Finansial

Gaya Hidup

Ingin Bisa Menabung Setiap Hari? Ini Tipsnya!

Paskalia-

19 Jul 2019

Ingin Bisa Menabung Setiap Hari? Ini Tipsnya!

Bagi beberapa orang menabung adalah hal yang menyenangkan, tapi ada kalanya ketika kita ingin membeli sesuatu yang sifatnya mendesak, otomatis harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Salah satunya adalah berusaha untuk menabung setiap hari. Mungkin hal itu terdengar agak sulit dilakukan karena Anda memiliki banyak tanggungan. Oleh karena itu Anda perlu menyimak tips untuk menabung setiap hari yang akan kami bahas.


Baca Juga : 9 Tips Menabung Uang Agar Cepat Terkumpul


Pentingnya Menabung

Menabung di dalam mengelola keuangan memang sangat berguna. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menabung. Seperti manfaat berikut ini.


1. Terbiasa untuk hidup hemat

Dengan menabung maka Anda dapat belajar untuk hidup hemat. Hal itu sangat berguna untuk mengontrol diri Anda yang tadinya sering berperilaku boros menjadi lebih hemat.

2. Memiliki cadangan uang ketika keperluan sedang mendesak

Ketika Anda telah rajin menabung, maka Anda tidak akan pusing  saat kebutuhan mendesak datang. Tabungan Anda bisa menjadi sesuatu yang menyelamatkan Anda di kemudian hari. Jadi, menabung ini perlu diusahakan.

3. Jauh dari utang

Menabung juga bisa membuat Anda jauh dari utang. Memiliki utang itu seringnya merepotkan Anda. Cara untuk menghindarkan Anda dari utang adalah dengan memiliki tabungan yang cukup.

4. Investasi jangka panjang

Menabung bisa menjadi investasi yang bagus untuk Anda, terutama jangka panjangnya. Anda tidak perlu khawatir tentang inflasi karena menabung tidak harus di bank. Anda bisa menabung dengan tabungan logam mulia atau investasi lainnya yang Anda senangi. Uang tabungan Anda bisa Anda gunakan untuk keperluan penting nantinya, misalnya membangun bisnis kecil dalam masa pensiun.


Tips agar bisa menabung setiap hari

Supaya Anda bisa menabung setiap hari berikut ini adalah tips yang mungkin akan membantu Anda supaya dapat melakukan hal itu.


1. Lunasi utang Anda

Untuk mudah menabung setiap hari, Anda sebaiknya segera lunasi seluruh utang Anda. Terutama utang-utang yang dibebankan bunga dan punya jatuh tempo. Setelah semua utang bisa dibayarkan, Anda akan lebih leluasa dalam menabung karena tidak ada beban yang perlu Anda pikirkan. 


Baca Juga : Bantu Ekonomi Indonesia Lewat P2P Lending, Yuk!


2. Alihkan menjadi tabungan ketika kredit usai

Kredit memang tidak sama dengan menabung, tapi ketika kredit sudah selesai dilunasi, Anda bisa menabung seolah-olah menganggapnya sebagai kredit. Dengan begitu Anda akan menabung secara rutin seperti Anda membayar kredit di waktu dulu.

3. Utamakan menabung

Cara mainnya sangat mudah, yaitu jangan menganggap tabungan berasal dari sisa uang bulanan Anda. Anda dapat menyiasatinya dengan langsung menabung ketika mendapatkan gaji di hari pertama. Saat itu pisahkan uang tabungan di rekening yang berbeda. Besarnya sesuai dengan keinginan Anda, tidak harus muluk-muluk. Tabungan Anda pun langsung terisi tanpa menunggu adanya uang sisa.

4. Jangan anggap remeh uang receh

Sering kali orang–orang  mendapat uang kembalian ketika setelah berbelanja, dan uang itu bisa digunakan untuk menabung, lebih tepatnya disimpan di celengan. Dijamin tips ini akan membuat Anda jadi lebih rajin menabung.

5. Menahan nafsu berbelanja

Jangan mudah gelap mata jika tiba-tiba melihat diskon besar-besaran. Jika barang diskon itu bukan yang Anda butuhkan, sebaiknya Anda buang jauh-jauh keinginan untuk berbelanja. Jangan karena hanya ada promosi, Anda jadi ingin beli semuanya. Agar bisa menabung setiap hari, Anda sebaiknya membeli sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sekadar ingin.

6. Mendaftar asuransi

Asuransi tidak hanya penting untuk proteksi, tapi Anda juga bisa berinvestasi dengannya. Anda tinggal memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan memiliki imbalan yang Anda sukai. Suatu hari nanti uang hasil asuransi bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Agar tidak lupa membayar, gunakan fasilitas autodebet dalam asuransi.

7. Mengikuti arisan

Menabung bisa dipraktikkan dalam bentuk arisan. Arisan bisa sangat menguntungkan ketika Anda menahan diri untuk tidak belanja saat arisan. Biasanya akan ada banyak orang yang berjualan di arisan, di sini Anda harus ingat skala prioritas. 

8. Simpan bonus yang didapatkan

Apabila Anda mendapatkan hadiah dari undian, uang tambahan dari perusahaan, dan segala macamnya, Anda jangan langsung menggunakannya untuk bersenang-senang. Anda bisa menyimpannya dulu sebagai tabungan untuk masa depan yang lebih baik.


Peluang untuk mendapatkan uang tabungan tambahan

Nah itu dia tips Agar bisa menabung setiap hari. Selain tips bisa menabung setiap hari, kami juga akan menjelaskan tentang beberapa peluang untuk mendapatkan uang tabungan tambahan. Inilah cara-caranya. 


1. Menjadi Guru Les Privat

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi guru les privat ini relatif kecil, kecuali jika murid Anda lokasinya jauh, Anda harus menyiapkan dana transportasi. Akan sangat beruntung apabila transportasi Anda ditanggung. Lalu, yang Anda butuhkan untuk menjadi guru les privat adalah Anda harus siap dengan ilmu yang Anda miliki. Tarif yang Anda pasang bisa disesuaikan dengan tarif yang umum digunakan guru les privat lainnya yang satu kota dengan Anda.

2. Berjualan Pulsa dan Token listrik

Berjualan pulsa dan token listrik sangat mudah tanpa biaya besar. Waktu yang diperlukan pun tidak memiliki aturan yang ketat. Modalnya dapat Anda mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 juta. Anda bisa memulai menjual pulsa dan token listrik pada orang-orang terdekat Anda seperti saudara, tetangga, dan teman.

3. Membuka Toko Online

Saat ini toko online merupakan salah satu bisnis yang dilakukan oleh banyak orang. Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan sampingan, bahkan penghasilan yang utama. Anda bisa menjual apa saja, mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, alat elektronik, sepatu, tas, dan masih banyak lagi.


Itulah tips agar Anda bisa menabung sesering mungkin sampai target Anda tercapai dan tabungan itu bisa berguna buat Anda di kemudian hari. Selamat mencoba.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat





Artikel Terkait
image image
Artikel Baru