

Tips menabung dengan gaji kecil yang pertama adalah menghindari jajan makanan mahal terus-menerus. Mungkin sesekali Anda boleh jajan makanan mahal dan berwisata kuliner ria. Namun Anda berniat menyisihkan uang untuk ditabung, pangkas alokasi uang untuk jajan, terutama yang mahal.

Anda tak perlu memangkas semuanya, hindari saja jajan makanan mahal secara berlebihan. Atau jika Anda ingin jajan makanan mahal, Anda bisa mengagendakannya terlebih dahulu. Contohnya, dalam sebulan hanya satu atau dua kali saja Anda menggunakan uang untuk jajan makanan mahal. Selanjutnya, biaya itu dapat Anda sisihkan untuk ditabung.


Batasi Mengambil Uang di ATM

Tips menabung dengan gaji kecil yang selanjutnya adalah jangan terlalu banyak dan sering mengambil uang di ATM. Tips ini memang termasuk yang paling ampuh untuk mencegah pengeluaran uang Anda yang sering tak terkendali. Jadi, minimalkan mengambil uang di ATM sesuai yang diperlukan, jangan berlebihan.

Kenapa? Umumnya saat seseorang memegang uang tunai cukup banyak, keinginan membelanjakannya akan semakin besar. Keinginan ini yang sering kali sulit dibendung. Pada akhirnya membuat Anda tidak bisa menabung karenanya. Oleh karena itu, berusahalah mengontrol diri ketika menarik uang di ATM.


Kendalikan Kebiasaan Belanja Hal yang Tidak Penting

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kebiasaan belanja, maka mulai sekarang Anda harus bisa mengendalikan kebiasaan diri Anda tersebut. Hal ini juga termasuk hal penting dalam tips menabung dengan gaji kecil. Jangan menghamburkan gaji yang tak seberapa hanya untuk membeli hal yang tidak urgen.

Jangan biasakan membeli benda yang hanya Anda ingini, tetapi belilah hal yang memang Anda butuhkan dan perlukan. Sekalipun Anda memang ingin berbelanja sesuatu yang Anda inginkan, Anda bisa menunggu ketika ada musim diskon saat itu. Hal tersebut supaya menghindari kebablasan Anda dalam belanja. Biasakan diri setelah menerima gaji, langsung alokasikan beberapa persen untuk uang belanja dan sisanya ditabung, meskipun sedikit.


Buat Skala Prioritas Belanja Anda

Tips menabung dengan gaji kecil yang ini penting untuk Anda lakukan. Mulailah membuat skala prioritas dalam anggaran belanja bulanan Anda sendiri. Di dalam skala prioritas tersebut, tekankan supaya Anda bisa dengan bijak memilih mana yang memang sangat diperlukan segera dibeli, mana yang bisa ditunda terlebih dulu.

Hal ini diyakini akan sangat memudahkan Anda yang berpenghasilan minim dalam mengatur keuangan. Anda bisa tetap memiliki sedikit uang yang ditabung meskipun mungkin gaji tergolong kecil. Biasanya yang paling penting dan diutamakan untuk dibelanjakan adalah kebutuhan primer Anda. Oleh karena itu, utamakan yang primer terlebih dahulu setelah itu Anda bisa memikirkan yang lainnya.


Memisahkan Dana Darurat Sejak Awal

Setiap Anda menerima gaji, segera pisahkan sejumlah uang untuk dana darurat. Dana itu dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga yang mungkin muncul. Jumlah yang harus disisihkan tidak harus besar tapi disesuaikan dengan gaji Anda.

Kenapa hal ini masuk tips menabung dengan gaji kecil? Pasalnya dana darurat dapat menjadi cadangan apabila Anda harus mengeluarkan uang secara mendadak. Misalnya, apabila Anda sakit dan harus berobat ke rumah sakit atau ada keperluan keluarga mendesak. Dalam penggunaan dana darurat ini, Anda pun diharuskan untuk bijak. Gunakanlah  uang darurat hanya pada saat yang benar-benar mendesak.


Buka Rekening Tabungan Khusus

Tips menabung dengan gaji kecil berikutnya disarankan adalah membuka rekening khusus tabungan. Anda harus pisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk biaya operasional Anda. Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk Anda bisa mengetahui berapa dana yang bisa Anda gunakan dalam sebulan, sehingga Anda tidak punya alasan untuk mengganggu tabungan Anda.

Bagaimana caranya? Setelah menerima gaji, transfer uang yang sudah Anda tentukan untuk ditabung ke rekening khusus. Secara otomatis Anda hanya akan menggunakan uang yang khusus untuk operasional harian. Biasanya rekening khusus tabungan hanya bisa diambil di saat tertentu saja. Salah satu saran, ada baiknya Anda tidak membawa kartu ATM atau buku tabungan khusus rekening ini. Hal ini dilakukan supaya mencegah niat Anda untuk menggunakannya sewaktu-waktu nanti.


Memanfaatkan Transportasi Umum

Seperti diketahui, transportasi umum saat ini lebih mudah dijangkau dan nyaman. Belum lagi biayanya cenderung lebih murah. Sebut saja Transjakarta ataupun ojek online. Anda bisa memanfaatkan sarana transportasi tersebut untuk sedikit menghemat dan menyisihkan uang gaji Anda untuk ditabung.

Jangan merasa gengsi memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Kenapa? Dengan memanfaatkan transportasi umum Anda dapat mengirit pengeluaran. Katakanlah Anda akan pergi meeting di mal, kalau Anda naik kendaraan umum tentu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin atau parkir. Faktanya dengan menaiki transportasi umum mampu membuat Anda bisa menabung dengan lebih baik. Apabila Anda tidak mau naik transportasi umum, Anda juga bisa berjalan kaki jika jarak kantor dan tempat tinggal relatif dekat. Anda bisa sekaligus berolahraga. Jangan biasakan memanjakan diri dan menuruti kemauan Anda sendiri.


Bawa Uang Secukupnya saat Bepergian

Tips yang satu ini dirasa cukup efektif bagi banyak orang yang ingin sekali mengurangi pengeluaran. Jika terlalu banyak membawa uang tunai saat bepergian, biasanya Anda akhirnya akan membeli sesuatu seringkali tidak direncanakan, sehingga pengeluaran menjadi lebih besar dari yang diperkirakan.

Tips menabung dengan gaji kecil yang terakhir ini bisa Anda terapkan ketika Anda hendak berbelanja. Cobalah untuk membawa uang pas atau sedikit lebih dan berbelanjalah sesuai dengan apa yang sudah diperkiraan akan dibeli. Jangan lupa membuat daftar belanja terlebih dahulu sebelum berangkat. Mula-mula mungkin terasa repot. Namun jika Anda sudah terbiasa membelanjakan uang sesuai anggaran, tentu Anda akan lebih mudah berhemat.


Demikian penjelasan delapan tips menabung dengan gaji kecil yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru