Finansial

Kenali Cara Menabung Ala Anak Kost, Keuangan Tetap Stabil

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Sep 2020

Kenali Cara Menabung Ala Anak Kost, Keuangan Tetap Stabil

Menjadi anak kost harus bisa mengatur keuangan dengan baik, salah satunya dengan mengetahui cara menabung yang efektif agar finansial stabil. Sebagai perantauan, Anda harus belajar mandiri, termasuk mengelola keuangan untuk berbagai kebutuhan. Anak kost identik dengan mahasiswa atau karyawan yang biasanya mendapatkan uang dalam jangka waktu bulanan.

Pada saat kebutuhan semakin kompleks dan mendesak, seringkali uang bulanan tersebut sebelum waktunya. Hal ini tentu membuat Anda kesulitan dan harus memilih kebutuhan yang paling diprioritaskan. Kondisi tersebut sering terjadi di kalangan anak kost, karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat.

Sebagai anak kost, manajemen finansial sangat penting agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Bertambahnya usia tentu membuat Anda berpikir untuk tidak merepotkan orang tua lagi. Oleh karena itu, ketahui cara menabung yang paling cocok untuk anak kost tanpa harus mengekang keuangan Anda.


Baca juga: 4 Tips Menabung agar Kamu Tetap Konsisten


Membuat Rencana Pengeluaran dan Sisihkan Pendapatan Bulanan

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan. Buatkan rincian kebutuhan pokok dan sekunder secara detail dan rapi. Pastikan tidak ada kebutuhan yang tertinggal, terutama untuk makan dan transport. List pengeluaran tersebut bisa menjadi pedoman utama penggunaan uang Anda.

Planning pengeluaran dapat menjadi sarana untuk mengontrol pengeluaran, serta memprioritaskan kebutuhan pokok. Cara menabung ini sangat tepat untuk mencegah pengeluaran berlebih atau boros, terutama untuk kebutuhan yang tidak perlu. Selain itu, sisihkan sejumlah uang untuk ditabungkan.

Nominal yang disimpan tidak perlu besar, asalkan rutin dan kebutuhan lain sudah terpenuhi. Uang yang disisihkan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak di kemudian hari. cara menabung ini juga menjadi solusi saat kehabisan uang atau gaji belum keluar padahal sudah waktunya.


Segera Bayar Uang Sewa Kost Saat Gaji Keluar

Selain makan dan pakaian, Anda juga membutuhkan tempat tinggal untuk berlindung. Jangan lupa untuk membayar sewa kost tepat waktu, terutama saat mendapatkan gaji atau kiriman uang. Seringkali orang terlena untuk membelanjakan uangnya demi kebutuhan sekunder, padahal uang sewa kostnya belum dilunasi.

Cara menabung yang baik harus memperhatikan kebutuhan pokok terlebih dahulu, sebelum menyisihkan uangnya. Jika semua kebutuhan pokok, seperti sandang, pangan dan papan sudah terpenuhi, Anda bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Namun, mayoritas anak kost sering melupakan uang sewa tempat tinggalnya.

Pembayaran sewa kost bisa dilakukan setiap bulan atau dalam jangka waktu tertentu, sesuai kebijakan pemilik. Untuk menghindari pemakaian uang tersebut, masukan uang sewa ke dalam list pengeluaran bulanan Anda. Dengan begitu, Anda tidak bisa menggunakan uang tersebut karena sudah masuk dalam planning utama.


Membuka Rekening dan Celengan Khusus

Cara menabung untuk para anak kost bisa dilakukan dengan dua metode penyimpanan, yaitu Bank atau celengan. Kemajuan teknologi saat ini membuat Anda tidak perlu bingung mencari tempat penyimpanan yang aman dan terjamin. Anda bisa membuat rekening khusus sebagai tabungan masa depan.

Tabungan bisa digunakan untuk kebutuhan di kemudian hari atau dalam keadaan mendesak. Uang dalam rekening bisa diambil setiap saat, sehingga sangat fleksibel dan mudah. Namun, Anda juga bisa menggunakan celengan jika ingin menyisihkan uang logam. Uang logam atau reseh memang terlihat kecil, tapi jika dikumpulkan bisa menjadi tabungan yang menjanjikan.

Menabung dengan rekening atau celengan memiliki nilai positif yang sama dengan media berbeda. Cara menabung ini paling umum dan banyak dilakukan oleh semua orang, terutama anak kost atau perantauan. Menyisihkan uang termasuk cara untuk membentuk mental dan pribadi yang lebih baik dalam mengatur keuangan sendiri.


Belanja Sesuai Kebutuhan dan Membuat Catatan Pengeluaran

Jika Anda sudah membuat list pengeluaran, belanjakan uang sesuai rencana tersebut. Jika ada kebutuhan yang belum tercatat, buatlah catatan pengeluaran setiap hari. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi finansial Anda, terutama pengeluaran bulanan. Dengan adanya catatan ini Anda bisa lebih barhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membawa bekal makanan sendiri saat kuliah atau bekerja. Biasanya makan diluar cenderung mahal, sehingga Anda bisa memasak sendiri agar lebih hemat. Cara menabung ini jauh lebih hemat serta masakan sendiri lebih nikmat dan higienis dibandingkan membeli di pinggir jalan atau sebagainya.

Berilah batasan yang tegas pada kebutuhan Anda. Jika ada kebutuhan yang tidak terlalu mendesak, lebih baik jangan dibeli dulu. Utamakan kebutuhan primer yang benar-benar dibutuhkan. Cara menabung tersebut bisa melatih diri untuk hidup hemat dan tidak konsumtif, terutama di tengah arus globalisasi yang pesat.


Tetapkan Target yang Ingin Dicapai

Sebagai sarana untuk memotivasi diri, Anda bisa menetapkan target yang ingin dicapai. Cara menabung yang baik selalu ada goal yang pasti. Target bisa menjadi penyemangat Anda untuk menabung dan berhemat. Goal atau target bisa berubah banyak hal, mulai dari membeli rumah, kendaraan, pernikahan, liburan dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat target untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini tentu saja membuat diri merasa terpacu dan termotivasi untuk terus menabung agar bisa mencapai target tersebut. Target menjadi bentuk penghargaan untuk diri Anda sendiri dan melatih personal yang lebih bermanfaat.

Setiap orang memiliki keinginan dan target yang berbeda-beda. Hal utama yang harus dilakukan adalah mulai mewujudkan goal tersebut. Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar investasi P2P Lending Modal Rakyat. Cara menabung ini sangat efektif dan memberikan keuntungan hingga 25% setiap tahunya tanpa minimum modal.


Baca juga: Investasi Online untuk Merintis Kesuksesan di Usia Muda

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru