Finansial

Ingin Investasi Emas? Ketahui 4 Keuntungan Berikut

Kabrina Rian Ferdiani-

21 Jul 2020

Ingin Investasi Emas? Ketahui 4 Keuntungan Berikut

Investasi emas menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang mulai memikirkan tentang investasi dari sekarang. Investasi merupakan aktivitas penting bagi setiap orang. Pasalnya, Anda tak pernah tahu jika suatu saat akan terjadi hal-hal tak terduga sehingga membutuhkan pengeluaran biaya dalam jumlah tidak sedikit.

Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda mulai berinvestasi sejak dini. Bahkan kini kaum millenial pun semakin terbuka dengan pengelolaan keuangan sehingga tertarik untuk terjun ke dunia investasi. Di Indonesia sendiri masyarakat menanamkan modalnya pada jenis investasi yang berbeda-beda.

Misalnya seperti saham, deposito, reksa dana, mata uang asing, dan investasi emas. Emas saat ini masih menjadi pilihan investasi bagi kebanyakan orang Indonesia. Hal ini bukan disebabkan karena nihilnya pilihan investasi lain. Akan tetapi, masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi pada komoditas emas. 

Hal ini karena masyarakat Indonesia memahami betul jika berinvestasi dengan emas memiliki banyak keuntungan yang akan mereka dapat. Jika Anda tertarik dengan investasi emas, ada baiknya mengetahui beberapa keuntungan di bawah ini terlebih dahulu.


Baca juga: Mengenal Karakteristik Investasi Emas Bodong dan Tipsnya Memilih Jenisnya


Likuiditas Emas Tinggi

Emas merupakan komoditas logam mulia yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dilihat dari segi likuiditasnya, investasi yang satu ini tergolong pada investasi dengan tingkat likuiditas tinggi. Hal ini berbeda dari jenis investasi lain seperti saham, reksa dana, deposito, bahkan properti sekali pun yang tingkat likuiditasnya tak sebaik investasi emas

Likuiditas artinya potensi kemungkinan benda yang diinvestasikan dicairkan atau dikonversikan menjadi bentuk uang tunai. Investasi yang likuid artinya Anda dapat melakukan pencairan atau penukaran benda investasi menjadi uang tunai. Hal ini berlaku pada komoditas emas karena tingkat daya jual kembalinya terbilang tinggi dan cepat.

Investasi emas memungkinkan Anda untuk dapat memperoleh uang tunai dengan menukar atau menjual kembali emas secara mudah dan cepat. Maka tak heran jika banyak masyarakat masih memiliki kecenderungan untuk berinvestasi dengan emas. Di samping tingkat likuiditasnya yang tinggi, emas juga mudah dalam penyimpanannya.


Nilai Emas Selalu Naik

Salah satu kekhawatiran banyak orang saat memutuskan untuk berinvestasi adalah terjadinya penurunan harga sehingga berakibat pada kerugian. Akan tetapi, hal ini tidak terjadi jika Anda memilih emas sebagai investasi pilihan. Emas adalah komoditas yang memiliki nilai positif untuk investasi karena harganya cenderung meningkat.

Setiap tahun emas mengalami kenaikan harga sehingga sangat cocok dijadikan aset berupa investasi emas untuk masa depan. Menurut riwayat atau histori harganya, dapat dilihat bahwa nilai emas cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 

Meskipun ada kalanya harga emas turun, namun hal ini sangat jarang terjadi dan penurunannya pun tidak tajam. Berapapun modal yang Anda miliki, tak ada salahnya mulai mengalokasikan dana tersebut untuk membeli emas murni. 

Selain untuk menghindarkan diri dari sifat konsumtif yang berlebihan, uang yang dibelikan emas akan menjadi investasi berharga untuk masa depan. Terlebih investasi emas ini nilainya cenderung selalu naik sehingga risiko rugi relatif kecil.

Dengan adanya peningkatan harga emas dari tahun ke tahun, tak heran jika masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi pada logam mulia emas. Emas adalah pilihan tepat untuk rencana investasi dalam jangka panjang. Meskipun perlu menanti dalam waktu cukup lama, namun keuntungan yang akan Anda peroleh tidak akan sia-sia. 


Emas Dapat Melindungi Kekayaan

Kekayaan yang Anda miliki nilainya tidak tetap, bahkan dapat mengalami penurunan. Membeli barang-barang seperti mobil mewah, gadget canggih, atau barang elektronik tentunya akan membuat nilainya menurun di masa depan. 

Hal ini berbeda jika Anda mengalokasikan dana tersebut untuk investasi emas, baik berupa emas perhiasan, batangan, koin, atau sertifikat. Di samping itu, memiliki tabungan berupa uang tunai juga berpotensi mengalami kerugian jika terjadi inflasi atau krisis ekonomi.

Ada banyak hal yang dapat berpengaruh pada kenaikan laju inflasi di suatu negara, misalnya kondisi ekonomi dan politik yang tidak stabil. Pengaruh inflasi tentunya akan membuat uang Anda menurun nilainya.

Adanya lonjakan inflasi juga dapat membahayakan investasi lain seperti saham hingga mata uang. Salah satu cara untuk melindungi aset kekayaan yang aman adalah dengan investasi emas. Emas memiliki nilai tetap cenderung naik dan meningkat. Harga emas tidak terpengaruh oleh laju inflasi sehingga tidak membahayakan nilainya. 

Bahkan saat inflasi berlangsung, nilai emas bisa mengalami peningkatan dan naik lebih tinggi. Sehingga aset kekayaan Anda tidak perlu dikhawatirkan meskipun sedang terjadi inflasi besar-besaran. Untuk itu, mempercayakan investasi pada komoditas emas memiliki risiko yang relatif kecil dibanding jenis investasi lainnya.


Investasi dengan Tingkat Risiko Rendah

Investasi emas adalah jenis dengan risiko yang terbilang kecil. Tak heran jika banyak orang tertarik mengalokasikan dananya untuk membeli emas, baik berupa emas batangan, emas koin, emas perhiasan, maupun sertifikat emas. 

Nilai emas yang relatif selalu naik menjadikan investor tak perlu khawatir dan justru dapat menyimpan emas dalam jumlah banyak. Keuntungan yang diperoleh saat melakukan investasi emas memang tak sebanyak saham. 

Akan tetapi, jika Anda masih pemula dalam dunia investasi, alangkah baiknya mengutamakan keamanan dengan mengambil risiko yang lebih kecil. Meski demikian, Anda juga dapat menjadikan emas sebagai diversifikasi investasi di samping investasi saham, mata uang asing, dan lainnya.

Banyak keuntungan jika Anda memilih emas sebagai investasi untuk masa depan. Emas lebih likuid dibanding instrumen lain sehingga Anda bisa mencairkannya dengan mudah dan cepat. Nilainya yang selalu naik dari tahun ke tahun juga merupakan keunggulan tersendiri. Investasi emas sangat disukai karena risikonya rendah dan tidak terpengaruh inflasi. 


Baca juga: Investasi Emas Menguntungkan, Inilah Alasannya



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru