Gaya Hidup

Finansial

Cara Hidup Hemat pada Masa Pandemi agar Tidak Kekurangan

Paskalia-

04 Jan 2021

Cara Hidup Hemat pada Masa Pandemi agar Tidak Kekurangan

Cara hidup hemat wajib dipelajari oleh setiap orang agar kita tidak menggampangkan uang yang sudah didapatkan dengan susah payah. Sudah seharusnya kita mengaturnya dengan baik, apalagi saat pandemi. 


Sekarang ini, kita semua berada dalam kondisi yang sulit karena pandemi covid-19 yang menyerang hampir seluruh bagian dunia. Sudah banyak orang yang kehilangan nyawa, kehilangan pekerjaan dan kehilangan waktu untuk hidup bebas di luar rumah. Oleh karena itu, kita harus lebih memikirkan kebutuhan dibanding keinginan. 


Baca juga: Ingin Berhemat? Simak Trik Psikologisnya Berikut Ini!


Atur Kembali dan Cek Pengeluaran Bulanan


Kehidupan di masa pandemi dan sebelumnya tentu berbeda sehingga kita harus mengecek ulang pos pengeluaran. Jika sebelumnya pengeluaran kita sebesar Rp1 Jutaan, maka kita harus bisa lebih hemat karena kita tetap harus menyisihkan uang sebagai antisipasi di kemudian hari agar tidak kekurangan.

Cara hidup hemat pertama yang wajib dilakukan adalah mengatur kembali pos pengeluaran agar lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Anda bisa melihat catatan pengeluaran sebelumnya, mulai dari makan, transportasi, pulsa, tagihan listrik, tagihan air dan pengeluaran lain yang terkadang kita abaikan sebelumnya. 

Dalam kondisi seperti sekarang ini, Anda harus bisa memangkas pengeluaran yang sekiranya tidak dibutuhkan atau tidak begitu penting sehingga sisanya bisa ditabung untuk kemudian hari karena kita tidak pernah tahu kapan kondisi pandemi ini akan berakhir. Cara hidup hemat ini akan membantu Anda lebih bijak.


Sisihkan Uang untuk Dana Darurat


Dana darurat sangat penting di masa pandemi seperti sekarang ini. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi selanjutnya, apakah kehilangan pekerjaan, kebutuhan kesehatan meningkat atau yang lainnya.

Karena itu, kita harus berjaga-jaga agar nantinya tidak kesulitan jika terjadi sesuai yang tidak diinginkan, seperti PHK (Putus Hubungan Kerja). 

Selagi kita bisa menghasilkan pendapatan, maka kita harus melakukan cara hidup hemat dengan menyisihkan uang tersebut sebagai dana darurat.

Setelah Anda memangkas pengeluaran, pasti akan ada dana yang tersisa dan dana tersebut bisa Anda masukkan ke dalam dana darurat sebagai antisipasi kedepannya. 

Cara hidup hemat ini bisa Anda lakukan dengan melibatkan lembaga keuangan, seperti bank atau celengan di rumah.

Semakin besar dana darurat yang berhasil Anda kumpulkan, maka kita akan semakin tenang dalam menjalani hari-hari karena tidak perlu khawatir masalah keuangan ke depannya karena sudah ada dana darurat. 


Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah agar Menghemat Biaya untuk Makan


Meskipun sedang pandemi, kita masih harus melakukan aktivitas lainnya, seperti bekerja. Sudah banyak perusahaan atau perkantoran yang mengharuskan karyawannya bekerja dengan protokol kesehatan yang tetap dijalankan. Penularan virus yang tidak terlihat dan terkadang tidak dirasakan membuat kita harus lebih berhati-hati, khususnya dalam hal makanan.

Ada baiknya Anda membawa bekal makanan dari rumah sehingga lebih terjamin kebersihannya. Cara ini bukan hanya sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan virus, tapi juga sebagai cara hidup hemat di tengah kondisi yang sulit. Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk makan karena membawa bekal lebih murah. 

Saat melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bekerja, cobalah untuk menerapkan cara hidup hemat ini. Pastikan Anda memilih makanan yang sehat, tapi tidak harus mahal. Anda sudah bisa mendapatkan nutrisi terbaik dari sayur-sayuran yang terjangkau, seperti sayur bayam, sayur kangkung, dan lain sebagainya. 


Jangan Turuti Keinginan dan Bertahan dalam Kondisi Serba Sulit


Jika sebelumnya kita masih bisa menuruti keinginan, seperti membeli tas baru, sepatu baru dan lainnya, maka sekarang kita harus belajar cara hidup hemat agar bisa bertahan dalam kondisi yang serba sulit ini. Tidak semua keinginan kita harus dituruti, bahkan untuk sekarang sebaiknya kita bisa menekannya. 

Hindari gaya hidup berlebihan yang boros. Lunasi utang kartu kredit Anda. Cobalah menahan diri agar bisa hidup sederhana sehari-hari.

Anda harus lebih memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dibanding keinginan karena ini yang lebih penting. Mengeluarkan biaya untuk membeli makanan yang bernutrisi, membayar tagihan bulanan, membayar pendidikan anak, atau transportasi umum Harus diprioritaskan.


Liburan di Rumah Saja agar Lebih Menghemat Pengeluaran Biaya


Ada baiknya jika kita melakukan saran pemerintah untuk di rumah saja selama pandemi. Apabila Anda bosan berada di rumah, maka Anda harus lebih kreatif dalam membuat aktivitas seru di dalam rumah bersama keluarga.

Masa pandemi ini justru membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga sehingga kita harus bisa memanfaatkannya, sembari melakukan cara hidup hemat.

Waktu liburan yang sudah datang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan permainan bersama keluarga di rumah, seperti bermain monopoli, ular tangga, main game bareng, bercocok tanam bersama, memasak bersama, menonton film dan masih banyak kegiatan seru lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk liburan. 


Baca juga: Cara Mudah untuk Dapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru