Finansial

Jaminan Berupa Bilyet Cek Atau Giro, Bodong Kah?

Ari Panjaitan-

25 Sep 2018

Jaminan Berupa Bilyet Cek Atau Giro, Bodong Kah?
Banyak sekali pertanyaan yang masuk kepada tim Modal Rakyat tentang bagaimana cara kita memastikan bahwa jaminan cek bilyet cek/giro tidak bodong. Berikut adalah caranya:

  1. Biasanya bilyet cek atau giro tersebut berupa bilyet cek atau bilyet giro yang merujuk ke Rekening Omset Aktif yang diberikan ke ModalRakyat untuk keperluan analisa laporan keuangan. Misalnya rekening koran 3 bulan terakhir yang disubmit adalah BCA Giro nomor 111-555-1234, maka Modal Rakyat melakukan pengecekan dari fisik bilyet cek atau bilyet giro, bahwa adalah benar merujuk ke rekening koran tersebut.
  2. Modal Rakyat dapat memastikan bahwa nomor rekening yang tercantum di bilyet cek atau bilyet giro adalah nomor rekening yang aktif pada bank tertentu
  3. Pada saat Penerimaan bilyet cek atau bilyet giro kita akan memastikan bilyet tersebut diisi dengan baik, tidak ada penebalan atau kesalahan penulisan yang disengaja.
  4. Apabila pada waktu Jatuh Tempo, bilyet cek atau bilyet giro yang dicairkan ternyata menunjuk ke rekening yang tidak ada atau kurang saldo, maka peminjam yang membuka bilyet cek atau giro akan kami laporkan pada lembaga keuangan negara yang berwenang dan perusahaan peminjam tersebut akan masuk dalam Daftar Hitam Nasional (DHN). Adapun konsekuensi yang dihasilkan dari perusahaan yang masuk DHN adalah tidak adanya kepercayaan dari partner bisnis, penolakan kredit dimanapun, penolakan pembukaan rekening giro, penolakan pembukaan kartu kredit, tidak bisa mengikuti lelang.
Demikian prosedur yang kami lakukan untuk melakukan pengecekkan apakah bilyet cek atau giro tersebut bodong atau tidak sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kemanan jaminan bilyet cek atau giro yang diberikan oleh peminjam.


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru