Finansial

Jangan Sampai Kebablasan, Intip 5 Tips Bijak Pakai Fitur Paylater

Kabrina Rian Ferdiani-

06 Mar 2020

Jangan Sampai Kebablasan, Intip 5 Tips Bijak Pakai Fitur Paylater

Fitur Paylater saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup milenial. Pasalnya, fitur ini menjadi “juru selamat” bagi kita untuk membeli kebutuhan dalam keadaan darurat dengan mudah.

Nggak hanya mudah prosesnya, fitur ini juga menawarkan banyak promo menarik. Hal ini, tentunya jadi godaan bagi sebagian besar milenial. Secara tidak langsung, Paylater membuat mereka menjadi lebih konsumtif.

Dengan kemudahan yang ditawarkan dan berbagai promo menarik yang ditawarkan, tak sedikit orang kalap belanja dan akhirnya terjebak utang yang berkepanjangan.

Nah supaya nggak kebablasan, yuk intip tips bijak menggunakan Paylater. 


Baca juga: Kebiasaan Finansial yang Dilakukan oleh Generasi Milenial


1. Pilih Layanan yang Legal

Hal yang penting diperhatikan sebelum menggunakan fitur Paylater adalah memilih platform penyedia Paylater yang legal dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Ini juga berlaku buat fintech yang menyediakan fitur Pay Later dan juga investasi.


2. Perhatikan Bunga dan Tenor Cicilan

Ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum menggunakan fitur Paylater. Di antaranya adalah tenor cicilan, beban bunga, limit pinjaman, dan denda.

Kalau kamu sanggup membayar tagihan selama satu bulan, sebaiknya jangan ditunda karena bunga yang harus dibayarkan akan lebih lebih kecil. Namun, kalau tidak sanggup membayarnya dalam waktu 1 bulan, kamu bisa ajukan perpanjangan waktu.

Perhatikan juga limit pinjaman, jangan sampai memilih jumlah limit melebihi pendapatanmu ya. Pastikan kamu bayar cicilan tepat waktu karena kalau telat, kamu akan dikenakan denda yang akan membuat pengeluaranmu makin membengkak.

Sesuaikan tenor cicilan dan limit pinjaman dengan kemampuan finansialmu saat ini.


Baca juga: Apa itu Body Positivity yang Digaungkan Tara Basro?


3. Gunakan dalam Keadaan Darurat

Sebelum bertransaksi menggunakan fitur Paylater, pikirkan baik-baik apakah produk yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau sekadar keinginan. Hal ini bertujuan supaya kamu lebih bisa memprioritaskan keperluan dan terhindar dari utang berkepanjangan.


4. Manfaatkan Promo dengan Bijak

Memanfaatkan promo dan potongan harga yang ditawarkan penyedia layanan Paylater memang bisa membuat kamu lebih hemat. Tapi kalau tidak disikapi dengan bijak, promo juga malah membuatmu kalap belanja dan akhirnya membeli barang-barang yang nggak diperlukan.


Baca juga: 5 Zodiak ini Punya Bakat Bisnis Alami


Penulis: Urban Asia

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru