Finansial

Ingin Belajar Investasi Online dengan Mudah? Ini Dia Caranya

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jul 2020

Ingin Belajar Investasi Online dengan Mudah? Ini Dia Caranya

Apakah Anda sudah memulai untuk investasi online? Bila belum, Anda dapat memulainya sekarang. Ada banyak ragam jenis produk investasi yang bisa dibeli untuk mencapai tujuan finansial Anda. Para anak muda saat ini juga sudah mulai tertarik berinvestasi untuk mempersiapkan dana di masa depan. 

Apalagi di era digital, proses investasi tentu lebih mudah. Bila akan memulai investasi, Anda harus mempelajarinya dengan baik. Jangan hanya tergiur dengan return (keuntungan) yang besar saja. Bisa jadi Anda malah terjebak dalam investasi penipuan yang justru merugikan dan membuat kecewa. 

Untuk itu, perlu belajar mengenai ragam jenis produk investasi, mekanisme investasi, serta cara analisis setiap produk investasi. Memang investasi online memudahkan para investor dalam bertransaksi serta belajar sehingga dapat mengembangkan dana dengan optimal. 

Tetapi Anda juga harus mau belajar supaya dana yang diinvestasikan tidak rugi, melainkan memberikan untung. Anda tidak perlu takut, proses belajar bisa diawali dari hal yang mendasar dan bertahap, yang terpenting adalah selalu berproses. 


Baca juga: 7 Investasi Online Menguntungkan dan Terpercaya untuk Anda


Menetapkan Target Keuangan untuk Memotivasi Anda

Sebelum melakukan investasi online, tentukan terlebih dahulu target maupun tujuan keuangan yang akan dicapai. Tujuan ini penting untuk ditetapkan supaya Anda lebih termotivasi dalam berinvestasi. Jadi Anda memiliki dorongan yang jelas ketika berinvestasi. 

Tidak hanya sekadar semangat memulai investasi di awal saja, namun juga selama proses investasi tetap bersemangat dengan mengingat tujuan. Selain sebagai penyemangat, tujuan yang jelas dan rinci akan membuat Anda semakin mudah dalam menetapkan jenis investasi online. 

Buatlah tujuan dengan perincian serta dasar realistis. Jadi tujuan yang ditetapkan akan lebih mudah diukur dan lebih memungkinkan untuk dicapai. Dengan begitu Anda dapat menetapkan instrumen yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan Anda yang realistis.


Mengumpulkan Informasi yang Lengkap dan Terpercaya

Menjalankan Investasi online sebetulnya tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi Anda yang masih awam dan pemula, perlu menyediakan waktu dan tenaga untuk belajar lebih mengenai investasi beserta cara analisisnya. Untuk mempelajari mekanisme investasi, istilah-istilah, dan ragam produk yang ditawarkan pun cukup menyita waktu banyak.

Anda perlu belajar secara bertahap karena bagaimanapun juga investasi memiliki risiko. Bukan berarti Anda tidak bisa berinvestasi. Meminimalisasi kemungkinan potensi kerugian dengan berinvestasi ilmu. Kumpulkan ragam informasi yang terpercaya mengenai investasi. 

Pengetahuan yang lengkap dan mendalam akan membantu Anda nantinya. Ada banyak sumber belajar serta sumber informasi yang bisa dipelajari sebelum investasi online. Anda bisa mempelajari melalui kelas online, buku, media tepercaya, dan beragam media belajar lainnya. 

Setelah memiliki bekal yang cukup, Anda bisa mengawali investasi dengan lebih aman. Proses belajar investasi tidak hanya di awal saja, namun terus dilakukan selama Anda berinvestasi agar Anda bisa bertindak ketika menghadapi kendala nantinya.


Sediakan Dana Khusus untuk Investasi

Dana untuk berinvestasi merupakan dana yang khusus sudah Anda siapkan. Jadi, sisihkan dan buat budget khusus dari pendapatan Anda. Sisihkan dana investasi setelah dana kebutuhan hidup dan tabungan darurat sudah terpenuhi. 

Jadi ketika berinvestasi, siklus hidup Anda tidak terganggu karena kebutuhan serta dana darurat sudah ada apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Anda dapat menyisihkan dana investasi online sebesar 20% hingga 30% dari penghasilan Anda. 

Bisa juga kurang dari itu jika Anda sebagai pemula. Yang penting tidak mengganggu dari kebutuhan hidup Anda maupun keluarga tiap bulannya. Pelan-pelan sambil belajar Anda dapat meningkatkan besaran budget khusus investasi. Yang penting dana tersebut disiapkan secara khusus dan rutin tiap bulannya.


Memilih Produk Investasi yang Tepat 

Produk investasi online yang tepat bagi Anda belum tentu tepat bagi orang lain. Jadi, tetapkan pemilihan produk investasi berdasarkan tujuan keuangan yang sudah Anda buat sebelumnya. Berapa besaran dana yang ingin Anda capai? Berapa modal yang dimiliki? 

Dalam waktu berapa lama tujuan itu akan dicapai? Hal-hal tersebut akan membantu Anda memilih produk investasi yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk investasi online berdasarkan profil risiko yang dimiliki. Apakah Anda tergolong investor yang konservatif, moderat atau agresif? 

Pilihlah instrumen berdasarkan kondisi Anda pribadi. Jadi tidak bisa disamakan pemilihan instrumen antara Anda dengan orang lain. Karena selain kebutuhannya berbeda, tujuan serta kondisi tiap pribadi juga berbeda. Apabila Anda pemula, bisa mencoba investasi online untuk jangka panjang. 

Investasi jangka panjang cenderung lebih mudah dalam melihat pola serta proses pengembangan dana dari tiap-tiap produk. Selain itu, investasi jangka panjang dapat dimulai dari dana yang minim serta risiko kerugian juga lebih kecil. Hal ini lebih baik meskipun return yang dijanjikan tidaklah sebesar produk agresif.


Pelajari Lebih Dalam tentang Analisis 

Dalam melakukan investasi online, jangan hanya berfokus pada hasil serta return saja. Tentu akan lebih penting bila Anda sebagai investor berfokus dalam pengelolaan dana yang sedang dikembangkan. Jangan lupakan proses serta analisis peluang. 

Jadi teruslah belajar mengenai beragam teknik analisis yang diperlukan pada tiap-tiap produk investasi, terutama produk investasi yang Anda beli. Selain itu Anda perlu memiliki kesadaran bahwa selalu ada risiko di tiap investasi online. Yang bisa Anda lakukan adalah meminimalisasi peluang terjadinya risiko tersebut. 

Selain memilih lembaga keuangan investasi serta produk yang tepercaya, Anda dapat meminimalisasi risiko kerugian dengan mempelajari teknik analisis. Jadi, Anda mengembangkan dana tidak sekadar untung-untungan, namun dengan perhitungan serta pertimbangan terukur.

Ketika berinvestasi, Anda juga terus akan belajar. Salah satu produk investasi yang bisa dipilih adalah P2P Lending dari Modal Rakyat. P2P Lending merupakan produk investasi pendanaan yang membantu para pengusaha UMKM. Sebagai pemula, Anda dapat memulai investasi online dengan dana yang minim di Modal Rakyat. 


Baca juga: 10 Kesalahan Pengelolaan Keuangan saat Berumur 20-an

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru