Finansial

Bisnis

Jenis-Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

Paskalia-

09 Aug 2019

Jenis-Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

Berinvestasi menjadi hal yang menguntungkan apabila Anda mengetahui apa saja jenis-jenis investasi. Ya, tentu saja untuk berinvestasi kita harus mengantongi ilmu supaya tidak rugi di masa depan, serta bisa melakukan investasi yang sesuai dengan porsi kita.

Pada artikel ini akan dibahas tentang jenis investasi, tapi sebelumnya kami akan memberikan sedikit informasi tentang investasi dan beberapa hal penting tentang investasi. 


Pengertian Investasi

Berinvestasi merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan untuk Anda yang ingin mengamankan finansial di masa yang akan datang, baik untuk finansial Anda sendiri maupun finansial keluarga. Beberapa alasan dan situasi menjadi dasar mengapa investasi harus dilakukan.

Misalnya saja, saat ini Anda bekerja dan berada di usia produktif. Bayangkan saja bagaimana nasib Anda nanti setelah pensiun dan tidak memiliki penghasilan. Lebih baik berinvestasi di usia produktif supaya di hari tua nanti Anda bisa merasakan kebebasan finansial.


Baca juga: Faktor yang Menyebabkan Harga Emas Cenderung Stabil


Manfaat Berinvestasi

Tentu ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan investasi, dan manfaat-manfaat tersebut perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diraih ketika berinvestasi.

1. Makmur dalam Hal Keuangan

Berinvestasi membebaskan kita dari kekurangan karena dengan berinvestasi kita tidak akan menjadi orang yang boros. Justru kita akan menyimpan uang yang lebih untuk kesejahteraan di masa nanti.


2. Siap Menghadapi Inflasi

Inflasi adalah hal yang sangat mungkin terjadi di masa sekarang, serta masa nanti. Yang kita lakukan adalah menghadapi inflasi dengan penuh persiapan. Salah satunya adalah dengan berinvestasi.


3. Mensejahterakan Masa Depan

Berinvestasi sejak dini membuat Anda lebih bersiap diri dengan masa depan yang belum pasti. Walaupun belum pasti, tentunya Anda ingin di masa depan hidup Anda lebih sejahtera dibandingkan saat ini. Masa depan Anda ditentukan dari keputusan Anda di masa kini.


4. Meningkatkan Pendapatan

Jika hanya mengandalkan penghasilan yang diperoleh per bulan, pendapatan yang Anda hasilkan akan terus stagnan. Lain halnya jika Anda memutuskan untuk berinvestasi. 

Misalnya, Anda berinvestasi Rp25 juta di tahun ini, lima tahun kemudian uang tersebut bisa saja bertambah menjadi Rp100 juta. Hal itu sangat mungkin terjadi saat Anda berinvestasi properti atau investasi lainnya yang tidak kalah menguntungkan. 


Baca juga: Investasi Jangka Pendek yang Cocok Bagi Investor Pemula


Jenis-jenis Investasi yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui tentang pengertian dan manfaat dari berinvestasi, sekarang saatnya Anda mengetahui tentang jenis-jenis investasi yang populer di Indonesia. Diharapkan dengan memiliki wawasan tentang jenis-jenis investasi ini, Anda akan lebih mudah memilih instrumen investasi yang sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, simak jenis-jenis investasi berikut ini. 

1. Properti

Investasi properti dikenal sebagai salah satu jenis-jenis investasi yang menjanjikan dan lebih banyak dipilih dari jenis investasi lainnya. Memang benar diperlukan modal yang besar untuk melakukan investasi jenis ini, tapi keuntungan yang diraih juga besar.

Properti yang bisa digunakan untuk berinvestasi bisa apa saja, bisa apartemen, rumah, tanah, ruko, dan lainnya. Umumnya yang paling diminati masyarakat adalah investasi rumah dan tanah. 

Dengan investasi rumah, orang bisa mengontrakkan rumah tersebut dan mendapatkan passive income setiap bulan dan setiap tahun, dengan nominal rupiah yang telah disepakati oleh pengontrak rumah dan pemilik rumah. 

Tanah sangat bagus dijadikan sebagai alat investasi karena nilainya yang selalu naik tahun demi tahun. Investasi tanah akan lebih menguntungkan apabila tanah yang dimiliki berada di tempat yang sangat strategis. Meski investasi tanah di desa juga menguntungkan, tapi selisih harga setiap tahunnya tidak terlalu besar.


2. Emas atau Logam Mulia

Sering ada salah kaprah dari pernyataan emas adalah alat investasi. Sebagian menilai bahwa emas pantas dijadikan sebagai alat investasi, tapi ada juga yang berpendapat emas bukanlah alat investasi, melainkan barang yang bisa menjaga nilai aset. 

Padahal emas adalah salah satu instrumen investasi yang ajaib. Buktinya emas masih dianggap sebagai logam mulia padahal usianya sudah sangat tua.

Harga emas memang meningkat setiap tahunnya, tapi tetap saja menyesuaikan dengan keadaan ekonomi di masa itu. Harga emas bisa saja naik saat menjelang hari raya dan bisa juga turun saat masa-masa tahun ajaran baru sekolah. 

Lalu, emas yang seperti apa yang bisa dijadikan untuk berinvestasi? Emas yang paling efektif untuk dijadikan investasi adalah emas batang atau logam mulia. Alasannya, logam mulia ini memiliki harga yang lebih stabil dan kualitas yang bagus. 

Untuk berinvestasi logam mulia, disarankan untuk menyimpannya paling cepat dalam waktu tiga tahun karena perbedaan waktu inilah yang akan memberikan perbedaan harga.

Ada juga yang memilih emas dalam bentuk perhiasan untuk berinvestasi. Hal itu sah-sah saja, tapi Anda harus mengetahui jika emas perhiasan dijual kembali harganya biasanya akan turun.


3. Deposito

Tahukah Anda bahwa sebenarnya keuntungan dari beberapa jenis-jenis investasi tidak bisa dihitung secara pasti? Ya, hal ini berlaku apabila Anda memilih berinvestasi di logam mulia dan properti. Beda halnya dengan berinvestasi di deposito.

Investasi yang telah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan ini hasilnya bisa dihitung sejak awal sehingga Anda pun akan mudah untuk memperkirakannya.

Yang perlu Anda perhatikan adalah keuntungan dari investasi deposito tidak lebih besar dari investasi properti atau logam mulia. Risikonya pun terbilang rendah, jadi sangat cocok untuk pemula.


4. Reksa Dana

Salah satu dari jenis-jenis investasi ini bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Selain menguntungkan, reksa dana juga terjamin keamanannya. Anda bisa berinvestasi reksa dana dari modal yang sangat kecil. Pengelolaannya pun tidak perlu Anda ambil pusing karena akan dibantu orang yang ahlinya, yaitu Manajer Investasi.


5. Obligasi

Obligasi adalah investasi yang nilainya lebih tinggi daripada investasi deposito. Bentuk dari investasi ini adalah Obligasi Ritel Indonesia atau ORI dan obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Anda akan mendapatkan pengembalian modal ditambah dengan bunga yang bisa dibayar secara rutin. 


Itulah lima jenis-jenis investasi populer yang harus Anda ketahui dan bisa Anda coba. Jika uang Anda saat ini tidak terlalu banyak, Anda bisa mencoba investasi logam mulia atau reksa dana, tapi jika uang Anda cukup banyak Anda bisa mencoba investasi properti yang akan memberikan Anda keuntungan yang besar pula.


Baca juga: 8 Jenis Investasi Untuk Karyawan, Mana yang Paling Cocok?


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru