Bisnis

10+ Cara Menarik Pelanggan untuk Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Sep 2020

10+ Cara Menarik Pelanggan untuk Bisnis Anda

Pemilik bisnis kecil seringkali tidak memiliki banyak pengalaman dalam pemasaran atau penjualan. Jika Anda seorang pemula atau bisnis yang sudah ada yang mencari lebih banyak cara untuk mengembangkan basis pelanggan Anda, strategi ini akan membantu.


Baca juga: Cari Uang Tambahan saat Pandemi Tidaklah Sulit, Yuk Mulai dengan 4 Hal ini


Kembangkan rencana akuisisi pelanggan

Rahasia untuk membuat rencana akuisisi yang sukses adalah mengetahui siapa yang akan menjadi pelanggan ideal. Jika Anda menjual ke bisnis, pertimbangkan siapa yang mungkin akan menjadi pelanggan Anda.

Apakah membeli produk Anda merupakan keputusan yang dapat dibuat dengan cepat oleh satu orang? Atau apakah Anda menjual sesuatu yang memiliki siklus pembelian yang lama, mungkin melibatkan banyak individu?

Berikutnya, pikirkan bagaimana pembeli biasa biasanya menemukan produk atau layanan seperti milik Anda.

  • Di lingkaran mana mereka bepergian?
  • Apakah mereka aktif di media sosial?
  • Siapa yang akan mereka dengarkan atau di mana mereka melihat ketika mereka ingin membeli jenis produk atau layanan Anda?
  • Apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rujukan dan rekomendasi dari sumber tersebut?

Tuliskan semua informasi ini dan cari polanya. Kemudian, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, rencanakan cara untuk menempatkan diri Anda dan informasi Anda di mana orang-orang di pasar sasaran Anda dapat menemukannya ketika mereka siap untuk membeli.


Cari dan ikuti prospek bisnis di media sosial

Jangan mencoba menjual kepada mereka di umpan media sosial mereka. Sebaliknya, cobalah untuk mengembangkan hubungan dengan calon pelanggan. Retweet atau komentari postingan mereka.

Tujuannya adalah agar Anda dikenal dan dilihat sebagai teman. Menjual jauh lebih mudah jika Anda menjual kepada orang yang merasa mereka mengenal Anda.


Pastikan situs web dan halaman media sosial Anda memudahkan pengunjung untuk mengetahui cara menghubungi Anda

Lebih baik lagi, beri mereka alasan untuk memberi Anda informasi kontak mereka. Tawaran buletin gratis, panduan gratis untuk sesuatu yang terkait dengan industri Anda, atau kupon semuanya bisa menjadi perangkat yang bagus untuk digunakan untuk menangkap prospek. Kemudian tindak lanjuti secara teratur petunjuk tersebut.


Gunakan kupon dan penawaran khusus untuk menarik pelanggan

Semua orang suka tawar-menawar. Tawarkan diskon untuk pelanggan baru pada pembelian pertama mereka. Jika Anda menjual produk atau layanan yang perlu dibeli berulang kali, pertimbangkan untuk membuat diskon pertama bergantung pada pelanggan yang menandatangani kontrak untuk satu tahun layanan.


Acara Sponsor

Acara yang mungkin menyatukan pasar potensial Anda. Carilah brosur tentang acara tersebut di pertemuan kelompok jaringan lokal. Atau, hubungi dan tanyakan kepada penyelenggara apakah ada peluang sponsorship yang tersedia.

Acara lokal bisa sangat murah untuk disponsori. Atau jika biaya sponsorship tinggi, mereka mungkin memiliki opsi "Teman" dalam acara yang akan memberi Anda hak untuk memiliki selebaran di acara dengan biaya yang sangat kecil.


Beri sedikit untuk mendapatkan banyak

Untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda perlu membangun kepercayaan. Dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan sampel gratis dari produk Anda dan meminta penerima untuk memberi tahu teman mereka jika mereka senang. Atau, jika Anda seorang konsultan, berikan beberapa nasihat gratis.

Ini bisa dalam bentuk buletin yang berisi berita atau tip dan petunjuk, atau bisa juga konsultasi gratis di mana Anda memberikan informasi yang cukup untuk membantu klien menjangkau proyek mereka dan mengetahui bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menanganinya.


Kerjakan jaringan pribadi Anda

Tanyakan kepada teman Anda apakah mereka mengenal orang yang dapat menggunakan layanan Anda atau orang yang mungkin mengenal orang lain yang dapat menggunakan layanan Anda. Jika struktur harga Anda mengizinkannya, tawarkan kepada teman dan rekan bisnis biaya finder untuk referensi yang berubah menjadi pekerjaan.


Cantumkan nama bisnis, nomor telepon, dan alamat situs web Anda pada apa pun yang Anda bisa

Jika Anda berada dalam bisnis jasa yang menggunakan van atau truk, nama Anda harus ada di semua kendaraan Anda, sehingga orang yang melihat Anda melayani orang lain di lingkungan mereka dapat dengan cepat mengetahui cara menghubungi Anda. Ini harus ada pada produk dan / atau label pada produk Anda (mana yang praktis).

Miliki magnet yang dibuat dengan nama dan nomor telepon Anda dan tempelkan ke peralatan yang Anda perbaiki, atau berikan kepada pelanggan dan prospek. Semakin banyak orang yang mengetahui nama dan kontak Anda, semakin banyak pelanggan yang bisa Anda peroleh.


Gunakan beberapa iklan kecil daripada satu iklan besar

Jika kebanyakan orang dalam jenis bisnis Anda beriklan secara cetak untuk mendatangkan pelanggan, Anda harus melakukan hal yang sama. Tapi jangan berencana membuat kejutan besar dengan satu iklan besar. Rencanakan iklan yang lebih kecil untuk berjalan dalam waktu yang lama dalam publikasi yang sama dengan yang diiklankan oleh pesaing Anda.


Uji Pay per Click (PPC) dan iklan online lainnya

Untuk menekan biaya, targetkan iklan Anda sehingga mereka menjangkau orang-orang yang mirip dengan prospek Anda yang paling mungkin, dan targetkan mereka sehingga mereka hanya muncul di kawasan geografis yang Anda layani. (Contoh: wanita berusia antara 40 dan 55 yang tinggal di Boulder, CO.)

Tetapkan anggaran harian dan anggaran bulanan, dan sering-seringlah memeriksa akun Anda pada beberapa hari pertama Anda menyiapkannya.


Klaim tempat Anda di Google Bisnisku

Saat Anda melakukannya, pastikan untuk mencantumkan diri Anda sendiri (dan pastikan alamat situs web Anda benar) di direktori mana pun yang Anda memenuhi syarat. Kamar dagang dan grup bisnis lokal lainnya seringkali memiliki direktori anggota di mana Anda dapat mencantumkan informasi kontak dan URL situs web.


Baca juga: Kerja Sampingan: Tips, 10 Ide, dan Hal Penting Sebelum Mulai

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru