Finansial

Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Jan 2021

Investasi Emas dengan Memanfaatkan Media Sosial

Pengaruh media sosial terhadap investasi emas ternyata cukup tinggi bahkan dampaknya bisa banyak untuk semua aspek. Mulai dari transaksinya sampai beritanya. Jadi peran media sosial itu banyak sekali untuk semua aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Media yang biasa dijadikan sebagai alat komunikasi ini ternyata juga berguna untuk mencari informasi apa saja, mulai dari berupa video, gambar, dan tulisan. Semuanya bisa dicari lewat media tersebut secara real time. Sehingga cocok sekali untuk mereka yang gaptek terhadap informasi menggunakan teknologi terkini.

Beruntungnya hampir setiap orang saat ini memiliki akun medsos, termasuk pada investor investasi emas. Demi memperlancar bisnisnya, banyak dari mereka memanfaatkan media tersebut sebelum melakukan transaksi. Karena ditinjau dari mana saja hasilnya tetap sama dan menguntungkan.

Maka dari itu cara ini sering dipakai oleh para pengusaha untuk mengamankan dananya ketika melakukan bisnis apa saja. Sehingga segala bentuk informasi yang dibutuhkan bisa ditemukan dengan mudah berkat bantuan medianya tersebut. Semuanya bisa diakses secara gratis dan instan.


Baca juga: Investasi Emas Putih vs Emas Kuning: Mana yang Lebih Baik?


Peran Media Sosial Saat Melakukan Investasi Emas

Selain sering dijadikan sebagai tempat mencari teman secara real time, ternyata banyak juga manfaat yang diberikan oleh media tersebut. Salah satunya adalah untuk mencari informasi apa saja termasuk soal layanan jual beli emas. Anda bisa melihat ulasan dan testimoni penggunanya secara langsung.

Semua komentarnya biasanya tersaji lengkap tanpa ada penipuan karena informasinya dilihat secara realtime. Sehingga bila Anda jeli memperhatikannya, maka investasi emas menggunakan bantuan metode ini akan sangat membantu sekali. Terlebih bila jago analisis, maka prediksinya akan semakin akurat saat mengamati kondisi pasar kedepannya.

Salah satu cara paling mudah mencari informasi adalah memakai hastag. Cara ini cukup populer untuk mencari informasi apa saja, mulai dari pergerakan harganya, perubahan regulasi, dampak bencana alam terhadap nilai jualnya, dll. Jadi investor benar-benar merasa aman bila mengamatinya dengan baik.

Hanya saja perlu dipahami juga bila terkadang ada juga berita hoax yang beredar. Jadi Anda harus bisa membedakan berita asli dan hoax saat memanfaatkan teknologinya ketika mau investasi emas. Meski terlihat praktis dan mudah, tetap saja hati-hati terhadap akun palsu yang belum terverifikasi keamanannya.

Biasanya perusahaan yang sudah terverifikasi itu ada tanda centangnya pada akunnya. Maka dari itu jangan lupa memantau berita rutin ketika melakukan bisnis ini. Karena ternyata berita besar membawa pengaruh besar terhadap perekonomian dunia. Sehingga investor wajib mengamati setiap perubahan saham yang terjadi secara global.


Tips Memanfaatkan Media Sosial selama Berinvestasi

Meski tidak semua informasinya benar dan ada beberapa hoax juga, namun ternyata ada trik tersendiri untuk mengantisipasinya. Sehingga Anda bisa melakukan investasi emas dengan cara yang aman terkendali, bebas dari segala resiko buruk kedepannya. Berikut adalah tipsnya.

  1. Perhatikan akun medsos perusahaan dan testimoni dari pelanggannya tersebut. Akun resmi perusahaan itu biasanya memiliki karakteristik tersendiri seperti tanda checklist. Sedangkan akun pemberi testimoni atau ulasan yang benar seharusnya merupakan member aktif. Maksudnya bukan hasil beli akun saja untuk mengulas informasi tertentu.
  2. Jangan langsung percaya terhadap akun sosial media saat investasi emas. Anda harus menganalisanya dengan baik bila mau mengikutinya. Cek semua yang ada mulai dari statusnya, riwayat, temannya, bahasa, dan semua informasi didalamnya. Barulah setelah yakin bagaimana cara mereka berinteraksi, maka Anda bisa mengikutinya.


Meski media sosial dikatakan sebagai alat terbaik untuk memudahkan semua orang mendapat berita informasi apa saja secara cepat dan real time. Namun tetap saja tidak boleh asal menyimpulkan informasi apa saja secara langsung. Anda harus memperhatikan banyak hal dan jangan cuma percaya pada 1 sumber.

Semakin banyak sumbernya yang mengulas pada topik investasi emas sama, maka disitulah Anda bisa menentukan pilihan. Namun bila yang mengulas hal tersebut hanya ada 1 saja, sebaiknya cari sumber lainnya hingga benar-benar yakin terhadap beritanya tersebut.


Baca juga: Investasi Emas Sangat Menguntungkan saat Sedang Genting


Faktor yang Menyebabkan Peningkatan Harga Emas

Harga emas juga sempat mengalami peningkatan tertinggi hingga 2 tahun terakhir ketika ada kondisi yang tertentu. Brexit adalah sebuah kejadian unik yang membuat harga emasnya menjadi semakin melonjak. Padahal banyak orang yang sudah mengira bila harganya cenderung tidak begitu dipengaruhi oleh kelesuan ekonomi.

Padahal sebenarnya peningkatan harganya tersebut bisa Anda prediksi sendiri sebelum investasi emas. Sehingga dari situ Anda akan tahu berapa besar peluang keuntungan dan prospek kedepannya bila memilih cara ini untuk mengamankan modal di masa tua.

Umumnya salah satu penyebab harganya melonjak adalah adanya permintaan safe haven dari para konsumen. Situasi geopolitik inilah yang menjadikannya sebagai safe haven bagi kebanyakan orang. Sehingga hal tersebut membuat emas dianggap lebih aman, mengingat USD sedang melemah.

Selain itu, inflasi juga mempengaruhi prospek investasi emas kedepannya. Naik turunnya pergeseran harga menjadikan harganya justru membaik. Saat permintaannya semakin banyak, hal tersebut berdampak pada harganya juga. Begitu juga saat nilai tukar mata uang dolar melemah.

Nilai USD yang melemah justru memberikan manfaat bagi investor. Karena hal tersebut membuat harga emasnya meningkat dan cocok sekali dipilih sebagai momen terbaik melakukan investasi di masa itu. Karena hasilnya pasti menggiurkan bila melakukannya dalam kondisi terbaik.

Adanya media sosial membuat informasi apa saja termasuk faktor yang menyebabkan peningkatan harga emas lebih mudah. Sehingga investor bisa mendapat manfaat bila tahu strateginya. Namun meski begitu setiap investor investasi emas harus cermat supaya tidak salah memilih sumber berita.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru