Finansial

Bisnis

Cara Jitu Pinjaman Modal Usaha Cepat Disetujui

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Mar 2021

Cara Jitu Pinjaman Modal Usaha Cepat Disetujui

Layanan pinjaman modal usaha yang kini santer terdengar di tengah masyarakat memang cukup efektif membantu pengusaha guna mengembangkan bisnisnya.

Namun, sering kali banyak orang merasa kesulitan saat dihadapkan pada banyaknya persyaratan hingga akhirnya proses pengajuan berjalan lambat, tentu hal tersebut sangatlah disayangkan. 

Mengeluh mengenai sulitnya mendapat persetujuan ketika pengajuan modal itu adalah hal wajar. Apalagi bagi pengusaha UMKM notabene mereka sangat membutuhkan pertolongan suntikan dana lebih guna mengembangkan bisnisnya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir lantaran ada tips khusus guna lebih cepat dapatkan persetujuan.


Baca juga: Pendanaan Modal Invoice dan Anjak Piutang dalam Bisnis


Persiapkan Aset Sebagai Sebuah Agunan 

Akhir-akhir ini minat masyarakat membuka bisnis kecil-kecilan terbilang meningkat tajam. Hal tersebut tentu menjadi angin positif guna tingkatkan iklim perekonomian Indonesia. Apalagi kini mencari lapangan pekerjaan begitu sulit.

Bahkan antara jumlah pekerja dengan ketersediaan lapangan kerja tidaklah seimbang. Hal inilah menjadikan perekonomian Indonesia sulit berkembang.

Tidak dapat dipungkiri jika kini masih saja ada layanan pinjaman modal usaha dengan agunan atau pinjaman. Di mana Anda harus mempersiapkan sebuah aset berharga sebagai jaminannya. Aset tersebut nantinya akan ditahan sebagai jaminan hingga Anda selesai membayar tagihan cicilan pinjaman dengan tenggat waktu disepakati. 

Keharusan mempersiapkan aset sebagai jaminan tersebut umumnya berlaku ketika meminjam di bank konvensional. Dengan jumlah pinjaman sangat besar sehingga membutuhkan jaminan mengingat tingkat kepercayaan pihak pemberi dana terbilang rendah. Wajar saja apalagi jika tenggat waktunya lama. Setidaknya Anda persiapkan untuk jaga-jaga. 

Merintis sebuah usaha selalu tidak lepas dari kebutuhan modal banyak. Akan sulit sebuah bisnis berjalan tanpa adanya modal cukup. Serta cukup berisiko apabila harus menunggu modal terkumpul dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, layanan pinjaman modal usaha menjadi alternatif disaat kesulitan mencari investor. 

Sebagian besar penyedia layanan pinjaman tidak menjamin cepatnya pencairan kecuali benar-benar menerapkan persyaratan mudah. Guna mengantisipasinya maka sebaiknya Anda mempunyai satu atau lebih aset sebagai agunan. Dengan adanya aset tersebut diharapkan proses pengajuan dana akan jauh lebih cepat seperti harapan. 

Namun, apabila Anda sedang butuh pinjaman modal usaha namun tidak mempunyai aset sebagai agunan ada baiknya mengajukan melalui fintech online seperti Modal Rakyat. Selain transaksi semua dilakukan secara online, Anda berpeluang mendapat pinjaman dana dengan proses cepat lantaran persyaratannya begitu mudah. 


Baca juga: Keuntungan Ajukan Pinjaman Usaha Secara Online Syarat Mudah


Upayakan Bisnis Anda Jalani Memberi Dampak Positif

Beberapa tahun terakhir gairah investasi hingga munculnya keinginan membuka usaha terus menggelora. Banyak generasi muda khususnya sadar jika membuka bisnis keuntungannya jauh lebih menjanjikan daripada menjadi pekerja. Oleh sebab itu, layanan pinjaman modal usaha disediakan oleh lembaga keuangan peminatnya meningkat pesat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Akan tetapi, membangun kepercayaan di antara pihak peminjam serta penerima memang tidak mudah. Setidaknya ada faktor tertentu di mana mampu membuat si pemberi pinjaman dengan sukarela memberikan pinjaman modal usaha. Salah satu cara jitunya adalah dengan memastikan bisnis memberi dampak positif atau minimal prospek kedepannya bagus. 

Upaya memastikan bisnis memberi dampak positif bagi masyarakat atau lingkup lebih luas caranya adalah dengan meyakinkan pihak pemberi pinjaman. Dapat melalui laporan keuangan hingga prestasi lainnya. Segala hal menyangkut prestasi perusahaan dapat Anda sertakan guna menarik perhatian pemberi pinjaman untuk mempertimbangkannya. 

Penyertaan laporan keuangan tersebut akan begitu penting tatkala Anda berkeinginan meminjam pinjaman modal usaha dalam jumlah besar. Akan sulit rasanya bagi siapa saja ketika harus meminjamkan uang dengan nominal besar meski sebagai modal usaha. Apalagi bagi sebuah lembaga keuangan yang notabene terikat pada aturan berlaku. 

Meski begitu, akan lain ceritanya apabila Anda meminjam di sebuah fintech. Selain prosesnya dilakukan secara online melalui aplikasi ada satu kelebihan yang cukup menguntungkan bagi Anda. Di mana Anda tidak perlu menyertakan laporan keuangan atau kelayakan bisnis sebagai persyaratan. Dikarenakan biasanya hanya memberi persyaratan berupa dokumen identitas. 

Walau kemungkinan besar tidak menyertakan, ada baiknya Anda memastikan jika usaha yang dijalankan mampu memberi dampak positif bagi masyarakat luas. Ditambah ketekunan serta komitmen Anda guna mengembangkannya menjadi nilai tambah agar pengajuan semakin cepat. Ingat juga maksimalkan penggunaan pinjaman modal usaha sesuai kebutuhan. 


Baca juga: Ketahuilah Kapan Anda Perlu Mendapatkan Modal Usaha Tambahan


Pastikan Reputasi Bisnis Baik Sebagai Bahan Pertimbangan

Guna mempercepat proses pengajuan pinjaman modal usaha ada baiknya memastikan bahwa bisnis dijalani mempunyai reputasi baik. Reputasi tersebut meliputi kredibilitas perusahaan, latar belakang Anda sebagai pemilik hingga kemampuan mengembalikan dana sebelumnya. Semuanya menjadi pertimbangan penting guna melancarkan proses pengajuan pinjaman. 

Tidak ada salahnya memberi kepercayaan penuh kepada pemberi pinjaman guna menilai Anda beserta bisnis dijalankan. Hal tersebut juga berpengaruh positif apabila nantinya Anda akan meminjam lagi. Apalagi kebutuhan modal usaha terus saja bertambah seiring berkembang pesatnya sebuah bisnis. Maka dari itu, catatkan reputasi terbaik. 

Beberapa cara tersebut cukup ampuh guna membuat pengajuan pinjaman modal usaha segera disetujui. Apalagi jika Anda mengajukannya di bank konvensional dengan nominal lumayan besar. Perlu dicatat meminjam di bank tidak boleh sembarangan melainkan ada aturan tersendiri yang wajib dipatuhi oleh setiap peminjam. 

Namun, apabila Anda seorang pelaku usaha dengan bisnis UMKM tentu membutuhkan modal dengan jumlah tidak terlalu besar. Cara termudahnya adalah dengan meminjam di beberapa fintech layanan cepat. Cukup persiapkan dokumen yang diminta maka dalam waktu hitungan hari dana akan langsung cair melalui rekening Anda. 

Ditambah suku bunga cenderung rendah sehingga dijamin tidak bakal membuat Anda merasa terbebani. Anda hanya dianjurkan guna memanfaatkan dana tersebut secara optimal. Serta mengembalikannya tepat waktu sesuai kesepakatan. Diharapkan uang dari pinjaman modal usaha tersebut mampu guna kembangkan bisnis. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru