Finansial

Bisnis

Hindari Jebakan Pinjaman Online Bunga Kecil dengan Cara ini

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Feb 2021

Hindari Jebakan Pinjaman Online Bunga Kecil dengan Cara ini

Banyaknya penyedia jasa pinjaman online bunga kecil membuktikan bahwa saat ini perkembangan dunia keuangan semakin meningkat berkat adanya peran teknologi di dalamnya. Hal ini terbukti dari semakin mudahnya orang-orang mendapatkan bantuan keuangan secara online. Mereka semua bisa mendapat aliran dana segar dari para penyedia pinjol.

Yang mana kehadirannya sudah tidak lagi menjadi hal tabu. Bahkan hampir sebagian besar orang banyak yang mulai ketergantungan dengan mereka karena dilihat dari segi kemudahan prosesnya, pinjol itu sangat sederhana. Maka dari itu Anda harus lebih bijak supaya tidak terkena jebakan dari para pinjol abal-abal.


Baca juga: Waspada Pinjaman Online Ilegal, ini Ciri-Cirinya


Alasan Harus Mengajukan Pinjaman Online Bunga Kecil sesuai Kebutuhan

Salah satu bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang ketika melihat kemudahan dari pinjaman online adalah mereka selalu lupa bahwa saat mengajukan pinjaman tersebut maka ada beban biaya dan suku bunga yang harus dibayarkan setiap bulan. Sehingga pada akhirnya terjebak ke dalam jebakan.

Di mana pada akhirnya hutang mereka semakin menumpuk. Karena mereka tidak bisa membayar angsuran nya Tepat Waktu lengkap dengan bunganya. Maka dari itu itu solusinya adalah selalu gunakan pinjaman online bunga kecil saat membutuhkan saja.

Cara ini juga dibenarkan oleh OJK Dimana mereka telah memberikan saran bahwa sebaiknya maksimal pinjaman yang diajukan adalah 30% dari total penghasilan setiap bulan. Alasannya adalah supaya pihak kreditur tidak merasa terbebani ketika harus membayar angsurannya setiap bulan.

Misalnya bila total pendapatan Anda setiap bulan adalah Rp3 juta, maka seharusnya jangan pernah mengajukan pinjaman lebih dari Rp900 ribu. Namun meski begitu hal tersebut tetap kembali kepada pribadi masing-masing. Anda boleh mengajukan pinjaman online bunga kecil 30% dari penghasilan asalkan tahu konsekuensinya.

Bila Ternyata anda masih memiliki beberapa bagian yang harus dibayar setiap bulan sebaiknya perhatikan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai pada akhirnya anda hanya terjerat oleh pinjaman online karena salah memperhitungkan tagihannya setiap bulan.


Baca juga: Pinjaman Modal Online dengan Proses yang Cepat


Pentingnya Tidak Menganggap Remeh Pinjaman Online Bunga Kecil

Meski pada beberapa hutang online ada yang menetapkan suku bunga kecil sebaiknya jangan pernah menganggap remeh layanan tersebut. Karena bila tetap mengajukan pinjaman dalam jumlah besar melebihi dari kapasitas hal tersebut akan membuat kondisi keuangan Anda semakin berantakan.

Untuk itu bila melihat ada pinjaman online bunga kecil yang dapat mencairkan dana dalam hitungan 24 jam, sebaiknya lebih bijak dalam memilihnya atau menggunakan jasanya. Jangan pernah menggunakan uang pinjaman tersebut untuk hal-hal di luar dari kebutuhan anda yang seharusnya.

Karena itu nanti akan merugikan diri Anda sendiri. Terlebih saat ini sudah banyak platform pinjol yang memberikan banyak sekali kemudahan untuk para kreditur atau nasabahnya dalam mendapatkan aliran dana segar. Mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Sehingga sebagai calon kreditur harus lebih memperhatikan kebutuhannya. Jangan sampai apa yang dipinjam melebihi dari kebutuhan. Karena itu nanti akan mempengaruhi tagihan dan suku bunganya. Terlebih bila Anda suka mengambil pinjaman online bunga kecil namun pada banyak platform sekaligus.

Otomatis lama-lama akan menjadi bukit dan membawa masalah pada kehidupan finansial Anda. Jadi pastikan tidak pernah melakukannya meski hal tersebut terlihat mudah. Karena bila hal seperti ini dianggap remeh dari awal, itu juga akan membawa petaka di kemudian hari.


Baca juga: Kembangkan Usaha Anda dengan Pinjaman dari Modal Rakyat


Pinjaman Online Bunga Kecil Masih Kalah dari Kartu Kredit

Seperti yang diketahui bahwa proses untuk mengajukan pinjaman online itu lebih mudah dari apa saja, termasuk pengajuan lewat credit card. Bahkan dengan menggunakan akun media sosial dan KTP saja, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman langsung. Hal ini berbeda sekali ketika ingin mengajukan lewat credit card.

Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi dulu untuk mendapatkan bantuan. Bahkan persyaratannya terbilang rumit, lengkap dengan prosesnya juga lama. Namun ketika membicarakan tentang suku bunganya, tentu saja jauh lebih ringan kartu kredit. Karena umumnya mereka hanya menawarkan bunga 2.25%.

Jelas ini sangat berbeda dengan pinjaman online bunga kecil, yang notabene katanya rendah bunganya namun tetap saja jauh lebih tinggi dari kartu kredit. Anda bisa menghitung atau melihat sendiri berapa besar suku bunga yang harus dibayarkan ketika menggunakan jasa pinjol untuk memenuhi kebutuhan.

Bahkan begitu Anda lupa tidak membayarnya tepat waktu, otomatis semua yang terlihat mudah akan langsung menjadi pahit begitu saja. Bahkan hanya dengan keterlambatan 2 hari saja, Anda akan langsung berhadapan dengan teror yang terus-terusan. Belum lagi metode penagihan lainnya yang terkadang tidak manusiawi.


Baca juga: Mudahnya Mendapat Pinjaman Modal Usaha dari Modal Rakyat


Pentingnya Memahami Biaya Tambahan Pinjaman Online Bunga Kecil

Perlu diketahui bahwa meski ada kata-kata manis berupa bunganya kecil, namun sebaiknya perhatikan juga masalah tambahan biayanya. Biasanya dalam beberapa informasi di awal hutang tertulis beberapa biaya tambahan yang harus dibayar selain suku bunganya. Mulai dari biaya penalti, administrasi, denda keterlambatan, dan bunganya.

Jadi pastikan hanya meminjam untuk hal-hal produktif, bukan konsumtif agar hal tersebut memberi manfaat kepada Anda. Karena bila Anda mengajukan hutang untuk hal yang konsumtif, otomatis itu bisa mempengaruhi keuangan. Salah satunya menjadi bermasalah dan tidak stabil.

Anda harus ingat bahwa hutang itu tidak pernah memberikan solusi apa-apa terhadap masalah finansial. Justru bila sudah terlanjur ketagihan, hal tersebut membuat Anda sulit untuk melepasnya dan semakin terjerat tanpa ada habisnya. Itulah sebabnya sebaiknya atur keuangan dengan baik supaya tidak terlilit hutang yang dalam.

Melihat hal tersebut, maka penting bagi setiap calon peminjam harus lebih pandai dalam memperhatikan kebutuhan serta biaya tambahan yang dibebankan. Anda harus berpikir panjang terhadap segala kemungkinannya, termasuk kemampuan pembayarannya. Barulah setelah yakin mampu membayarnya, Anda bisa mengajukan pinjaman online bunga kecil.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru