Finansial

Cara Mengatur Keuangan saat Kebutuhan Semakin Meningkat

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Jun 2020

Cara Mengatur Keuangan saat Kebutuhan Semakin Meningkat

Tidak semua orang dapat mengatur keuangan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena kebutuhan rumah tangga itu semakin lama menjadi lebih besar. Sehingga hal ini akan menimbulkan masalah tersendiri saat jumlah gaji bulanan tidak ada peningkatan sama sekali. Lalu, bagaimanakah caranya untuk membayar semua tagihan?

Misalnya saja untuk membayar tagihan listrik, belanja bulanan, bensin, cicilan rumah, biaya sekolah, dan lain-lain. Selain itu, sayangnya saat seseorang memiliki gaji yang besar, justru hal ini membuat mereka kesulitan untuk mengatur keuangan dengan baik. Banyak hal selalu ingin dibeli tanpa kontrol saat memegang uang.

Bahkan banyak di antara mereka yang membeli barang-barang tidak penting saat memiliki uang lebih. Akhirnya mereka menjadi gelap mata dan melakukan pemborosan karena hanya ingin memenuhi nafsunya saja. Maka dari itu supaya hemat, simak cara mengatur keuangan rumah tangga berikut ini agar kebutuhan tetap terpenuhi.


Baca juga: Cara Cerdas Mulai Persiapan Pernikahan Secara Finansial


Buat Anggaran Bulanan Kebutuhan Rumah Tangga

Salah satu cara termudah untuk mengelola keuangan rumah tangga adalah buat rencana anggaran setiap bulan. Jadi, tulis berapa banyak penghasilan bersih Anda setiap bulan. Yang ditulis adalah pendapatan saat tidak ada potongan lagi (take home pay). Setelah itu, tulis semua pengeluaran tetap setiap bulan.

Misalnya seperti tagihan membayar internet, listrik, cicilan rumah, dan lain-lain. Dengan membuat catatan anggaran seperti ini akan membuat keuangan Anda tetap terpantau meskipun kondisi finansial bermasalah. Sehingga Anda tahu untuk apakah uang yang akan dibelanjakan tersebut dan akhirnya dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.


Jangan Jajan Secara Berlebihan

Sangat disayangkan bila ternyata jumlah pengeluaran terbesar setiap orang selalu diakhiri dengan biaya jajan dan makan. Meskipun begitu, sebenarnya jajan dan makan di luar itu boleh saja asalkan Anda tahu batasannya. Maka dari itu jika tidak ada uang lebih, sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah.

Cara ini cukup efektif untuk mengatur keuangan supaya lebih hemat daripada harus membeli makan di luar yang jelas-jelas akan mengakibatkan terjadinya pemborosan. Terlebih membawa bekal dari rumah tentunya menu yang disajikan lebih higienis dan sehat. Sehingga cara ini akan membuat dompet dan tubuh menjadi sehat.


Jangan Memakai Kartu Debit dan Kredit saat Berbelanja

Anda pasti mengira bila membawa uang cash saat berbelanja itu merepotkan. Sehingga Anda lebih suka memakai kartu kredit dan debit untuk berbelanja karena tinggal digesek saja sudah bisa langsung transaksi. Padahal berbelanja memakai 2 kartu ini akan menyulitkan Anda untuk memantau pengeluaran dan mengatur keuangan.

Karena pengeluarannya tidak memakai tunai, otomatis setiap transaksi menjadi tidak terlihat. Maka dari itu, pakai uang cash saat ingin berbelanja kebutuhan rumah tangga agar keuangan tetap aman dan tidak habis sebelum waktunya. Bila terpaksa memakai kartu, maka cara mengaturnya adalah dengan mencatat semua transaksinya.


Siapkan Dana Darurat

Satu hal penting untuk mengatur keuangan dengan baik supaya tidak berantakan adalah dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini akan sangat membantu saat Anda membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga. Misalnya mengganti lampu, memperbaiki laptop, biaya pengobatan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, tentunya Anda juga akan membutuhkan sarana rekreasi untuk menyegarkan otak. Namun, meskipun terlihat menyenangkan, ingat bahwa rekreasi pasti butuh biaya. Itulah sebabnya Anda harus menyiapkan uang cadangan bila ingin rekreasi bersama keluarga tercinta.


Evaluasi Pembayaran Rumah

Hampir setiap orang kesulitan mengatur keuangan di rumah saat cicilan rumah telah memotong gaji bulanannya. Maka dari itu, usahakan agar cicilan tersebut tidak memotong gaji bulanan Anda melebihi dari 25%. Itulah sebabnya sebaiknya cari KPR yang angsurannya ringan untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan.

Bila Anda belum siap mengambil angsuran rumah, pilih kontrakan saja yang lebih murah. Tentunya ada beberapa penawaran rumah yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Kuncinya adalah carilah informasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan tempat tinggal yang murah dan layak tanpa menghabiskan uang Anda.


Kurangi Naik Kendaraan saat Pergi ke Tujuan yang Dekat

Cara untuk mengatur keuangan lainnya adalah dengan mengurangi kebiasaan naik kendaraan seperti motor dan mobil saat ingin keluar di area yang dekat-dekat saja. Tentunya dengan berjalan kaki atau naik sepeda saja akan menghemat pengeluaran uang untuk membeli BBM.

Selain itu, cara ini juga efektif memberikan Anda manfaat tambahan. Yaitu bisa mendapatkan badan bugar dan sehat sepanjang waktu karena rutin berolahraga. Dengan begitu tidak hanya dompet saja yang aman, cara mengatur keuangan seperti ini efektif membuat tubuh semakin sehat.


Cari Tambahan Penghasilan 

Bila kondisi finansial Anda mulai terpuruk, di mana pengeluaran lebih besar dari pendapatan, maka cara mengatur kondisi keuangan dengan baik adalah cari pekerjaan sampingan. Manfaatkan waktu luang yang tersisa untuk bekerja secara part time. Anda bisa melakukan banyak usaha untuk mendapat penghasilan tambahan.

Misalnya saja dengan menjadi penulis lepas, menjual pulsa, dropshipper, dan lainnya. Yang paling penting dari mengatur keuangan ini adalah cari pekerjaan sampingan termudah dan praktis. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan Anda yang utama saat ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Bedakan Antara Keinginan dengan Kebutuhan

Untuk mengontrol pengeluaran lebih baik, sebaiknya Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Usahakan untuk lebih fokus pada kebutuhan daripada keinginan. Dengan cara mengatur keuangan ini akan membuat pengeluaran lebih terkontrol dan tidak sampai lapar mata setelah gajian. 

Dengan belajar mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak akan membuat dompet semakin aman. Selain itu, cara ini juga akan membuat semua kebutuhan di rumah tetap lancar tanpa terbayang-bayang oleh hutang. Itulah sebabnya belajarlah mengatur keuangan dengan baik supaya tidak ada masalah di kemudian hari.


Baca juga: Manfaat dan Jenis Investasi Bagi Generasi Milenial

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru