Finansial

Cara Menabung untuk Liburan, Nikmati Banyak Manfaatnya

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Jun 2020

Cara Menabung untuk Liburan, Nikmati Banyak Manfaatnya

Untuk mewujudkan keinginan Anda berlibur di luar negeri, Anda harus mengetahui cara menabung untuk liburan yang tepat dan aman. Semua orang pasti senang berlibur ke berbagai tempat yang menarik, terutama ke luar negeri. Namun, banyak orang yang mengeluh karena biaya yang mahal. 

Sebenarnya semua keinginan Anda akan terwujud dengan adanya niat dan usaha. Termasuk untuk menikmati liburan ke luar negeri yang sangat diimpikan. Cara yang paling tepat adalah dengan menabung dengan komitmen tinggi. 

Saat ini banyak platform finansial teknologi yang memberikan fasilitas untuk cara menabung untuk liburan agar dapat terwujud. Menabung adalah solusi tepat untuk mengatur kondisi finansial, terutama bagi Anda yang menginginkan untuk berlibur. 

Di tengah kehidupan yang semakin konsumtif, Anda harus bisa mengekang pengeluaran untuk mengejar rencana liburan yang diimpikan. Ada beberapa cara menabung untuk liburan yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Sehingga impian Anda berlibur ke luar negeri bisa terwujud dengan cepat.

 

Baca juga: Tips Menabung dan Mengumpulkan Uang di Usia 20-an

 

Tips Liburan Jadi kenyataan

Untuk mewujudkan sesuatu harus diawali dengan komitmen yang kuat. Komitmen sangat penting untuk menjaga dan menahan diri sendiri agar tidak konsumtif dan terus menabung di awal bulan. Meski terlihat mudah, dapat mempraktikkan rasa komitmen ini cukup sulit jika tidak ada niat yang sungguh-sungguh untuk menabung.

Cara menabung untuk liburan paling tepat dilakukan pada awal bulan. Karena pada awal bulan kondisi keuangan masih stabil dan belum digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menyisihkan beberapa rupiah untuk menabung dan mengatur pengeluaran dengan baik. 

Uang yang sudah ditabung akan aman karena semua kebutuhan sudah dicatat. Untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting, Anda harus meninggalkan ATM di rumah. Karena membawa ATM bisa menimbulkan rasa ingin membeli sesuatu meski sudah membuat catatan pengeluaran. 

Hal ini yang membuat Anda menjadi boros dan konsumtif. Anda bisa membawa uang seperlunya dalam dompet untuk kebutuhan makan maupun transportasi. Anda harus berani menantang diri untuk tidak menuruti hawa nafsu. Terutama keinginan untuk belanja atau berkumpul bersama teman. 

Kegiatan tersebut tetap bisa dilakukan selama sebulan sekali atau dua kali. Cara menabung untuk liburan ini harus dilakukan agar pengeluaran tetap stabil dan teratur. Kurangi juga cuci mata di mall jika Anda tidak ingin tergoda dengan berbagai promo yang ditawarkan. 

Karena tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang menjadi konsumtif saat masuk ke pusat perbelanjaan walaupun tujuan awalnya hanya sekadar main atau menghabiskan waktu saja. Gaya hidup yang konsumtif tidak baik untuk kehidupan Anda terutama untuk finansial. 

Dengan memperhatikan cara menabung untuk liburan tersebut, Anda bisa membiasakan diri hidup disiplin dan hemat. Hemat bukan berarti Anda tidak bisa belanja atau membeli apa yang diinginkan. Hanya saja Anda harus mengurangi pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting untuk ditabung.

 

Beberapa Manfaat dari Menabung

Menabung merupakan cara terbaik untuk belajar hidup sederhana dan tidak konsumtif. Banyak orang yang harus menahan pengeluaran di akhir bulan bahkan untuk kebutuhan pokok. Hal ini karena tidak ada tujuan dan pengelolaan keuangan yang baik. Sehingga pada awal bulan cenderung konsumtif karena dana masih banyak.

Dengan menerapkan cara menabung untuk liburan tersebut, Anda bisa lebih tenang saat memasuki akhir bulan. Karena keuangan tetap teratur dan masih ada dana untuk ditabungkan. Saat Anda ingin belanja atau makan di luar, Anda harus mengingat kembali keinginan liburan tersebut yang harus diwujudkan dengan segera.

Dengan adanya rencana liburan yang sudah dibuat dengan matang, dapat menjadi motivasi untuk hidup hemat. Karena segala sesuatu yang diinginkan harus didapatkan dengan pengorbanan. Sehingga akan sangat terasa manfaat dan kebahagiaan saat impian tersebut terwujud dari keringat dan usaha diri sendiri.

Manfaat lain setelah Anda mempraktikkan cara menabung untuk liburan bisa menghilangkan sifat boros. Baik itu boros secara keuangan maupun waktu. Anda menjadi jarang jalan-jalan sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia. Anda juga bisa lebih teliti untuk membedakan kebutuhan pokok dengan keinginan. 

 

Menabung untuk Meningkatkan Kreativitas

Anda mungkin tidak menyangka jika menabung berhubungan dengan kreativitas seseorang. Kreativitas tidak hanya dalam bentuk fisik atau benda nyata saja. Namun, bisa berupa metode atau strategi yang tepat dan bermanfaat untuk diri Anda, termasuk dalam hal menabung. 

Pada saat itu Anda harus mencari cara terbaik agar bisa menyisihkan uang dengan efektif dan konsisten. Saat Anda menerapkan cara menabung untuk liburan, Anda akan terus berpikir untuk menemukan strategi yang paling tepat. Secara tidak langsung ini meningkatkan daya kreativitas Anda, khususnya dalam mengelola keuangan. 

Hal yang paling sederhana bisa dilihat dari menghargai uang receh dan memasukannya ke dalam tabungan. Strategi lain yang bisa dipilih untuk menabung adalah dengan berinvestasi P2P Lending. Karena Anda akan dikenalkan berbagai manfaat investasi untuk mewujudkan rencana liburan ke luar negeri. 

Dengan terus belajar menabung dan hidup hemat, rencana liburan Anda akan terlaksana. Cara menabung untuk liburan ini memberikan manfaat yang luar biasa untuk masa yang akan datang. Karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. 

Asalkan ada kemauan dan niat yang baik serta diikuti dengan usaha yang sungguh-sungguh, dijamin liburan Anda berjalan dengan lancar. Bahkan menabung dapat meningkatkan daya kreativitas dan selalu berpikir dewasa dalam memenuhi keinginan.

Sama halnya dengan berinvestasi untuk masa depan, menabung juga bisa menjadi sarana untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan optimal. Agar rencana liburan Anda bisa terlaksana dengan cepat, jangan lupa untuk menerapkan tips dan cara menabung untuk liburan mulai dari sekarang.

 

Baca juga: Kenali Bentuk dan Sifat Investasi Jangka Pendek Berikut ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru