Bisnis

Ide Bisnis Hijau untuk Memberikan Dampak Positif

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jul 2020

Ide Bisnis Hijau untuk Memberikan Dampak Positif

Selain bisa mendapatkan keuntungan, memiliki bisnis hijau bisa melibatkan Anda untuk menjaga lingkungan. Mengkampanyekan Go-Green bisa memberikan dampak positif agar lebih banyak orang yang sadar untuk memiliki gaya hidup yang lebih baik untuk kelestarian alam.

Lalu, apa saja ide bisnis hijau yang bisa dilakukan? Berikut idenya untuk Anda.


Baca juga: Inilah Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil, Keuntungan Tinggi


Kebun untuk Ruang Kecil

Muncul kekhawatiran yang berkembang tentang dari mana makanan kita berasal dan apa yang dilakukan untuk itu. Ini berarti semakin banyak orang yang ingin menanam makanan mereka sendiri, di mana pun mereka tinggal.

Ada beberapa cara untuk mengembangkan ide berkebun ruang kecil menjadi bisnis:

  • Hasilkan "green-paks", koleksi kecil nampan tanaman berbiji yang cocok di balkon terkecil dan memungkinkan orang untuk menanam sayuran mereka sendiri.
  • Pada skala yang lebih besar, sebagai perancang taman Anda dapat mengkhususkan diri dalam instalasi taman di atap.
  • Buat bisnis hijau yang berfokus pada produk yang akan membantu orang menanam makanan mereka sendiri, seperti rumah kaca yang cocok untuk rumah hunian atau pengendalian hama ekologis.
  • Pertanian cacing dan penjualan kompos organik adalah ide bisnis berkebun hijau lainnya yang mungkin cocok untuk Anda.


Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Sistem Pemanas Air Tenaga Surya

Biaya energi tradisional terus meningkat - membuat ide bisnis hijau terkait dengan penghematan energi dan memotong biaya energi menjadi taruhan yang aman untuk saat ini dan di masa depan.

Sistem pemanas air tenaga surya dapat memberikan penghematan biaya energi yang signifikan (menyediakan hingga 70% dari air panas keluarga ketika dipasang dengan benar, menurut beberapa distributor).


Produk Pembersih Ramah Lingkungan

Dari cucian hingga kendaraan, semuanya harus dibersihkan. Tetapi orang-orang jauh lebih sensitif terhadap apa yang dicurahkan ke saluran pembuangan dan ingin bisa mendapatkan kilau tanpa tekanan lingkungan.

Satu ide bisnis hijau untuk membantu mereka mencapai ini adalah menjual produk pembersih yang ramah lingkungan. Ini adalah ide bisnis hijau lainnya yang dapat berfungsi dengan baik sebagai situs e-commerce.

Going green juga merupakan strategi pemasaran yang bagus untuk bisnis pembersihan. Bisnis pembersihan komersial dan residensial masih merupakan ide bisnis "panas" karena permintaan akan layanan kebersihan masih terus meningkat. Menggunakan hanya produk pembersih ramah lingkungan dalam bisnis pembersihan Anda dapat memberikan Anda keunggulan kompetitif.


Alternatif Ramah Lingkungan Lokal

Orang-orang menginginkan alternatif ramah lingkungan dari produk yang telah mereka gunakan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, pasar pertanian telah berkembang biak di Amerika Utara, menjual segala sesuatu mulai dari daging sapi, babi, atau unggas lokal hingga sabun dan bahan pembersih buatan lokal. Bicaralah dengan asosiasi pasar pertanian lokal Anda atau toko daging tentang menjual produk Anda secara lokal.


Bisnis Konsultasi Hijau

Ketika harga energi naik dan menjadi hijau menjadi semakin populer, lebih banyak individu dan bisnis ingin menjadi lebih hijau tetapi tidak tahu apa tindakan terbaik. Jadi konsultasi hijau adalah ide bisnis yang waktunya telah tiba.

Konsultan hijau menyusun rencana tindakan untuk klien mereka dengan memeriksa lingkungan klien mereka dan menganalisis kekuatan dan kelemahan lingkungan mereka. Misalnya, rumah atau bisnis mungkin menggunakan lebih banyak energi daripada yang diperlukan untuk pemanasan atau pendinginan karena kurangnya stripping cuaca, atau isolasi.

Beberapa bisnis konsultasi hijau juga menawarkan manajemen acara. Ide bisnis hijau adalah bahwa perusahaan konsultan akan memastikan bahwa setiap aspek acara, mulai dari iklan hingga pengelolaan limbah, ditangani dengan cara yang paling ramah lingkungan.


Bangunan Hijau

Green building atau bangunan hijau adalah tren yang penuh dengan kemungkinan untuk memulai bisnis hijau baru. Perusahaan konstruksi, arsitek, perancang dan kontraktor dapat berspesialisasi dalam bangunan hijau.

Green building menyerukan semua jenis produk hijau yang bisa menjadi fondasi bisnis kecil Anda yang baru, dari toilet hemat air melalui kayu bekas hingga sistem pemanas air tenaga surya.


Baca juga: Manfaat Usaha Sampingan, Raih Penghasilan Sembari Rebahan

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru