Finansial

Mengenal Investasi Emas, Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Kabrina Rian Ferdiani-

13 Jul 2020

Mengenal Investasi Emas, Inilah Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Ada beragam kegiatan investasi yang dapat memberikan Anda banyak keuntungan, salah satunya investasi emas. Kehidupan modern dengan segala kemajuan teknologinya menyebabkan kebutuhan masyarakat kian meningkat. Berbagai kebutuhan tersebut antara lain mulai dari kebutuhan harian, rumah tangga, pendidikan, kesehatan, fashion, gadget, hingga rekreasi. 

Jika semua kebutuhan tersebut tidak disiasati secara tepat, maka hal ini dapat berakibat buruk pada kondisi keuangan Anda. Maka dari itu, banyak konsultan keuangan yang sangat menyarankan setiap orang untuk melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, misalnya jual beli saham, mata uang, property, atau investasi emas.

Investasi ini nantinya dapat memberikan manfaat positif bagi keuangan Anda karena Anda akan memperoleh banyak keuntungan secara finansial. Tak harus menunggu memiliki modal besar untuk berinvestasi. Misalnya jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas, tak ada salahnya menjadikan logam mulia emas sebagai investasi jangka panjang.

Investasi emas adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang memulai berinvestasi dengan modal terbatas. Caranya pun terbilang mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Di samping itu, investasi ini memiliki profil risiko yang relatif rendah. Jika Anda tertarik menginvestasikan modal pada emas, ada baiknya menyimak penjelasan berikut.


Baca juga: Mau Investasi Emas? Begini Tips Membelinya


Mengenal Investasi Logam Mulia Emas

Investasi yang satu ini merupakan aktivitas menginvestasikan sejumlah modal pada logam mulia berupa emas. Sejak dahulu, emas memang dikenal sebagai komoditas yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Emas juga sering dikaitkan dengan simbol kekayaan. Dengan memiliki komoditas emas murni, maka Anda telah melakukan investasi emas untuk masa depan. 

Emas termasuk dalam logam mulia yang berwarna kuning gelap dan berkilau. Emas sendiri sangat umum dijadikan bahan pembuatan berbagai perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan sebagainya. Memakai perhiasan emas merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemakainya karena logam ini memiliki keindahan khusus dan bernilai tinggi.

Selain dijadikan perhiasan, emas juga kerap dijumpai dalam bentuk koin atau emas batangan. Untuk melakukan investasi emas, Anda dapat memilih apakah hendak membeli dalam bentuk perhiasan, batangan, atau koin. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan emas tersebut di tempat khusus yang aman dan bisa dijual kembali saat situasinya mendukung.

Tak hanya berupa emas fisik, Anda juga dapat menginvestasikan modal Anda pada investasi emas. Investasi tabungan emas juga menguntungkan karena penyimpanannya dilakukan oleh pihak penyedia produk tabungan emas. Saat ini Anda dapat melakukan pembelian emas secara konvensional dengan mendatangi institusi resmi penjual emas atau membeli secara online.


Apa Saja Jenis-Jenis yang Bisa Dipilih

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis emas yang bisa dipilih. Berikut beberapa jenisnya untuk Anda pahami dahulu.

Emas Perhiasan

Jenis yang pertama yaitu perhiasan emas. Emas perhiasan banyak dipilih karena tak hanya menjadi benda investasi emas saja, tetapi juga dapat digunakan fungsinya secara langsung, yakni sebagai perhiasan. Tak heran jika emas perhiasan banyak digemari kaum hawa. Emas perhiasan ini merupakan investasi jangka panjang yang memberi keuntungan.

Emas Batangan

Emas batangan tergolong dalam investasi emas yang sangat aman karena sifatnya tetap dan tidak berubah. Emas batangan ini sifatnya sangat mudah dijual kembali terutama jika Anda membutuhkan uang dalam waktu mendesak. Emas batangan termasuk investasi yang paling menguntungkan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Koin Emas

Selain dalam bentuk batangan dan perhiasan, koin emas juga merupakan pilihan bagi yang ingin berinvestasi dengan logam mulia emas. Koin emas secara umum perbedaannya tidak begitu jauh dibanding investasi emas lainnya. Logam mulia ini relatif aman dari gejolak inflasi dan bisa mengikuti nilai mata uang asing.

Sertifikat Emas

Tak hanya memanfaatkan emas fisik saja, namun Anda juga dapat berinvestasi dalam bentuk sertifikat emas. Sertifikat emas merupakan sertifikat resmi yang menunjukkan bahwa Anda memiliki tabungan emas di suatu bank tertentu. Sertifikat emas dapat menjadi alternatif investasi yang menguntungkan bagi Anda.


Alasan Mengapa Memilih Emas sebagai Investasi Pilihan

Sebelum menentukan jenis investasi yang akan dipilih, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa pertimbangan seperti keamanan, tingkat imbal hasil, hingga risikonya. Memilih investasi emas patut Anda pertimbangkan. Investasi ini terbilang aman karen nilai emas tidak terpengaruh lonjakan inflasi. Jadi, jika terjadi inflasi Anda tak perlu khawatir dengan emas yang Anda simpan.

Logam emas juga memiliki harga yang rata-rata mengalami kenaikan setiap tahunnya. Meskipun terkadang ada periode di mana emas mengalami penurunan harga, akan tetapi hal in jarang terjadi. Sebaliknya, kenaikan emas berlaku lebih sering bahkan setiap tahun. Jadi logam mulia emas ini sangat cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Salah satu keunggulan investasi emas ini adalah risiko kerugiannya rendah. Hal ini karena harga emas tidak dipengaruhi oleh gejolak ekonomi seperti inflasi maupun faktor eksternal lain. Lain halnya jika Anda memilih investasi saham yang risikonya lebih besar karena harga saham sangat fluktuatif dan ditentukan banyak faktor.

Emas juga merupakan investasi yang tak harus memiliki modal besar. Anda bisa membeli emas dengan dana di bawah satu juta untuk 1 gram emas. Jika ada dana tambahan, Anda dapat menambah emas secara berangsur-angsur. Keuntungan lainnya, Anda dapat mengonversikan emas ke dalam bentuk tunai secara mudah dan cepat.

Berinvestasi merupakan kegiatan yang dapat mengamankan kondisi finansial Anda di masa depan. Meski demikian, Anda tetap harus menimbang jenis investasi apa yang paling cocok dan menguntungkan untuk dijalankan sesuai kondisi finansial saat ini. Jika menginginkan investasi yang aman dengan risiko rendah, maka investasi emas adalah pilihan tepat.


Baca juga: Investasi Emas vs P2P Lending: Mana yang Lebih Baik?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru