Bisnis

Cara dapat Uang yang Banyak Melalui Podcast

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Feb 2020

Cara dapat Uang yang Banyak Melalui Podcast

Podcast menjadi sebuah media yang kini sedang digandrungi banyak orang, terutama kaum muda. Media yang hampir mirip seperti radio ini disenangi karena setiap podcast memiliki topik khusus dan dibawakan dengan cara yang unik. Tak heran bila banyak orang berusaha mencari uang yang banyak dari media ini.

Apakah Anda juga tertarik untuk mendapatkan uang yang banyak dari podcast? Jika demikian, ikutilah tips berikut ini.


Baca juga: Womenpreneur Harus Siap Hadapi 5 Tantang ini


Sponsor dan iklan

Iklan dan sponsor mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan ketika mencari cara untuk menghasilkan uang yang banyak dari podcasting.

Ada beberapa jaringan iklan podcast berbeda yang dapat menghubungkan Anda dengan pengiklan. Mereka melakukan semua pekerjaan untuk menemukan pengiklan, menegosiasikan harga, mendapatkan skrip, dan banyak lagi. Anda perlu memiliki audiens yang lebih besar dari setidaknya 5.000 atau 10.000 pendengar per bulan untuk bekerja dengan mereka.

Satu masalah dengan sponsorship adalah bahwa banyak perusahaan masih terpaku pada angka daripada interaksi dan keterlibatan. Anda tahu bahwa 500 pendengar yang terlibat jauh lebih berharga daripada 5.000 pendengar biasa.

Agar bisa mendapatkan sponsor atau iklan, cobalah hubungi perusahaan kecil atau lokal. Bicarakan dengan mereka tentang cara mereka dapat memperoleh manfaat dengan mendukung podcast Anda.

 

Kursus

Banyak podcaster populer membuat kursus daring mereka sendiri untuk mengajarkan konten serupa dengan apa yang mereka bicarakan di podcast mereka. Kursus daring adalah cara yang bagus untuk mengajarkan sesuatu dengan cara yang mudah diikuti. Audiens Anda bisa mendapatkan hasil tertentu setelah mereka menyelesaikannya.

Cobalah untuk memliki daftar email market sehingga Anda dapat memberi tahu audiens tentang kursus Anda di podcast melalui email. Ini adalah cara yang paling praktis agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak pendengar di podcast.

Dalam hal ini Anda akan memecah hal-hal dan menjelaskannya dengan cara sederhana dalam bentuk kursus lengkap. Ini bisa dalam bentuk video, audio, atau tulisan, dan ada banyak platform di luar sana, sekarang, yang dapat membantu Anda melakukannya.

Dua platform kursus favorit saya adalah Teachable dan Thinkific, keduanya membantu Anda membuat kursus dengan cara yang sangat sederhana dan tampak hebat.

 

Jasa

Anda dapat menawarkan layanan yang terkait dengan konten di podcast Anda. Saya biasa menganalisis dan mengkritik iklan online di podcast dan layanan yang saya tawarkan adalah Google AdWords dan manajemen Iklan Facebook. Dengan menunjukkan bahwa saya tahu saya ahli dalam topik itu, orang-orang tahu bahwa mereka akan mendapatkan manajemen iklan tingkat ahli.

 

Pelatihan dan konsultasi

Pelatihan dan konsultasi agak mirip dengan menawarkan layanan, tetapi Anda biasanya tidak melakukan pekerjaan untuk audiens. Sebaliknya, Anda membantu atau membimbing mereka. Industri umum yang memiliki banyak konsultan dan pelatih adalah kebugaran, diet, bisnis, dan pengajaran.

 

Membuat eBook

Ini adalah plihan paling populer untuk mendapatkan uang banyak dari podcast. Hal tersebut karena eBook adalah buku yang singkat, menarik, dan mudah untuk dibuat.

Anda dapat menerbitkan sendiri eBook di hampir semua hal. Temukan sesuatu yang hangat dalam topik Anda dan tulis tentang itu. Namun, pastikan manfaatnya bagi pembaca benar-benar jelas. Oleh karena itu, Anda perlu mengidentifikasi masalah audiens Anda dan menemukan cara untuk menyelesaikannya.

Sekali lagi, pikirkan baik-baik tentang masalah yang dihadapi pendengar Anda. Atau lebih baik lagi, buat survei dan tanyakan pada mereka. Bisakah Anda membuat produk yang akan membuat hidup lebih mudah bagi mereka?

 

Penghasilan afiliasi

Setiap podcaster berbicara tentang hal-hal yang mereka sukai termasuk produk atau layanan. Anda bisa membicarakan hal-hal yang disenangi. Misalnya tentang alat musik, makanan, atau make up. Bicarakan topik tersebut karena karena Anda memang tertarik dan Anda tahu pendengar juga menyukainya.

Sekarang, setiap kali Anda menyebutkan sebuah produk, pendengar Anda mungkin tertarik untuk membelinya. Ini adalah kesempatan Anda untuk mulai mendapatkan penghasilan afiliasi. Pikirkan produk atau layanan yang paling Anda sukai dan lihat apakah mereka memiliki program afiliasi. Coba dekati perusahaan secara langsung untuk meminta menjadi mitra afiliasi.

Anda dapat mengambil langkah ini lebih jauh dan menggabungkannya dengan metode lain. Tidak ada alasan untuk tidak membuat kursus atau eBuku gratis (atau berbayar) yang memiliki tautan afiliasi di dalamnya.

 

Konten premium

Hasilkan uang dengan podcast melalui konten Premium. Ini adalah hal yang sederhana: jual podcast itu sendiri! Namun, Anda tidak dapat menjual semuanya karena Anda membutuhkan orang untuk mendengarkan secara gratis. Dengan begitu, jika audiens Anda cukup menyukainya, mereka akan membayar untuk podcast Anda..

Untuk mengatasi itu, beberapa podcast menjual katalog lama mereka. Misalnya, biarkan 50 episode terbaru tetap gratis, tetapi untuk mengakses episode yang lebih lama, Anda harus membayar. Podcaster lain membuat episode tambahan yang dijual di atas dan di luar konten gratis mereka.

 

Menawarkan diri Anda sebagai podcaster

Apakah ada sebuah bisnis atau industri yang belum memiliki podcast? Jika Anda memiliki keahlian dalam dunia tersebut, tawarkan diri Anda untuk menjadi podcaster dalam bisnis tersebut.

Anda bisa hidup dengan menjadi seorang podcaster bagi sebuah bisnis. Buatlah sebuah podcast yang menarik banyak audiens. Dengan begitu, Anda akan dibayar mahal oleh perusahaan dan bisa hidup dengan layak dari penghasilan menjadi podcaster.

 

Crowdfunding dan donasi

Anda dapat meminta sumbangan untuk membantu mendukung Anda dan podcast Anda. Podcast yang lebih berfokus pada hiburan akan cocok untuk menghasilkan uang dengan cara ini.

Platform umum untuk menerima donasi adalah Patreon. Mereka membuatnya sangat mudah untuk menawarkan konten atau bonus tambahan tergantung pada jumlah uang yang orang dukung dengan Anda.

Mereka bahkan memberi Anda kemampuan untuk memiliki RSS feed berbayar yang terpisah, yang berhubungan baik dengan metode selanjutnya untuk menghasilkan uang podcasting ...

 

Membuat acara

Membuat acara hosting tidak hanya cara yang bagus untuk menghasilkan uang tetapi menyatukan penggemar terbaik Anda dan memberikan nilai lebih. Salah satu contohnya adalah konferensi Walker Stalker. Acara ini dimulai oleh podcast yang berbicara tentang acara TV The Walking Dead.

Mereka melakukan acara di seluruh dunia dan bahkan melibatkan para aktor. Kedengarannya luar biasa!

 

Produk fisik

Produk fisik adalah benda-benda seperti kaos, mug, dan barang curian lainnya. The Generation Why Podcast menawarkan banyak produk berbeda, ditambah konten premium, dan halaman Patreon yang sangat aktif.

Anda juga bisa membuat produk fisik atau merchandise dari podcast Anda. Para pendengar setia bisa sangat menyukai ide ini. Buatlah sebuah produk yang sangat menarik dan juga mendukung nilai dan topik yang Anda bangun dalam podcast.

 

Cobalah berbicara di depan publik

Banyak podcast disukai pendengar karena membahas topik di industri yang mereka senangi. Masuk akal jika seseorang menyukai apa yang mereka dengar di podcast Anda dan menginginkan Anda untuk berbicara di depan publik. Anda akan mendapat uang dari situ.

Berbicara di depan publik adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan otoritas Anda dan juga mendapatkan audiens baru yang diharapkan akan menjadi pendengar podcast masa depan. Maukah Anda mengambil kesempatan ini?

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang yang banyak dari podcast. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang podcaster?

 

Baca juga: Prinsip Pareto 80/20 Membantu Anda Meraih Sukses

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru