Bisnis

5 Investasi yang Tidak Pernah Rugi dan Cara Melakukannya

Amry Nur Hidayat-

06 Sep 2022

5 Investasi yang Tidak Pernah Rugi dan Cara Melakukannya

Setiap investasi selalu memiliki risiko, tetapi faktanya ada beberapa bentuk investasi yang tidak pernah rugi. Hal tersebut dinilai dari potensi yang akan dihasilkan dari waktu ke waktu. Artinya, jika tidak dapat menguntungkan hari ini maka akan lebih menguntungkan di masa mendatang.  


Apa Investasi yang Tidak Pernah Rugi?

Investasi adalah sebuah tindakan menanam atau mengumpulkan sesuatu dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Tidak hanya materi, objek investasi juga dapat berbentuk non materi. Bahkan, investasi non materi tersebut menjadi bentuk investasi yang tidak akan rugi.

Seperti apakah investasi yang tidak membuat rugi? Berikut ini adalah contoh-contoh dari investasi tidak pernah rugi:

  • Investasi Pengetahuan
  • Investasi untuk Meningkatkan Skill
  • Investasi Waktu untuk Orang-Orang Terkasih
  • Investasi untuk Menjalin Relasi
  • Investasi Kesehatan dengan Berolahraga


1. Investasi Pengetahuan

Seperti namanya, investasi pengetahuan berarti upaya menambah pengetahuan sebanyak mungkin. Bentuk investasi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti sekolah akademis, observasi, membaca buku,, dan lainnya. Semakin luas ilmu pengetahuan yang dimiliki, maka semakin besar peluang untuk memanfaatkan keadaan menjadi keuntungan. 


2. Investasi untuk Meningkatkan Skill

Kemampuan atau skill adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam dunia yang semakin berkembang. Seorang yang ahli akan lebih dibutuhkan dalam berbagai pihak. Oleh karena itu, setiap individu harus melatih skill, baik menambah berbagai skill atau memperdalam skill yang sudah dimiliki. 


3. Investasi Waktu untuk Orang-Orang Terkasih

Meluangkan waktu untuk bertemu dan mengobrol dengan orang terkasih adalah bentuk investasi lain yang tidak akan membuat rugi. Melalui pertemuan, transfer ilmu dan memori akan terjadi. Pengetahuan dan memori akan menjadi aset berharga di masa yang akan datang. 


4. Investasi untuk Menjalin Relasi

Semakin banyak teman, maka semakin banyak potensi bantuan yang akan didapatkan. Relasi yang luas akan memudahkan Anda dalam membangun kerja sama. Jika Anda adalah seorang pebisnis, maka relasi dapat membuat Anda memiliki banyak pelanggan atau banyak bantuan modal. 


5. Investasi Kesehatan dengan Berolahraga

Kesehatan badan adalah aset berharga. Selain karena akan menghemat biaya pengeluaran pengobatan, investasi kesehatan juga akan membuat Anda dapat mewariskan tubuh yang baik untuk anak atau keturunan. Menjaga pola makan, pola tidur, dan olahraga akan menghasilkan keuntungan kesehatan di masa mendatang. 


Baca Juga: Belajar dari 10 Kebiasaan Orang Sukses di Dunia


Apa itu Investasi Leher ke Atas?

Investasi leher ke atas merupakan istilah untuk menyebut investasi pada ”kepala/otak”. Artinya, investasi tersebut tidak menyasar keuntungan materi secara langsung, melainkan menyasar pengetahuan, pengalaman, koneksi atau jaringan, dan lainnya. Investasi ini sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum investasi materi. 

Meskipun tidak menyasar pada keuntungan materi secara langsung, bukan berarti investasi leher ke atas tidak akan mendatangkan kekayaan materi. Investasi ke atas dilakukan justru dengan tujuan membuka kemungkinan keuntungan yang lebih besar. Bentuk investasi ini juga akan mengecilkan risiko pada keputusan investasi materi yang akan dilakukan. 


Bagaimana Cara Investasi Leher ke Atas?

Ada banyak upaya yang dapat dilakukan untuk investasi ke atas. Hal-hal tersebut dapat dilakukan dengan menyesuaikan usia supaya lebih efektif, meskipun lebih dini lebih baik. Berikut ini adalah cara-cara investasi leher ke atas yang dapat Anda coba. 

  • Memperbanyak Teman dari Berbagai Latar Belakang
  • Membaca Buku dan Mengetahui Perkembangan Dunia
  • Mengikuti Pelatihan Keterampilan
  • Membantu Usaha Orang Lain
  • Mempelajari Spiritual


Baca Juga: Macam-macam Skill yang Dikembangkan untuk Karier yang Sukses


1. Memperbanyak Teman dari Berbagai Latar Belakang

Kekeliruan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah berteman dengan orang-orang yang seirama atau satu tujuan. Padahal, dalam dunia bisnis, itu sama saja kita berteman dengan kompetitor. Tindakan yang baik untuk dilakukan adalah berkenalan dengan banyak orang lain yang memiliki latar belakang berbeda. 

Semakin beragam latar belakang teman-teman yang dimiliki, maka semakin lebar pula peluang untuk mendapat manfaat. Dari teman yang beragam tersebut Anda akan memperoleh pengetahuan berbeda, proyek kerja sama berbeda, dan lainnya.  


2. Membaca Buku dan Mengetahui  Perkembangan Dunia

Salah satu cara memecahkan masalah adalah dengan cara teoritis, yang didapatkan dari membaca buku. Pengetahuan yang diperoleh dari dalam buku akan membuat Anda dapat menangani masalah, seolah sudah pernah mengalaminya. Semakin banyak buku yang dibaca, maka semakin beragam pula pengetahuan cara-cara memecahkan masalah. 

Selain itu, update informasi perkembangan dunia akan membuat Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan keadaan terbaru. Manfaatkan media informasi sebaik-baiknya agar mendapat informasi yang bermutu. 


3. Mengikuti Pelatihan Keterampilan

Dalam membentuk karakter diri, Anda boleh memilih apakah akan menjadi seseorang dengan sikap generalis atau apakah harus spesialis. Generalis adalah seseorang yang mengetahui dan bisa melakukan banyak hal tetapi tidak mendalam, sementara spesialis adalah seseorang yang hanya mampu melakukan sedikit hal tetapi sangat mendalam. Jika Anda ingin menjadi pemimpin, generalis bisa menjadi pilihan yang baik. 

Jika Anda ingin menjadi kepala dari sebuah tim, maka serba bisa adalah karakter yang baik. Dengan begitu, Anda akan dapat melakukan back up pada berbagai tugas yang tidak terselesaikan anggota tim. Untuk itu, pelajari banyak hal sejak dini dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan.


4. Membantu Usaha Orang Lain

Selain teoritis, pengetahuan empiris juga sangat penting untuk dimiliki. Salah satu cara agar Anda memiliki pengalaman tanpa risiko adalah dengan membantu orang lain yang sedang melakukan usaha tertentu. Dengan cara membantu, Anda akan memiliki posisi yang cukup dekat untuk melihat usaha dijalankan. 

Identifikasi yang Anda lakukan dapat berguna jika suatu hari Anda melakukan usaha serupa. Oleh karena itu, jangan enggan membantu teman yang melakukan gerakan tertentu walaupun tidak dibayar. Magang dan menjadi volunteer lazimnya menjadi pilihan bagi remaja yang ingin menambah pengalaman. 

Selain bantuan secara langsung, Anda juga dapat membantu orang-orang dari berbagai wilayah di Indonesia untuk membangun usaha. Untuk melakukan itu, Anda dapat menjadi pendanaan di Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah fintech yang menyalurkan modal bantuan dari donatur kepada para pelaku usaha di Indonesia. Sebagai pendana, Anda harus memberikan modal melalui Modal Rakyat. Dana tersebut akan disalurkan kepada para pelaku UMKM potensial di berbagai tempat. Pendana akan mendapatkan bagian keuntungan, yaitu sebesar 18% per tahun. 


5. Mempelajari Spiritual

Spiritualitas yang baik dibutuhkan untuk menjaga kontrol diri. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan masalah ketuhanan, tetapi juga berhubungan dengan kebijaksanaan dalam bertindak sampai soal kesehatan tubuh. Seseorang yang memiliki pengetahuan spiritual baik akan lebih bijaksana dalam bertindak dan cenderung memiliki kesehatan yang baik karena lebih tenang. 

Spiritualitas tidak dapat dipelajari secara mendadak dan dalam intensitas yang padat dalam waktu singkat. Oleh karena itu, spiritualitas harus dipelajari sejak dini. Dalam dunia investasi material, hal ini akan mengontrol rasa rakus yang dapat menimbulkan kerugian.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru