Finansial

Kartu Debit adalah: Pengertian dan Cara Menjaga agar Aman

Brigitta Winasis-

10 Jun 2021

Kartu Debit adalah: Pengertian dan Cara Menjaga agar Aman

Di Indonesia, penggunaan kartu debit cukup populer untuk menggantikan pembayaran secara tunai maupun cek. Berbeda halnya dengan kartu kredit, kartu debit terikat langsung dengan pemilik rekening tabungan.

Saat Anda berbelanja menggunakan kartu debit, Anda menarik uang dari tabungan tersebut. Kartu debit adalah salah satu pilihan cara pembayaran yang mudah dan praktis.

Kartu debit tidak memungkinkan Anda untuk berutang. Umumnya ada batas pembelian harian. Artinya Anda dibatasi hanya dapat membayar dalam jumlah tertentu setiap harinya.

Ada dua tujuan kartu debit, yaitu menarik uang dari rekening bank di ATM dan tujuan cash back yang ditawarkan atas penjualan. Kartu debit dapat dipakai membeli sesuatu.


Baca juga: Biaya Transfer Antar Bank Terlengkap Ada di Sini


Apa itu Kartu Debit?

Kartu debit adalah kartu untuk membayar secara elektronik. Kartu ini dikeluarkan bank untuk menggantikan pembayaran tunai.

Anda dapat membayarkan uang sesuai sisa saldo yang terdapat di rekening. Kartu debit juga memungkinkan penarikan uang tunai di ATM (anjungan tunai mandiri).


Cara Menggunakan

Ketika bank menerbitkan kartu debit, Anda selanjutnya diminta membuat PIN. Kode PIN untuk kartu debit terdiri dari 6 digit.

Anda dapat mengatur PIN sesuai keinginan. Ingatlah baik-baik nomor tersebut dan selalu jaga agar tidak diketahui orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan atau pencurian.

Selanjutnya, bayarlah transaksi Anda menggunakan kartu debit. Jika Anda berbelanja secara fisik, Anda akan diminta menyerahkan kartu debit ke kasir untuk diproses.

Kartu debit membutuhkan otorisasi. Anda dapat menggunakan PIN maupun tanda tangan. Hal ini diperlukan sebagai tanda Anda menyetujui proses transaksi.

Setelah kartu diproses dengan mesin EDC, Anda diminta menandatangani atau menekan tombol PIN. Keduanya sama-sama lazim digunakan.

Banyak yang beranggapan PIN lebih terjamin keamanannya ketimbang tanda tangan. Pasalnya PIN lebih terjamin kerahasiaannya selama tidak diberitahukan ke orang lain. Berbeda halnya dengan tanda tangan yang mungkin dipalsukan.

Setelah itu, saldo Anda akan berkurang secara otomatis sesuai nominal transaksi. Anda juga dapat berbelanja secara daring dengan kartu debit.

Caranya adalah dengan mendaftarkan kartu debit pada marketplace atau dompet digital. Lalu ikuti instruksinya.

Saat ini rekening bank sudah terkoneksi dengan m-banking maupun internet banking. Anda dapat mengecek saldo dan mutasi rekening Anda di sana.


Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Mengingat Anda tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak ke manapun, kartu debit dapat membawa manfaat bagi Anda. Namun perhatikan pula beberapa kekurangannya yang akan dijelaskan berikut ini.


Kelebihan

Kartu debit layaknya tabungan bergerak. Anda dapat membawa tabungan ke mana-mana. Anda juga dapat mencairkannya secara langsung di mesin ATM. Anda juga dapat mentransfer uang melalui mesin ATM.

Dengan demikian, memiliki kartu debit memiliki keuntungan lebih praktis. Anda bisa berbelanja dengan menggesekkan kartu debit ke mesin EDC. Hal yang penting Anda perhatikan adalah jumlah saldo Anda selalu mencukupi untuk dibelanjakan.

Kini sudah banyak toko, supermarket, department store, maupun tempat makan yang sudah menerima pembayaran menggunakan kartu debit. Sehingga membawa kartu debit akan memudahkan Anda jika sewaktu-waktu butuh membayar tagihan.

Kartu debit juga tidak menerapkan bunga atau denda. Berbeda halnya dengan kartu kredit yang berarti Anda berutang ke bank, kartu debit tidak menerapkan cicilan bulanan setelah digunakan untuk membayar.

ATM sudah banyak berada di sejumlah tempat. Sehingga lebih mudah dan praktis untuk mendapatkan uang tunai dari rekening tabungan Anda tanpa perlu ke kantor cabang bank.


Baca juga: Cara Top Up DANA Lewat Alfamart dan Bank


Kekurangan

Anda memiliki batasan dalam menggunakan kartu debit, yakni hanya sebatas jumlah  saldo di rekening Anda. Hal ini membatasi jika Anda membutuhkan dana besar lebih dari saldo yang dimiliki dalam waktu cepat, misalkan untuk membayar tagihan rumah sakit.

Umumnya kartu debit juga tidak banyak bekerja sama untuk menawarkan promosi dari merchant yang bekerja sama dengan bank. Biasanya penawaran lebih banyak terdapat pada kartu kredit.

Terakhir, kekurangan kartu debit adalah rentan disalahgunakan. Oleh karena itu, Anda wajib selalu waspada menjaga PIN rahasia.


Menjaga Keamanan Kartu Debit

Untuk menjaga keamanan kartu debit, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Berikut penjelasannya.


Perhatikan Sisa Saldo

Selalu perhatian sisa saldo terkini dari rekening Anda. Untuk mempermudah mengetahui sisa saldo, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti mobile banking.

Anda dapat mengecek sisa saldo dan mutasi rekening menggunakan aplikasi. Sehingga semua pengelolaan keuangan Anda dapat dilakukan melalui satu pintu.


Perhatikan Biaya Administrasi

Ada bank yang membebankan biaya administrasi jika Anda memakai  kartu dari bank yang berbeda. Daripada membayar lebih, Anda dapat menggunakan kartu debit yang sesuai dengan EDC yang dipakai. Atau Anda dapat menarik tunai untuk membayar belanjaan. 


Catat Pengeluaran

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk memudahkan mencatat pengeluaran Anda. Ingatlah penggunaan uang tersebut.

Jangan melakukan pembayaran di luar kemampuan Anda agar tidak terkena biaya overdraft. Setorkan uang tunai ke rekening secara berkala.


Jaga Keamanan

Beberapa bank menawarkan fitur peringatan rekening otomatis melalui telepon dan email. Peringatan ini penting bagi Anda agar selalu menjaga keamanan rekening.

Peringatan akan diterima bila penarikan atau aktivitas ATM lebih dari limit, identitas dan PIN berubah, serta terjadi transaksi dalam nominal banyak.

Untuk menambah kerahasiaan PIN, sebaiknya jangan gunakan kombinasi yang umum seperti alamat, telepon, atau tanggal lahir. Jangan pernah menuliskan PIN ATM Anda atau memberitahukannya kepada orang lain.

Apabila Anda merasa nomor PIN diketahui orang lain, gantilah. Lebih baik lagi jika Anda menggantinya secara berkala.


Rencanakan Perjalanan

Saat ini berbagai bank di dunia sudah menerima kartu debit dari bank lain. Demi keamanan, penggunaan kartu debit antarnegara dapat menimbulkan penipuan atau peringatan keamanan ke institusi keuangan Anda. Maka dari itu, informasikan rencana perjalanan Anda sebelumnya ke bank terkait.


Demikian penjelasan tentang kartu debit dan cara-cara menjaganya agar tetap aman. Selalu rahasiakan PIN dan jaga nomor rekening Anda agar tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru