Finansial

6 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Investasi Reksa Dana Saham

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Nov 2021

6 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Investasi Reksa Dana Saham

Jika dibandingkan jenis reksa dana lain, investasi reksa dana saham berisiko tinggi. Ini karena ada sekitar 80% dananya diletakkan dalam instrumen saham oleh Manajer Investasi. Return investasi tersebut didapatkan ketika harga saham yang dipilih mengalami kenaikan.

Dibandingkan jenis reksa dana yang lain, investasi yang satu ini tentu menawarkan return yang paling tinggi mengikuti prinsip high risk, high return. Karena itulah, reksa dana saham sangat cocok dijadikan pilihan untuk berinvestasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

Nah, kalau kamu adalah generasi muda yang ingin mempersiapkan kebutuhan dalam jangka panjang, perlu deh kamu cobain investasi yang satu ini. Berikut beberapa alasannya! 


1. Modal awal yang terjangkau

Bagi anak muda yang modal untuk berinvestasinya masih sedikit, reksa dana saham sangat cocok. Ini karena kamu bisa membeli investasi ini dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai Rp10 ribu saja.

Kamu bisa membeli saham terbaik pilihan Manajer Investasi dengan harga yang terjangkau. Dalam satu produk reksa dana saham, ada beberapa pilihan saham. Kamu tidak perlu memikirkan akan memilih saham yang mana karena sudah dipilihkan oleh Manajer Investasi.


2. Reksa dana saham bantu kamu mewujudkan goal finansial

Telah disebutkan sebelumnya bahwa reksa dana saham cocok untuk mewujudkan financial goals jangka panjang. Kalau kamu punya cita-cita pada masa mendatang, reksa dana saham cocok banget untuk membantu mewujudkannya.

Misalnya, dalam jangka tujuh tahun lagi, kamu ingin membeli satu unit apartemen. Atau misalnya, dalam jangka waktu sepuluh tahun lagi, kamu berencana untuk menikah. Jika kamu berinvestasi dalam waktu lama di instrumen ini, keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.

3. Kamu nggak perlu bingung untuk menentukan saham yang akan dibeli

Manajer investasi membantu kamu memilih instrumen saham terbaik yang akan memberikan keuntungan. Kamu tinggal menerima hasil dari investasi tanpa harus melakukan analisis fundamental ataupun teknikal. Pilihan ini tentu lebih sederhana dan mudah jika dibandingkan kamu memilih sendiri saham yang akan dibeli, bukan?


4. Reksa dana saham adalah investasi yang likuid atau mudah dicairkan

Instrumen investasi reksa dana memang dikenal karena fleksibilitasnya. Kamu bisa menjual dan memibeli kapan saja. Walaupun reksa dana saham cocok untuk investasi jangka panjang, bukan berarti kamu hanya bisa mencairkan uangnya dalam jangka panjang.

Faktanya, kamu bisa menjual reksa dana kapan saja sesuai dengan kebutuhannya. Namun, kamu perlu ingat bahwa mungkin keuntungan yang didapatkan tidak sebesar jika kamu mencairkannya dalam jangka panjang.


5. Kamu bisa menyesuaikan nominal reksa dana saham yang akan dijual

Ketika kamu sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan mendadak, reksa dana saham bisa dijual sewaktu-waktu. Kamu juga tidak perlu menjual semua unit reksa danamu karena nominalnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi, kamu masih bisa memiliki investasi dan menjual sebagian reksa danamu untuk memenuhi kebutuhan mendadak tersebut.


6. Kamu juga bisa dapat dividen

Meskipun berinvestasi di reksa dana saham, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dividen seperti jika kamu membeli saham. Dividen adalah keuntungan yang dibagikan oleh sebuah perusahaan kepada para pemegang sahamnya.

Jadi, selain mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham, kamu juga bisa menikmati keuntungan berupa dividen tersebut.


Nah, itulah 6 alasan kenapa kamu perlu berinvestasi dalam reksa dana saham. Alasan yang sudah dijelaskan di atas bisa kamu pertimbangkan untuk memilih reksa dana sama sebagai instrumen jangka panjangmu, ya.

Dengan melakukan investasi di reksa dana sama, kamu bisa mewujudkan berbagai financial goals seperti mempersiapkan dana pensiun untuk hari tua. Ayo mulai berinvestasi dengan tanamduit dan pilih reksa dana saham sekarang!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru