Bisnis

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Catering Rumahan? Ini Jawabnya

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Sep 2020

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Catering Rumahan? Ini Jawabnya

Apakah Anda suka memasak untuk orang lain? Apakah Anda orang yang tepat untuk memasak untuk acara keluarga dan liburan? Anda dapat mengubah gairah itu menjadi keuntungan dengan memulai bisnis catering rumahan.


Baca juga: 10 Usaha Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Untung Berlipat Ganda


Tinjauan Bisnis Jasa Catering

Meskipun tidak ada resep pasti untuk bisnis jasa catering rumah yang sukses, sedikit keterampilan kuliner, tekad, dan keanggunan yang diserang bisa sangat membantu. Bisnis catering dapat dijalankan dari rumah penuh atau paruh waktu, dan menghasilkan keuntungan yang banyak.

Anda dapat memulai dari partai kecil catering yang dapat Anda kelola sendiri atau dengan beberapa asisten untuk melihat apakah bisnis catering benar-benar sesuatu yang ingin Anda kejar. Biaya awal sangat bergantung pada seberapa besar Anda ingin memulai dan apa yang sudah Anda miliki untuk membantu Anda memulai.


Apa yang Anda Butuhkan untuk Memulai Bisnis Rumahan Layanan catering

Sebelum Anda terjun ke bisnis catering, Anda harus memutuskan beberapa hal:

  • Apakah Anda akan fokus pada jenis makanan atau acara tertentu?
  • Apakah Anda akan memasak di tempat klien atau memasak di rumah dan mengantarkan makanan? Ini bisa berarti membeli peralatan khusus untuk menjaga makanan tetap hangat atau dingin selama pengangkutan.
  • Hubungi badan perizinan pekerjaan untuk mencari tahu apa yang perlu Anda lakukan agar disetujui untuk menjalankan bisnis catering rumahan.

Setelah Anda menentukan hal di atas, Anda harus mengumpulkan peralatan dan persediaan yang dibutuhkan. Misalnya, Anda mungkin perlu memiliki seperangkat peralatan masak seperti panci, wajan, blender, dan sebagainya.


Baca juga: 9 Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol


Memulai Bisnis Catering Berbasis Rumah

Jika Anda sudah siap untuk mulai memasak, berikut adalah langkah-langkah memulai bisnis catering rumahan Anda.

Buat Inventaris Peralatan

Tuliskan barang-barang yang Anda perlukan untuk mulai membuat usaha catering. Inventarisasi apa yang Anda miliki dan peralatan apa yang perlu Anda beli. Misalnya, mesin pencuci piring Anda saat ini mungkin tidak memiliki kapasitas untuk mencuci piring yang cukup untuk mengimbangi bisnis Anda atau Anda mungkin harus membeli lemari es terpisah.

Anda juga memerlukan piring untuk mengangkut makanan, menyajikan piring, pendingin, dan cara untuk menjaga agar makanan panas tetap panas.

Temukan Niche Pasar

Temukan ceruk pasar yang telah diabaikan oleh pesaing atau yang Anda rasa dapat Anda kuasai. Sebagai catering kecil, Anda mungkin tidak memiliki kapasitas untuk melayani makan malam duduk untuk pernikahan 100 tamu, tetapi Anda dapat menyediakan shower pernikahan, pesta pertunangan, dan pesta lajang dengan cukup nyaman.

Tentukan menu untuk ditawarkan kepada klien Anda. Teliti apa yang ditawarkan pesaing Anda.

Periksa untuk mengetahui restoran lokal mana yang menawarkan layanan catering. Dasarkan menu pada spesialisasi Anda dan apa yang diinginkan oleh ceruk pasar Anda.

Beri harga barang agar Anda tetap kompetitif tetapi mendapat untung. Penetapan harga selalu menjadi tantangan dan ditentukan oleh tempat tinggal Anda, waktu yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan, biaya bahan, dan margin keuntungan yang ingin Anda capai.

Identifikasi Calon Pelanggan

Hubungi rekan Anda di komunitas bisnis untuk mencari tahu apa yang dicari perusahaan mereka di catering untuk membantu Anda menentukan apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda. Jika Anda tidak memiliki kontak pribadi yang dapat membantu Anda, hubungi beberapa calon pelanggan.

Beri tahu mereka bahwa Anda tidak menjual apa pun dan hanya ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang apa yang mereka ingin catering tawarkan. Namun pastikan untuk meluangkan waktu untuk menemukan orang yang tepat di setiap perusahaan untuk dihubungi.

Ini akan membantu Anda mengumpulkan informasi tentang layanan yang diinginkan pelanggan korporat selain makanan. Anda dapat mempelajari bagaimana bisnis ini menganggarkan untuk catering dan seberapa sering mereka menggunakan catering.

Wawancara atau pertukaran email ini akan membantu Anda meluncurkan bisnis dengan manfaat atau keuntungan yang Anda tahu akan diinginkan pelanggan, bukan yang menurut Anda akan mereka inginkan.

Menjalin Hubungan dengan Vendor

Temukan vendor. "Catering lebih dari sekadar memasak," kata Denise Vivaldo, dalam bukunya, How to Start a Home-Based Catering Business. Seringkali catering diharapkan menyediakan peralatan makan, gelas, perkakas - bahkan meja dan kursi di beberapa acara - serta makanan. 

Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk bekerjasama dengan vendor lokal dalam memulai bisnis katering Anda ini.

Rencanakan Bisnis Anda

Kembangkan rencana bisnis yang mencakup investasi tambahan yang Anda perlukan untuk memulai dan pendapatan serta pengeluaran tiga hingga enam bulan pertama. Dapatkan lisensi yang diperlukan. Anda akan membutuhkan izin usaha dari negara bagian dan mungkin dari kota dan kabupaten tempat Anda tinggal.

Fokus pada Pemasaran

Kembangkan program pemasaran untuk menjangkau klien potensial Anda. Desain kartu nama, alat tulis, dan brosur. Buatlah beberapa hidangan khas Anda dan ambil foto untuk brosur dan situs web Anda. Meskipun Anda merencanakan bisnis makanan kecil, semakin banyak orang menggunakan Internet untuk toko perbandingan.


Gunakan Waktu Anda!

Meneliti cara memulai bisnis kuliner berupa catering tidak berarti Anda harus berkomitmen untuk melakukannya. Memulai rencana bisnis tidak memerlukan biaya sepeser pun atau memaksa Anda untuk meluncurkan perusahaan.

Jika Anda membagi penelitian dan perencanaan menjadi potongan-potongan kecil yang Anda tangani selama beberapa bulan, Anda akan mendapatkan gambaran yang jauh lebih baik tentang apa yang diperlukan untuk memulai bisnis impian Anda.

Ya, Anda dapat melakukan sebagian besar riset dalam waktu satu minggu atau lebih, tetapi Anda tidak perlu bergerak secepat itu.

Jangan membuat diri Anda stres karena berpikir Anda perlu membuat rencana bisnis dalam 30 hari atau kurang. Tetapkan beberapa tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap bagian dari rencana bisnis Anda, atau Anda mungkin tidak akan pernah memulai atau menyelesaikannya — tetapi jangan hanya menetapkan satu tanggal akhir tanpa peta jalan untuk mencapainya.

Kerjakan rencana Anda ketika Anda bersemangat dan tertarik untuk melakukan pekerjaan itu dan Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda dapat menentukan apa yang diperlukan untuk meluncurkan bisnis catering Anda.


Baca juga: 11 Tips Sukses Bangun Bisnis dari Nol

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru