Gaya Hidup

10 Ciri Pekerja Keras yang Berpotensi Menjadi Sukses

Pretty Angelia Wuisan-

29 May 2021

10 Ciri Pekerja Keras yang Berpotensi Menjadi Sukses

Pekerja keras sering dikatakan sebagai orang yang gila bekerja, padahal tidak sepenuhnya seperti itu. Ciri pekerja keras berbeda dari yang Anda bayangkan. Bekerja keras itu memang penting untuk meraih kesuksesan, tapi bukan berarti harus terus-menerus bekerja. Menjadi pekerja keras sangat bisa diusahakan selama ada niat untuk itu.

Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda perlu mengetahui ciri pekerja keras yang dibahas di artikel ini. Siapa tahu dengan membacanya, Anda akan jadi termotivasi juga menjadi sosok yang pekerja keras.


Baca juga: Anda Wajib Tahu Kiat-Kiat Menjadi Pebisnis Sukses di Dunia


1. Punya target harian

Salah satu ciri pekerja keras adalah memiliki target harian. Target harian ini yang akan membuatnya mampu mengejar target utama untuk jangka yang panjang. Target hariannya ditentukan di hari sebelumnya, jadi ketika mulai bekerja di hari ini, dia akan tahu apa saja yang harus dikerjakannya. 

Ia dapat bekerja secara efisien dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Ia memang sosok yang produktif.

Target harian biasanya tidak begitu muluk. Justru karena dicicil setiap harinya, dia mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Akhirnya ia pun tidak harus kerja sampai malam hari atau menumpuk pekerjaan di akhir bulan.


2. Memiliki inisiatif yang tinggi

Sosok pekerja keras adalah mereka yang punya inisiatif tinggi. Dia akan maju lebih dulu, sebelum atasan menyuruhnya. Dia justru yang mendatangi atasan duluan untuk menanyakan proyek apa yang harus dikerjakannya sekarang. 

Atau dia tidak ragu untuk bertanya ketika ada sesuatu yang baginya kurang informatif. Ketika ia merasa tidak mengerti akan suatu hal, ia tidak ragu untuk meminta bantuan. Dalam dunia kerja, itu bukanlah sebuah kelemahan. Justru karena telah jujur, dia akan bisa mendapatkan solusi yang bagus dari rekan kerja atau dari atasannya.

Apabila dia hanya mengandalkan dirinya sendiri, nanti pekerjaannya tidak selesai-selesai dan dia yang akan stres sendiri.


3. Sosok yang tepat waktu

Pekerja keras adalah sosok yang menghargai waktu, oleh karena itu dia akan tepat waktu dalam melakukan apapun. Baginya waktu yang tersedia begitu singkat, jadi dia akan melewatinya sesuai yang direncanakan dan tidak akan menyia-nyiakannya.

Tepat waktu ini mulai dari datang tepat waktu di kantor, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan datang ke tempat janjian sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Jadi, dia tidak hanya tepat waktu di masalah pekerjaan. Ketika sedang bersama keluarga dan teman pun ia berusaha untuk hadir tepat waktu. Ia juga pintar dalam mengatur waktu sebaik-baiknya.


4. Tidak mudah menyerah

Mengalami kegagalan adalah hal yang menyesakkan. Apalagi jika merasa sudah berusaha secara optimal, tetap saja belum berhasil mencapai target. Namun, sebenarnya kegagalan ini hanya sementara. Inilah yang diyakini oleh mereka yang pekerja keras.

Sosok yang pekerja keras paham bahwa kegagalan bisa saja terjadi. Hanya saja dia mengubah pola pikirnya seperti ini, dia gagal karena dia sudah mencoba. Mencoba ini adalah langkah awal untuk menuju ke langkah besar berikutnya. 

Percobaan pertama bisa jadi gagal, tapi beruntungnya dia jadi tahu kesalahan dan kekurangannya di mana. Sehingga, di percobaan kedua dia akan mencari solusi yang pas agar kesalahan itu tidak ada terulang kembali.

Sosok pekerja keras akan terus mencoba sampai dia berhasil mendapatkan yang diinginkan.

 

5. Mau belajar sesuatu yang baru

Ciri pekerja keras yang berikutnya adalah senang belajar sesuatu yang baru. Dia tidak membatasi diri hanya belajar di sekolah. Setelah sekolah selesai, dia akan mencari ilmu baru dari berbagai macam sumber. Misalnya dari seminar, dari kursus, dari pelatihan, dan berbagai macam kegiatan lainnya yang bisa menambah ilmu.

Orang yang sedang merintis karier pun biasanya tidak ragu untuk menambah ilmu karena hal itu akan berguna untuk meningkatkan kemampuannya. 

Belajar sesuatu yang baru ini tidak harus semuanya bisa. Anda dapat memilih menambah ilmu di bidang yang berkaitan dengan profesi Anda atau sesuatu yang Anda sukai.

 

6. Terus berkembang secara konsisten

Ciri pekerja keras adalah konsisten dalam mengembangkan kemampuan. Menyambung dari poin sebelumnya, hal ini bisa dikaitkan dengan bakat atau minat. Tidak masalah minat hanya satu, tapi apabila diasah terus-menerus, maka akan menjadi yang ahlinya juga. 

Sosok pekerja keras biasanya tidak bosan mengembangkan kemampuan sampai dia mencapai yang diinginkannya. Hal itu karena dia mencintai apa yang dilakukannya. Dari sana dia bisa menjadi sosok yang sukses dan menginspirasi.


7. Selalu berusaha menjadi versi yang terbaik dari sebelumnya

Sosok pekerja keras selalu akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Caranya adalah dengan berani berpindah dari comfort zone. Dia berani menerima tantangan baru karena menyadari bahwa untuk sukses dia harus melakukan hal yang di luar kebiasaannya.

Mengerjakan sesuatu yang baru, mungkin akan sulit di awal karena harus beradaptasi terlebih dahulu. Namun, dari pembelajaran dan usaha yang dilakukannya, ia akan mampu melewati hal ini. Ia akan mampu beradaptasi dengan baik.


Baca juga: Tips Melepaskan Diri dari Sindrom Hedonic Treadmill


8. Tidak masalah bekerja dalam tim

Pekerja keras dapat bekerja sendiri, tapi dia tidak juga keberatan apabila harus bekerja sama dengan tim. Dia menyadari kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan darinya, tapi juga dari kerja sama tim yang baik. Kerja sama tim justru akan membuat pekerjaan jadi terasa lebih ringan.

Dia akan berusaha berkontribusi dengan baik di dalam tim. Akan tetap berinisiatif, tapi tidak maju sendirian. Dia akan berusaha membuat semua orang berkontribusi juga dalam tim. Kerja sama tim yang baik akan mendatangkan kesuksesan pada proyek yang dikerjakan.


9. Berani menyampaikan pendapat, tapi tidak egois

Pekerja keras berani menyampaikan pendapat baik berupa kritikan atau pujian. Namun, ia bukan sosok egois yang ingin menguasai podium. Ia akan berpendapat ketika menurutnya pendapat itu memang perlu diutarakan. Biasanya ketika meeting, dia akan berusaha aktif dalam forum tersebut.

Dia tidak merasa bersalah apabila pendapatnya tidak diterima dengan baik karena dia tahu tidak semua orang akan setuju. Yang terpenting dia sudah menyampaikan isi hatinya tanpa harus ditutup-tutupi. Ini juga berlaku ketika sedang menyampaikan ide untuk proyek baru.


10. Tidak lupa untuk beristirahat

Sosok yang selalu kerja keras memang begitu rajin bekerja, tapi dia akan ingat pentingnya istirahat. Tubuhnya tidak bisa dipakai untuk bekerja terus. Pikirannya harus didiamkan dulu agar bisa mengeluarkan ide-ide yang dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, dia akan meluangkan waktu untuk istirahat dengan baik.

Waktu istirahat ini tidak hanya digunakan untuk tidur, tapi juga bisa diisi dengan kegiatan lain yang tidak kalah santai dan menyenangkan, yaitu liburan. Untuk itu, tidak ada salahnya mengambil hari cuti jika Anda benar-benar membutuhkannya. Apalagi perusahaan sudah menyediakan hari cuti khusus untuk Anda. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya.


Di Modal Rakyat Anda Bisa Menyalurkan Dana Pada UMKM yang Membutuhkan

Anda yang ingin berinvestasi, bisa melalui P2P Lending Modal Rakyat. Caranya adalah dengan meminjamkan dana pada pelaku UMKM yang membutuhkan modal. Nilai modalnya bisa dimulai dari Rp100.000. Anda akan mendapatkan imbal hasil 25% per tahunnya, tentu akan menguntungkan buat Anda.

Berinvestasi di Modal Rakyat termasuk aman karena telah meraih izin dari OJK. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis sebesar Rp25.000. Anda bisa melakukan pendaftaran sebagai investor melalui halaman ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru