Finansial

Bagaimana Saya Dapat Melacak Pola Pengeluaran?

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Sep 2020

Bagaimana Saya Dapat Melacak Pola Pengeluaran?

Pernahkah Anda mencoba menurunkan berat badan dengan mencatat semua yang Anda makan? Terkadang hasilnya mengejutkan. Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak kue yang Anda konsumsi sampai Anda melacak datanya.

Penganggaran keuangan juga begitu. Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak uang yang Anda belanjakan untuk kopi, makanan, atau pakaian sampai Anda melacak datanya.

Mencatat kebiasaan diet Anda membantu mengembangkan gagasan yang akurat tentang berapa banyak kalori yang dikonsumsi setiap hari. Demikian pula, melacak kebiasaan pengeluaran dapat membantu Anda menemukan berapa banyak uang yang Anda belanjakan.


Baca juga: Menetapkan Tujuan untuk Meningkatkan Karier Anda


Melacak Pengeluaran Anda

Banyak pemula melacak transaksi hingga satu bulan sebelum mereka membuat anggaran. Ini adalah titik awal yang baik jika Anda belum pernah memantau pola belanja Anda sebelumnya. Namun, pengeluaran bulanan dapat berbeda karena banyak keadaan, jadi yang terbaik adalah terus memantau pengeluaran Anda lebih lama lagi.

Setelah Anda membuat anggaran, lanjutkan melacak pengeluaran Anda untuk melihat bagaimana kebiasaan pengeluaran Anda yang sebenarnya selaras dengan ide-ide yang telah Anda uraikan dalam anggaran Anda. Lembar kerja penganggaran dapat membantu Anda membandingkan pengeluaran aktual Anda dengan pengeluaran ideal Anda.

Dengan melacak pengeluaran Anda dan membandingkannya dengan apa yang ingin Anda belanjakan, Anda akan dapat menentukan apakah tujuan penganggaran Anda realistis.


Berhenti Menggunakan Uang Tunai

Anda memiliki catatan elektronik otomatis dari setiap kartu kredit, kartu debit, cek, penarikan bank otomatis, dan transaksi e-wallet. Satu-satunya jenis transaksi yang tidak dicatat secara otomatis adalah uang tunai.

Jika Anda berhenti membeli barang dengan uang tunai, Anda akan terhindar dari kerumitan mencatat pengeluaran Anda secara manual. Alih-alih, Anda dapat meninjau catatan elektronik Anda satu hari dalam seminggu dan memasukkan catatan ini ke satu lokasi terpusat. Anda bisa menggunakan lembar bentang, buku catatan, atau lembar kerja penganggaran.

Beberapa lebih cenderung membelanjakan lebih banyak saat menggesek kartu daripada saat menyerahkan uang tunai. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, lanjutkan pembayaran dengan uang tunai. Tidak ada alasan untuk menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda cenderung menghabiskan lebih banyak uang. Jika Anda tidak dapat beralih dari uang tunai, Anda dapat mencoba sistem amplop.


Sistem Amplop

Sistem amplop adalah sistem pengelolaan kas yang efektif bila digabungkan dengan anggaran. Di awal setiap minggu, masukkan sejumlah uang tunai ke dalam amplop. Persembahkan setiap amplop untuk kategori pengeluaran tertentu, dan catat jumlah yang Anda masukkan ke dalam setiap amplop.

Misalnya, amplop Anda mungkin diberi label untuk "Makan Siang Rp100.000" dan "Bensin Rp150.000". Karena Anda tidak dapat memprediksi dengan sempurna semua pengeluaran Anda, terutama di awal, simpanlah satu amplop "Lain-lain" juga.

Di akhir minggu, catat jumlah yang tersisa di setiap amplop. Amplop makan siang Anda, misalnya, mungkin tersisa Rp10.000. Amplop bensin Anda mungkin masih tersisa Rp15.000. Anda akan melihat kebiasaan belanja Anda dalam kategori yang luas tanpa harus repot merinci setiap transaksi.


Tandai itu

Simpan buku catatan kecil dan pena di dompet atau saku Anda, dan catat setiap transaksi di sana. Anda juga bisa menggunakan aplikasi.

Keuntungan? Anda akan berpikir lebih keras tentang setiap pengeluaran. Menuliskan setiap transaksi membuat Anda lebih sadar tentang kebiasaan belanja Anda pada saat Anda melakukan transaksi.

Kerugiannya? Ini merepotkan, mudah dikendurkan atau dilupakan, dan tidak ada cara untuk mengumpulkan data secara surut jika pengeluaran pencatatan meleset dari pikiran Anda (kecuali jika Anda secara religius menyimpan tanda terima juga). Anda harus bertekad dan berdedikasi untuk melacak pengeluaran Anda agar ini berfungsi.

Semua metode dipertimbangkan, pengelolaan uang turun ke preferensi pribadi, menemukan metode yang sesuai untuk Anda, dan menjadikannya penting dengan menetapkan tujuan untuk uang Anda.


Penetapan Tujuan

Meskipun membuat anggaran dan mengerahkan upaya untuk mematuhinya adalah upaya yang bermanfaat, tanpa tujuan yang dapat dicapai untuk anggaran Anda, mungkin sulit untuk terus melacak pengeluaran atau mengikuti anggaran.

Sasaran Anda tidak harus ratusan juta rupiah- sasaran harus dapat dicapai, seperti menabung untuk dana darurat Anda, beberapa liburan, biaya pendidikan anak, atau sekadar memastikan Anda memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran yang diperlukan.


Baca juga: Sering Prokrastinasi? Begini 5 Cara untuk Tidak Lagi Menunda Pekerjaan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru