Bisnis

Finansial

Inilah Peluang Usaha Berjualan di e-Commerce

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Jan 2021

Inilah Peluang Usaha Berjualan di e-Commerce

Seiring berjalannya waktu, membuat toko online di e-commerce semakin digemari. Hal ini dikarenakan didukung oleh perkembangan teknologi internet yang semakin maju. Kegiatan belanja online semakin populer di kalangan semua masyarakat umum, khususnya generasi milenial.

Karena tinggal pesan langsung dari HP menggunakan koneksi internet, produk apa saja bisa langsung diantar ke rumah.

Melihat hal tersebut, maka tidak heran bila sekarang ini banyak toko konvensional menjadi sepi. Terlebih selama pandemi COVID-19, banyak orang lebih suka berbelanja secara online daripada offline.

Banyak orang kemudian mencoba untuk memasarkan produk mereka di e-commerce. Tentu hal ini tidaklah mudah. Namun, e-commerce memang menjadi media yang tepat untuk memulai bisnis online.


Baca juga: Kelebihan dan Tantangan Promosi Melalui Endorsement


3 Jenis Produk Terlaris Penjualannya Secara Daring

Sebelum menjual produk secara daring, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Misalnya, Anda perlu memastikan kualitas produk yang dijual benar-benar bagus, membuat produk yang dicari oleh orang-orang, juga memikirkan strategi marketing yang baik.

Berikut adalah 3 jenis produk yang paling laris penjualannya secara daring:

Produk kuliner

Rata-rata produk makanan yang paling laris saat ini melalui penjualan online adalah berbentuk beku. Banyak orang menyukai frozen food seperti bakso, sosis, otak-otak, nugget, dll. Karena berbagai macam makanan tersebut paling nikmat disajikan di rumah saat malas kemana-mana.

Produk bayi

Aksesoris bayi merupakan salah satu peluang usaha terbesar bila ingin melakukan penjualan secara daring. Karena banyak ibu-ibu rumah tangga biasanya lebih suka membeli peralatan buah hatinya secara online supaya praktis dan tidak lelah.

Produk kesehatan

Selama pandemi corona seperti ini, tingkat penjualan berbagai macam produk kesehatan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan para masyarakat mulai sadar dengan kesehatan tubuhnya sehingga mereka selalu mengkonsumsi berbagai macam produk untuk menjaga imunnya.


Alasan Membuka Bisnis e-Commerce Saat ini

Ada banyak alasan kenapa sekarang ini bisnis e-commerce menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Mengingat semuanya serba internet, sehingga banyak orang mulai tergantung dengan dunia digital. Untuk itu berikut akan disebutkan beberapa manfaat bila Anda menjalankan usaha e-Commerce, antara lain:

Alasan utama kenapa Anda harus mencoba bisnis ini adalah karena sangat fleksibel. Bisnis online cocok sekali untuk mereka yang ingin membuka usaha tanpa dipusingkan terhadap masalah tempatnya. Karena bisnis online dapat dijalankan di mana saja asalkan tersambung oleh media internet.

Jadi sebenarnya menjadi pengusaha online itu tidak harus kaya dulu. Bahkan semua orang bebas menjalankannya dengan dana terbatas tanpa harus menyiapkan tempat penjualan offline. Cukup manfaatkan media sosial saja, maka peluang usaha e-Commerce menggiurkan untuk siapa saja.

Dibandingkan dari usaha pada umumnya, e-Commerce merupakan bisnis yang sangat praktis cocok untuk siapa saja. Bahkan saat ini para generasi milenial yang berstatus sebagai pelajar banyak yang menggeluti dunia tersebut. Karena dengan bantuan aplikasi digital, mereka bisa menghasilkan banyak uang tanpa modal besar.

Mengingat mekanismenya dijalankan secara online, artinya jangkauan konsumen Anda semakin luas hingga ke seluruh dunia. Itu berbeda sekali bila Anda hanya berjualan offline saja. Tentunya berbisnis online itu bila dijalankan sungguh-sungguh bisa memberikan Anda banyak keuntungan yang menggiurkan karena jangkauan pelanggannya luas.


Baca juga: 7 Cara Mengetahui Strategi Konten Marketing Kompetitor


Tips Membuka Toko Usaha di e-Commerce

Sebelum mencoba berbisnis online, sebaiknya pahami dulu strateginya. Karena meski terlihat mudah, fleksibel, dan keuntungannya menggiurkan, namun semua itu tidak akan diraih dengan mudah bila Anda tidak tahu caranya. Maka dari itu berikut akan dijelaskan tips menjalankan usaha jualan online di e-commerce:

Buat nama toko yang unik

Pilih nama yang mudah diingat orang lain. Pikirkan nama yang jika dibaca akan langsung diingat oleh calon konsumen Anda. Asosiasikan dengan produk yang Anda jual agar pelanggan lebih mudah ingat.

Manfaatkan media sosial

Manfaatkan media sosial dengan baik untuk mengenalkan toko Anda. Karena media sosial merupakan senjata terbaik untuk berbisnis online dan mendapatkan banyak pelanggan secara daring.

Manfaatkan promo dari e-commerce yang dipilih

Biasanya, e-commerce menyediakan berbagai promo untuk penggunanya. Anda bisa memanfaatkan promo seperti gratis ongkos kirim untuk menarik perhatian calon konsumen. Ini penting untuk mendapatkan lebih banyak follower dan konsumen di toko online e-commerce Anda.

Sekarang bisnis e-Commerce termasuk cara terbaik yang dapat dicoba siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, dan orang dewasa. Semua orang tidak harus bingung dengan masalah modal. Karena peluang usaha bisnis tersebut sangat besar sekali, bahkan bisa juga dijalankan tanpa modal asalkan punya koneksi internet.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru