Finansial

Keunggulan dan Kelemahan Beragam Objek Investasi untuk Milenial

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Apr 2020

Keunggulan dan Kelemahan Beragam Objek Investasi untuk Milenial

Dewasa ini, objek investasi semakin beragam seiring dengan peningkatan minat masyarakat terhadap sektor tersebut. Bagi generasi milenial seperti kamu, investasi merupakan salah satu hal yang wajib dimulai dari sedini mungkin. Bisa kamu manfaatkan sebagai persiapan bekal di hari tua. Dengan catatan, kamu tidak asal saja dalam melakukannya.


Baca juga: Inilah Investasi Jangka Pendek untuk Fresh Graduate


Kesalahan-Kesalahan dalam Berinvestasi

Banyak ditemui kasus di mana investasi yang dilakukan mengalami kegagalan hingga meninggalkan kerugian yang tidak sedikit bagi sang pemain. Hal itu kemudian memunculkan stigma bahwa investasi merupakan hal yang sulit, berisiko tinggi dan lebih baik dihindari. Padahal, bisa jadi ketidakberhasilan tersebut diakibatkan oleh kesalahan individu bersangkutan.

Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh calon investor yang dapat kamu hindari agar tidak mengalami nasib serupa :

Tergesa-gesa

Investasi bukan sesuatu yang dapat dilakukan dengan tergesa. Diperlukan pertimbangan mendalam, terutama menimbang objek investasi yang paling potensial. Namun, banyak kasus di mana pelaku investasi justru terburu-buru melakukan eksekusi. Begitu proses sudah berjalan, ternyata pilihan tersebut tidak menampakkan tren positif dan berujung kerugian.

Tidak Melakukan Riset Mendalam

Kamu tidak gegabah dalam memutuskan berinvestasi, sudah mempertimbangkan secara matang, namun melakukan kesalahan fatal lainnya, yaitu tidak riset terlebih dahulu. Padahal, penting untukmu mengumpulkan data secara mendalam terkait investasi yang hendak kamu tekuni. Dari sana, kamu dapat menilai secara tepat apakah risikonya sebanding dengan potensinya atau tidak.

Bertindak Spekulatif

Investasi bukan judi, jadi kamu dilarang keras berspekulasi ketika berinvestasi. Ironisnya, kesalahan ini masih sering dilakukan, terutama oleh para investor pemula. Tidak memiliki bekal yang cukup, malas melakukan riset, hanya mengandalkan insting dan keberuntungan. Hasilnya? Investasi yang dilakukan gagal total.

Tidak Mempertimbangkan Jangka Waktu

Objek dalam investasi memiliki jangka waktu berbeda untuk dapat menghasilkan profit. Sebab itulah ada yang disebut investasi jangka pendek, menengah, dan panjang. Namun, masih banyak pelaku invetasi yang tidak memerhatikan perhitungan waktu tersebut hingga mengakhiri investasi jangka panjang dalam tempo singkat. Menghasilkan tidak, merugi iya.


Macam-Macam Investasi yang Cocok untuk Milenial

Objek investasi yang menyasar kelompok milenial sepertimu sekarang semakin banyak. Sistemnya lebih fleksibel, mudah, dan cepat. Apa saja ragam pilihan objek yang ada berikut keunggulan dan kelemahannya?

Reksa Dana

Menjadi investor sebuah usaha dengan dana yang terbatas bisa kamu wujudkan melalui reksa dana. Jadi, kelompok pemodal dibentuk dalam arahan moderator di mana dana terkumpul dialokasikan untuk pendanaan bisnis yang potensial. 

Keunggulan dan kelemahan reksa dana :

(+) Kemudahan menjadi investor untuk bisnis berprospek tinggi.

(+) Persentase profit perjanjian kerja sama dapat dimusyawarahkan.

( - ) Transparansi menjadi problematika utama karena investasi tidak dilakukan langsung.

( - ) Risiko tinggi karena bisnis yang dipilih untuk dimodali rentan gagal.

Saham

Pernah membayangkan dirimu sebagai pemilik perusahaan? Meskipun tidak secara literal, kamu dapat mewujudkannya melalui investasi saham. Selain mendapatkan bagian dari laba perusahaan, kamu juga memiliki hak suara untuk arah bisnisnya.

Keunggulan dan kelemahan objek investasi saham :

(+) Merupakan pilihan investasi yang keren.

(+) Sumber profit banyak, mulai dari dividen, selisih gain dan profit tahunan perusahaan.

( - ) Risiko besar mempertimbangkan fluktuasi bisnis perusahaan.

Cryptocurrency 

Investasi untuk anak muda yang saat ini tengah naik daun adalah cryptocurrency atau koin digital. Jenis investasi ini semakin meningkat peminatnya. Namun di sisi lain, juga memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri :

(+) Mudah sistem investasinya.

(+) Bisa dimulai tanpa modal.

(+) Dapat dikonversi ke mata uang resmi.

( - ) Bukan merupakan sistem investasi yang legal di Indonesia.

( - ) Memiliki potensi tinggi terjadinya praktik penipuan.

Emas

Kamu mungkin terkejut logam mulia ini masuk dalam kategori investasi yang bisa dimulai untuk milenial. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa emas memang menjadi salah satu objek jenis investasi yang wajib kamu coba jika mempertimbangkan keunggulan dan kelemahannya :

(+) Emas merupakan objek investasi yang paling awet bertahan.

(+) Hampir tidak memiliki risiko karena nilai emas di pasar dunia stabil.

( - ) Membutuhkan dana yang besar.


Tips Investasi Emas yang Aman untuk Milenial

Tidak berlebihan bila menyimpulkan bahwa emas merupakan objek untuk investasi yang paling aman, termasuk bagi milenial. Satu-satunya kendala sekaligus yang menjadi kelemahannya adalah persoalan dana di mana pembelian logam mulia hanya biasanya dilakukan per gram atau dalam bentuk batangan utuh. Namun kini, faktor eksternal tersebut tidak lagi menjadi halangan.

Kamu bisa memilih model investasi emas yang cocok untuk anak muda, yaitu dengan sistem menabung. Jadi, kamu tidak perlu menyediakan dana besar. Berapapun modal investasi yang dimiliki, kamu sudah bisa memiliki tabungan logam mulia ini. Solusi mudah melakukan investasi emas ini ditawarkan oleh IndoGold.


Menabung Emas di IndoGold, Solusi Investasi Emas yang Asyik

IndoGold adalah perusahaan investasi emas modern yang telah beroperasi sejak lebih dari dua dekade lalu. Supaya dapat terus mengikuti perkembangan zaman, perusahaan melakukan inovasi dengan menghadirkan program menabung emas. Tujuannya adalah untuk mengakomodasi keinginan para calon investor logam mulia dengan dana yang terbatas.

Bila kamu tertarik untuk mencoba investasi emas yang satu ini, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran saja. Registrasinya tidak memberikan persyaratan rumit maupun proses yang panjang. Berinvestasi di IndoGold, kamu bisa :

  • Menabung emas, tinggal setor dana segar, langsung terkonversi.
  • Trading emas.
  • Menarik batangan emas antam utuh.

Asyik bukan memilih objek investasi yang minim risiko ini sebagai pilihanmu!? Kamu juga bisa melakukan transaksi-transaksi di atas melalui aplikasi resmi IndoGold. Tinggal mengunduhnya ke gawai yang kamu miliki saja. Investasi aman yang bisa menghasilkan profit menjanjikan untukmu? Menabung emas di IndoGold jawabannya.


Baca juga: Tips Bisnis Bareng Sahabat Agar Pertemanan Makin Erat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru